BlackBerry 9700 Bold (Onyx), Si “Tebal” Generasi Kedua

Setelah Bold versi pertama mulai dirasa uzur dan ketinggalan zaman, BlackBerry memperbarui Bold-nya yang diberi nama Bold 2. Dengan mempertahankan sejumlah “khas” Bold generasi pertama, lantas apa perbedaannya?

BlackBerry Onyx dengan trackpad

BB 9700 ini selain dikenal dengan sebutan Bold 2, di beberapa pasar ada yang menyebutnya Onyx. Dan agar lebih mudah mengingat dan membedakannya dengan Bold generasi pertama, di dalam review ini, TeNexGen menyebutnya sebagai Onyx saja.

Onyx adalah sebuah perubahan mayor yang dilakukan BB untuk menghadapi gempuran baru “sang penguasa” ponsel dunia. Lantas, apakah bisa?

DESAIN

Tidak lagi sebongsor sebelumnya. Itulah yang pertama kali akan kita rasakan saat memegang Onyx. Ukurannya semakin kecil membuatnya lebih mirip Javelin dibanding Bold pertama.

Tampilan siaga

Di sisi depan, Anda akan menemukan LCD berukuran 2.4 inch, sederetan keypad QWERTY, dan sebuah trackpad. Trackpad? Iya! Sama halnya dengan Gemini. Mungkin itu dikarenakan keluhan dari sebagian orang yang bermasalah dengan trackball, misalkan macet karena debu, licin karena berminyak, dan lainnya. Alhasil, seiring dengan digantinya trackball ke trackpad, mungkin masalah itu akan jarang terdengar lagi.

Keypad yang lebih kecil beberapa milimeter dibanding Bold pertama, tidak membuat rasa nyaman menggunakan Onyx berkurang. Apalagi bagi pengguna Gemini dan Javelin yang sudah cenderung terbiasa dengan ukuran ini.

Sedang di sisi belakang, untuk mempertahankan cita rasa Bold, Onyx tetap menyematkan ornamen kulit. Lengkap dengan sebuah kamera dan lampu LED. Tidak lupa, ukiran tulisan “Bold” juga disertakan. Dan di sisi kanan, terdapat sebuah tombol kamera dan tombol volume. Di sisi kiri, ada port microUSB, tombol voice command, dan tak lupa jack audio 3.5mm.

USER INTERFACE

Menu utama

Ditopang oleh OS BlackBerry versi 5.0 membuatnya relatif lebih fresh dan baru. Pengoperasiannya pun lebih cepat, terutama di sisi UI yang lebih maju.

Hal ini juga akan semakin terasa perbedaannya terutama dari segi penggunaan. Trackpad salah satunya. Dengan trackpad, alhasil aksi jalan-jalan dan browsing di perangkat ini lebih praktis dibanding tombol D-pad konvensional. Namun masih relatif sama dibanding trackball, kecuali masalah-masalah yang disebutkan di atas tadi.

Layar juga merupakan salah satu keunggulan Onyx dibanding rival-rivalnya. Dengan resolusi 360×480 piksel, tampilannya sangat halus dan tidak melelahkan mata. Apalagi resolusi seperti itu “hanya” dipadukan dengan ukuran 2.4 inch. Jadi, memandang layar Onyx terasa tidak membosankan.

Bagian belakang dengan balutan kulit

HARDWARE/ NETWORK

Di sisi ini, Onyx tidak berubah terlalu banyak dibanding pendahulunya. Pasalnya, prosesor yang menopang Onyx tetap 624Mhz dan RAM-nya disuntikkan juga 128Mb sama seperti Bold 9000. Tidak ada yang mengecewakan memang, karena akselerasinya juga lumayan cepat dengan OS terbarunya.

Dan untuk memori internal, Onyx menyediakan storage sebesar 256Mb. Sangat kecil dibanding Bold generasi pertama yang telah mencapai 1Gb. Mengapa dibilang kecil? Hal tersebut karena seluruh aplikasi di BB akan berjalan dan diinstall di memori internal, jadi bijaksanalah dalam memilih aplikasi agar ponsel tidak kelebihan muatan.

Tapi, untuk memori eksternal, sama seperti ponsel sekelasnya. Onyx mensupport microSD hingga 16Gb, dan tidak perlu ada yang dirisaukan dalam hal ini.

Dan jika membahas network, Onyx akan sama persis dengan Bold 9000. Ada HSDPA up to 3.6Mbps, EDGE, dan GPRS class 10. Dan untuk kecepatan akses di dalam perangkat ini cukup stabil, terutama BIS. Jadi, BB ini cukup jawara di dalam hal kestabilan akses, meskipun rivalnya yang lain menawarkan akses HSDPA hingga 10.2Mbps.

HSDPA dan wi-fi tersedia di dalam perangkat ini

Dan untuk konektivitas dengan jangkauan pendek, Onyx tetap ditemani bluetooth versi 2.1 dengan A2DP, serta kabel data microUSB. Wi-fi juga tersedia untuk internetan di hotspot-hotspot gratis yang kini kian menjamur.

MESSAGING/ INTERNET

BlackBerry adalah jagoan kalau membicarakan hal messaging. Selain fitur yang komplit: SMS, MMS, IM, dan e-mail, hal yang paling dibangga-banggakan adalah layanan push-mail yang aman, instan, dan praktis. Dengan berlangganan via operator, setiap surat yang masuk melalui e-mail kita akan disampaikan langsung melalui perangkat ini seperti halnya SMS.

Dan yang merupakan standar ponsel BB adalah hadirnya BlackBerry Messenger. Fitur ini sangat penting bagi sebagian TeNexGen’ers, terutama untuk berkomunikasi sesama pengguna BB.

Dan untuk internetan, browser khasnya turut hadir. Meski lumayan, namun masih kalah bagus dengan Apple, Android, maupun Symbian. Tampilannya kaku dan belum mendukung flash, meskipun ada sedikit perbaikan java script di OS anyarnya.

MULTIMEDIA/ CAMERA

Kamera 3.2 megapiksel dengan flash

Sejatinya ponsel bisnis tidak perlu memiliki fitur multimedia, meski tidak semua sepaham dengan pandangan ini. Hal ini terlihat juga pada BB Onyx ini di mana beberapa fasilitas multimedia dijejalkan ke dalamnya.

Pertama kali yang akan kita bahas adalah kamera. Dengan resolusi yang ditingkatkan daripada Bold pertama, kamera Onyx juga memiliki performa yang relatif lebih baik. Kamera 3.2 megapikselnya disertai autofokus dan lampu flash LED, seperti yang terdapat pada Javelin. Untuk foto di luar ruang, warna yang tampil cukup seimbang dan jernih. Sedangkan saat digunakan di dalam ruang, hasilnya cukup terbantu oleh lampu flash, meski kurang maksimal dan efektif.

Media player

Setting pada kamera

Sesuai standar ponsel zaman kini, media player juga disediakan. Ada pemutar musik dan video. Pemutar musiknya hadir dengan tampilan khasnya, dan tak lupa disertai juga dengan jack audio 3.5mm. Dengan hadirnya jack audio 3.5mm yang universal, kita bisa bebas memilih headset yang cocok untuk kita.

Dan salah satu kekuatan yang terdapat di media player BlackBerry adalah didukungnya format video yang lengkap. Ada: divx, xvid, 3gp, dan mp4. Dan displaynya yang padat dan jernih juga menambah kenikmatan menonton video di Onyx.

Sayang, Onyx tidak dilengkapi radio FM ataupun accelerometer. Meski kurang sering dipakai, namun hilangnya fitur-fitur tersebut mengurangi nilai tambah yang ada di Onyx.

APPLICATION/ OFFICE/ GPS

Kalkulator

BB Onyx banyak menghadirkan aplikasi-aplikasi yang berguna, baik buat pebisnis ataupun TeNexGen’ers. Salah satunya adalah BlackBerry Apps Store, yang dapat dimanfaatkan untuk membeli dan mengunduh aplikasi pilihan buat BB Anda. Selain itu, masih ada: Facebook for BlackBerry, Yahoo! Messenger, Live Messenger, GTalk, AIM, dan lainnya.

Selain itu, sebagai ponsel kantoran, tentunya harus ada aplikasi Office. Dan Onyx pun menyertakan DataViz Office to Go, yang memungkinkan pengguna membaca dan mengedit dokumen. Yang sangat disayangkan sekali, untuk menikmati fiturnya secara penuh, Anda diwajibkan membeli lisensinya. Hal tersebut dikarenakan editornya hanya bersifat trial.

Beberapa games hadir menemani Anda

GPS internal di Onyx didukung penuh oleh BlackBerry Maps. Dan tentunya, dengan dukungan A-GPS jika suatu saat Anda kesulitan mendapat sinyal satelit GPS.

BATTERY/ SALES PACKAGE

Baterai yang tangguh pasti didambakan oleh setiap pemilik ponsel bisnis. Hal ini selaras dengan mobilitas si pebisnis itu sendiri, apalagi yang sering keluar kantor. Dan hal ini sangat disadari oleh BlackBerry yang memang kini tengah digandrungi. Hal tersebut tampak dari diberikannya baterai Lithium Ion sebesar 1500mAh.

Hasilnya, BB ini tahan hingga 3 hari. Dan jika layanan BIS aktif, maka masa ketahanannya merosot drastis hingga 1,5 hari.

Mengenai paket penjualan, Onyx menyertakan paketan standar, dan ditambah dengan microSD sebesar 2Gb, headset, kabel microUSB, DVD installer, dan juga sebuah sarung kulit.

KESIMPULAN

Bagi TeNexGen’ers dan pebisnis yang sudah “mapan”, Bold generasi kedua ini layak untuk dicoba. Hadir dengan fitur yang cukup lengkap serta desain yang khas, Onyx cukup bisa mengangkat prestise seseorang. Namun di sisi lain, harga yang hampir separuh dari rivalnya yang lain, plus fitur yang setara pula, rasanya perlu dipertimbangkan. Apalagi untuk menikmati push-mail dan berbagai fiturnya, kita perlu berlangganan BIS lewat operator yang harganya lumayan menguras kantong. (stm/ tng, pul, gsa)

SPESIFIKASI

  • Ukuran: 109 x 60 x 14 mm, 122 gr
  • Network: Quadband GSM, UMTS, HSDPA
  • Status: Tersedia
  • Layar: TFT 65 ribu warna, 480×360 piksel, 2.4 inch
  • Input: QWERTY keyboard, trackpad
  • Sistem Operasi: BlackBerry OS 5.0
  • Prosesor: 624Mhz
  • Memori: RAM 128Mb, Storage 256Mb
  • Slot Memori: microSD up to 16Gb
  • Kamera: 3.2Megapiksel, autofokus, flash
  • Video Recorder: Ya
  • Kamera Sekunder: Tidak
  • Media Player: Ya
  • Radio FM: Tidak
  • WLAN: Ya. Wi-fi 802.11 b/g, UMA (Unlicensed Mobile Access)
  • Bluetooth: Ya. v2.1 dengan A2DP
  • Inframerah: Tidak
  • Port USB: Ya. MicroUSB v2.1
  • Transfer Data: GPRS class 10, EDGE class 10, 3G, 3.5G up to 3.6Mbps
  • Speakerphone: Ya
  • Jack Audio: Ya. 3.5 mm
  • GPS: Ya. Dengan A-GPS, BlackBerry Maps
  • Java: Ya. MIDP 2.0
  • Browser Standar: HTML
  • Tambahan: Document editor, Facebook for BlackBerry, Live Messenger, BlackBerry Messenger, GTalk, organizer, games, dan lain-lain
  • Baterai Standar: Li-Ion 1500mAh

HARGA

+/- Rp5.900.000,-

4 Responses to “BlackBerry 9700 Bold (Onyx), Si “Tebal” Generasi Kedua”

  1. Toko Blackberry Says:

    thanks for info

  2. muhammad suhaimi Says:

    ok banget saya pakai, canti lah

  3. muhammad suhaimi Says:

    cantilaah

  4. Leo Tobing Says:

    hahaha eca tobing ada di rumah n
    adada

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 46 other followers