Internet dan Gaya Hidup

image Internet bukan merupakan hal yang menakjubkan ataupun hal yang tabu pada saat ini. Jika beberapa tahun lalu, banyak orangtua yang menganggapnya sebagai perusak generasi muda atau dunia yang menjerumuskan anak remaja ke hal-hal yang negatif, kini anggapan itu sudah boleh ditepis.

Internet sudah menjadi bagian dan keharusan dalam hidup kita pada saat ini. TNG™ akan sedikit mengulasnya untuk Anda dalam sebuah post sederhana untuk menjelaskan bagaimana pengaruhnya bagi gaya hidup kita.

"Ma, minta uang Rp3.000,- dong!" rengek sang anak. "Untuk apa?" tanya ibunya. "Mau ke warnet, Ma!"

Kalimat itu kini sudah sering dan basi di kuping kita. Hampir di setiap sudut kota-kota besar, selalu ada yang demikian. Apalagi di sebuah sekolah dasar yang rata-rata siswanya masih kecanduan main game "Point Black".

Di sudut lain, seorang mahasiswa berusia 19 tahun mengatakan kepada teman di sebelahnya, "Mampus gue, internet ga connect nih. Bagaimana mau lanjutin cari materi kuliah buat besok?" Temannya di samping turut pusing memikirkan solusi untuk sahabat seperjuangannya itu.

Oh, tunggu dulu, di sebuah perkantoran elit di Senayan, ada juga seorang eksekutif muda sedang memasang provider internet baru di ruang kerjanya. Ya, selain untuk aktivitas kirim-mengirim data dan surat antar perusahaan, dia juga membutuhkan internet koneksi cepat untuk melakukan streaming video di kala dia merasa suntuk dan perlu hiburan.

Nah, sudah terlihat kan bagaimana internet di dunia sekitar kita pada masa kini? Eits, jangan geleng-geleng kepala dulu! Coba lihat gadget yang Anda pegang sekarang! BlackBerry? Ya, BlackBerry juga butuh akses internet! Loh?

INTERNET BAGI SAYA

Sebagai penulis dalam blog ini, apalah daya kita tanpa yang namanya koneksi internet. Untuk mengecek komentar aja, tidak bisa. Apalagi mau buat posting baru hingga mencari inspirasi artikel. Nihil!

Ini jika saya sedang berperan sebagai penulis di blog ini. Lantas, jika penulis sedang beralih profesi menjadi seorang siswa SMA, apakah internet bisa diabaikan? Jawaban tegas, penulis akan tegak berdiri dan meneriakkan, "Tidak!"

Ih, kok gitu sih? Internet itu tidak baik untuk pelajar seperti kamu. Internet akan membuat kamu lupa akan segalanya: lupa makan, lupa minum, hingga lupa waktu. Tapi, penulis akan kembali berkata dengan nada sangsi, "Siapa bilang?"image

Terus terang, pada era abad ke-21 ini, apa sih yang menjadi sumber utama ketika diberi tugas oleh guru di sekolah? Yah, paling Google, Wikipedia, copy, paste, edit, dan print. Gampang kan?

Jika pembaca dan TNG™ers sekalian berusia lebih tua, tentu akan menganggap miris hal ini. Iya sih, efek sampingnya membuat kita malas berusaha untuk mendapatkan tugas yang diberikan sekolah. Tapi jangan dilihat dari itu saja dong! Coba lihat sisi positifnya.

"Hemat waktu" merupakan salah satu alasan. Tapi, alasan itu tentu tidak relevan dengan jawaban dari seseorang yang masih berstatus pelajar. Hehe, benar juga sih, waktu dan tugas utama kami memang untuk belajar.

Penulis kembali menyanggah, "Apakah dalam 12 tahun ini kami hanya belajar dan terus belajar? Apakah tidak ada hiburan dan pergaulan?" Pertanyaan yang bagus!

Hiburan di dunia nyata yang bisa kita dapatkan di tempat-tempat hiburan, bioskop, dan lainnya. Sedangkan pergaulan bisa didapat di sekolah, mall, dan tempat nongkrong lainnya. Memang benar! Tapi, apakah itu lebih baik dari dunia maya? Apakah itu tidak lebih boros waktu daripada internet?

Semua suara-suara yang kontra dengan penulis tadi, sejenak berhening. Coba kita renungkan! Iya juga ya! Hiburan dan pergaulan di dunia nyata setelah berpikir-pikir, bukan hanya boros waktu. Tapi uang, tenaga, dan juga kesempatan. Bahkan lebih parah jika kita tidak bisa mengontrol diri, bisa terjerumus ke dunia yang hitam! Seram!

INTERNET SEBAGAI DUNIA HIBURAN

Mau nonton di bioskop? Tapi alasannya banyak orang, tiket mahal, malas antri, atau ga ada teman? Banyak alasan ya?! Tapi bagi sebagian orang memang iya.image

Mau bagaimana lagi nih? Padahal film-film box office sedang booming dan kita tidak mau dianggap ketinggalan zaman karena tidak menontonnya. Mau-tidak mau, kembali ke dunia maya.

Mencari trailer di YouTube, dan mencari info-info seputar film tersebut mungkin bisa menjadi pelipur lara. Tapi jika kurang? Gabung aja di forum-forum! Film-film yang sedang ditayangkan di bioskop, ada link untuk diunduh dari media penyimpanan maya! Full dan lengkap pula dengan sub-title! Apalagi, GRATIS bagi pemilik layanan internet unlimited nan kencang.

Atau, penasaran dengan lagu SM*SH yang sedang begitu hangat dibicarakan? Dengan sambil cenat-cenut, cari aja di Yahoo, atau juga Google. Lengkap deh, dan siap diunduh pastinya!

INTERNET SEBAGAI MEDIA PERTEMANAN

Jarang keluar rumah? Kurang pergaulan dong? Siapa bilang sih? Jangan bicara gitu lagi deh.image

Sejak zaman Friendster, disusul dengan MySpace hingga yang termutakhir Facebook atau Twitter, berteman dan saling berbagi di dunia maya bukan lagi sebuah masalah ataupun sebuah keajaiban. Puluhan, ratusan, hingga ribuan teman bisa kita jaring di sana. Namanya aja jejaring sosial.

Meski tidak mencerminkan pribadi seseorang, pertemanan di dunia maya tidak kalah seru dan tidak kalah gaul dengan dunia nyata. Apalagi kalau kita pandai memilih-milih teman. Dimulai dari kenalan, temanan, suka-sukaan, pacaran, tunangan, hingga pasangan hidup abadi bisa ditemukan. Tapi sekali, pandai-pandai memilih ya!

INTERNET SEBAGAI SUMBER MENCARI NAFKAH

Pengguna Blogger hampir semuanya akrab dengan Google Adsense, sebuah layanan iklan baris yang menghasilkan pundi-pundi dolar yang bersumber dari "klik-klik" di blognya. Sekali mendayung, dua-tiga pulau terlampaui. Sekali menyalurkan hobi di blog, informasi bertambah dan uang pun datang. Enak kan?image

Sayangnya pengguna WordPress dot com belum bisa menikmati ini karena WordPress melarangnya. Ada baiknya sih, blog ini lebih simple. Hehe.

Ke sisi lain, mari kita lihat para pebisnis-pebisnis besar yang telah sukses mencari kepingan-kepingan uang dari dunia maya ini. Dari Rupiah hingga Dollar, dari penjual baju hingga penjual barang-barang elektronik dan teknologi.

Bhinneka.com dapat dijadikan sebuah referensi "pencari uang" di dunia internet. Ya, toko komputer online nomor 1 di Indonesia. Berbekal pengalaman 18 tahun dengan manis-pahit, akhirnya buah manis telah dihasilkan. Sejumlah kepercayaan diraih dan rejeki pun mampir. Dengan modal "transfer" uang, trus "kirim" barang, penulis pun tertarik untuk berbelanja di sini.

INTERNET SEBAGAI PELENGKAP PENDIDIKAN

Terakhir, yang hampir selalu kita lupakan akhir-akhir ini, adalah fungsi internet yang semestinya untuk kita. Ya, sebagai sumber pembelajaran dan pelengkap pendidikan formal di sekolah.image

Seperti yang tadi dibahas, kita selalu memanfaatkannya sebagai media pencari tugas dengan cara menyalin alias copy-paste, kemudian print. Padahal sesungguhnya bisa lebih dari itu.

Menggali informasi, belajar dengan tutorial, hingga melatih grammar bahasa Inggris bisa kita lakukan. Atau dari sekadar membaca berita, mengikuti langkah-langkah merakit PC, ataupun menjadikannya sebagai media interaksi dalam pembelajaran informal. Pokoknya seru deh!

Bagaimana? TNG™ers tertarik ga dengan post ini? Dan apa sih fungsi internet yang telah kalian manfaatkan dengan baik? Mari kita sharingkan di sini ya!

Sekian dan have fun!

http://www.bhinneka.com

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s