Okezone.com vs Detik.com vs Kompas.com, Pertarungan Sengit News Portal

Pengguna internet pasti sudah sering mengunjungi dan membaca ketiga situs ini: Okezone, Kompas, dan Detik. Baik untuk membaca berita utama maupun berita hiburan. Mereka adalah 3 situs berita terbesar di Indonesia. Lalu siapakah jawaranya?

Sebenarnya, ketiga situs ini masing-masing memiliki ciri khas dan penggemar sendiri. Dengan format dan pandangan yang berbeda-beda. Dan TeNexGen kali ini akan membahas bagaimana performa, penampilan, dan kelengkapan masing-masing portal berita ini. Ini dia!

FLASHBACK

Detik.com merupakan situs berita yang didirikan pada 30 Mei 1998 oleh ex-wartawan DeTik dan Tempo, yang menyajikan informasi politik, ekonomi, dan teknologi informasi. Detik.com pada saat itu mencoba menyajikan berita bukan berdasarkan harian, mingguan, atau bulanan melainkan breaking news.

Detik.com saat pertama kali dibuka

Kemudian pada 29 Desember 2006, PT. Media Nusantara Citra yang menaungi beberapa media besar seperti RCTI, GlobalTv, Harian Seputar Indonesia, dan lain-lain, menghadirkan okezone.com untuk memperluas jangkauan bisnisnya di dunia media. Okezone.com mempelopori berita yang update 24 jam non-stop.

Setelah itu pada 2008, Kompas yang merupakan pemimpin surat kabar harian secara nasional pun tidak mau kalah. Situs kompas.com yang semula hanya “standar”, dipermak seperti okezone.com yang menghadirkan berita 24 jam non-stop. Bahkan, Kompas menghadirkan layanan e-paper yang memungkinkan kita membaca koran tanpa kertas.

PERFORMANCE

Sebelum masuk lebih dalam, yang pertama kita lihat dan bahas adalah tampilan dan performa situs-situs ini.

Tampilan okezone.com

Semua situs memiliki desain dan karakter tersendiri, dengan layout yang berbeda-beda pula. Namun dari pengamatan kami saat diakses, situs okezone-lah yang paling ringan. Alhasil dalam sekali klik akan muncul dalam beberapa detik saja (tergantung kecepatan jaringan internet). Sedangkan yang paling lambat, justru kami rasakan pada kompas.com, di mana iklan yang berbau flash (swf) sangat banyak dan memicu lambatnya proses rendering.

Situs detik.com masih terlihat relatif “kuno” baik dari segi tampilan, lay-out, maupun font-nya. Entah disengaja untuk mengakomodir permintaan orang yang “mapan”, atau memang TeNexGen yang belum terbiasa dengan tampilan seperti itu.

Di sisi lain, kompas.com hadir lumayan padat dengan rubrik-rubrik unggulannya. Setiap rubrik dipisahkan dengan hadirnya box sebagai pemisah. Alhasil, situs kompas.com tampil padat, meski dengan konsekuensi loading yang lama dan berat.

Dan dalam hal ini, okezone.com tampil paling dinamis dan simple. Setiap kategori, dipisahkan ke dalam tab-tab link khusus sehingga dalam sekali loading tidak membuat lama. Meski hadir iklan yang lumayan, namun semuanya tertata rapi di sebelah kanan.

CONTENT

Jikalau soal konten dan berita yang diisi, rata-rata sih relatif sama. Cuma perbedaannya mungkin hanya terletak di bahasa dan kedalaman analisa. Dan kalau berbicara soal ini, pasti lebih subjektif. Jadi, di TeNexGen kami tidak akan membahasnya secara detil.

Kompas.com saat diakses

Kalau membicarakan rubrik, Kompas mungkin jagonya. Pasalnya tersedia banyak sekali, ada:  otomotif, tekno, infotainment, BlackBerry Corner, Kesehatan, dan lainnya.

Sedangkan okezone.com menampilkan zone (zona) tersendiri juga, ada: economy, lifestyle, celebrity, autos, techno, kampus, sports, bola, international, dan lainnya. Bahkan ada rubrik classified untuk memasang iklan otomotif.

Sedangkan di detik.com, seperti yang disinggung sebelumnya, tampil lumayan sederhana antara lain: etalase, seremonia, detikNews, detikFinance, detikOto, detikFood, detikSport, dan berbagai lainnya.

KESIMPULAN

Masing-masing punya ciri khas sendiri untuk meraih pelanggan dan pembaca internet sebesar-besarnya, dan masing-masing mempunyai keunggulan masing-masing.

Okezone tampil dengan cirinya yang simple sehingga cepat dan mudah diakses, beritanya juga up-to-date 24 jam. Sedangkan detik.com tampil dengan desainnya yang sederhana, namun lumayan lengkap dan detil yang disertai detikTV. Di sisi lain, Kompas hadir dengan e-paper dan segudang rubrik, namun sangat berat saat TeNexGen mencoba mengaksesnya.

Jadi, semuanya tergantung pilihan dan selera Anda. Klik Okezone, Kompas, dan Detik untuk melihat dan membandingkannya.

Have Fun!

3 Responses to “Okezone.com vs Detik.com vs Kompas.com, Pertarungan Sengit News Portal”

  1. sunarto Says:

    bagaimana cara gabung di situs trsebut ya kami juga mempunyai berita di daerah trpencil

  2. HV Clothing Surabaya Says:

    info yang sangat menarik.
    info yang menambah wawasan

  3. wisnu Says:

    kami juga membuat media berita di http://www.tipanews.com … Untuk bergabung dengan kami (kontributor berita) sangat mudah, silahkan hubungi saya di wisnu@tipanews.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s