Perkenalan 5 Amunisi Teranyar Nokia Tahun Ini

Nokia belakangan ini sering dianggap tertinggal, terutama ponsel high-end nya dibanding ponsel-ponsel lain. Terutama juga, serbuan sistem operasi Android, iOS, BlackBerry, dan Bada.

Tidak mau kehilangan muka, Nokia tengah mempersiapkan penerus tahta Symbian dengan kemasan lebih fresh, lebih gress, dan lebih up-to-date dibanding sebelumnya. Fitur-fitur terbaru sudah dibenamkan, dan terlihat dari 4 ponsel baru ini.

NOKIA N8

Nokia N8

Ponsel ini sudah diperkenalkan agak awal, yaitu sekitar April 2010 yang lalu. Ponsel ini akan memikul tahta tertinggi dari ponsel ber-OS Symbian^3 sebagai OS terbaru, dengan segudang fitur yang dijejalkan ke dalamnya.

N8 sangat digdaya di sisi multimedia. Kamera 12 megapiksel dengan optik Carl Zeiss, disertai lampu flash Xenon, autofokus, dan berbagai pendukung berkemampuan handal untuk fotografi. Perekam video high-definition (HD) berkualitas pun dijejalkan. Selain itu, ada lagi fitur-fitur lainnya termasuk yang paling unik dan pertama, adalah port HDMI yang memungkinkan N8 dikoneksikan dengan perangkat multimedia masa depan.

N8 juga memiliki layar capacitive terbaru AMOLED yang bernama Crystal Black Display (CBD) yang sangat jernih. Apa saja fitur lengkapnya? Nantikan rilisnya di kuartal terakhir 2010, dengan estimasi harga 370 EURO.

NOKIA C7

Nokia C7

Ponsel yang sempat dirumorkan, telah diperkenalkan secara resmi. Tepatnya di Nokia World 2010, London pada 14 – 15 September ini. Selain Nokia C7 ini, ponsel-ponsel yang akan dijabarkan di bawah ini, juga diperkenalkan di acara ini.

Nokia C7 mengusung desain membulat seperti desain vendor Korea, dan tampaknya cukup nyaman digenggam. Desainnya tak kalah apik dengan N8, juga dengan fitur-fitur yang sangat canggih. Mengusung OS Symbian^3 yang lebih fresh, tetap mengakomodasi fitur multimedia berkelas hanya saja tanpa HDMI seperti kakak kandungnya di atas.

Bagaimana ya detailnya? Atau sudah ingin memilikinya? Sabar dulu ya, rencananya akan dihadirkan bulan September ini dan mungkin bisa juga kuartal keempat 2010, jika di Indonesia. Estimasi harganya adalah 350 EURO.

NOKIA E7

Ponsel ini digadang-gadangkan sebagai ponsel yang akan meneruskan generasi Communicator Nokia. Dan seperti yang telah diketahui sebelumnya, Nokia menyatakan bahwa tidak akan memproduksi ponsel Communicator lagi.

Nokia E7

Sekilas E7 sangat mirip dengan N8 jika dalam posisi tertutup. Eits, meski salah, namun ada benarnya juga. Hal ini karena fitur-fiturnya relatif mirip dengan N8, kecuali di segmen kamera yang memang dipangkas. Selain itu, di E7 terdapat tombol QWERTY di slide sampingnya.

Di sisi lain, Nokia E7 juga mengutamakan desainnya yang sangat elegan dengan balutan material berkualitas dan layar scratch-resistant (anti terhadap goresan). E7 tetap mengusung layar CBD dan OS Symbian^3 bersama saudara-saudaranya.

Ponsel bisnis ini diperkirakan akan hadir untuk pencinta Nokia dan TNG™ers yang mendambakan seri bisnis anyar dari Nokia, pada akhir tahun 2010 ini.

NOKIA C6-01

Nokia C6-01

Nokia C6? Bukannya sudah ada dan baru direview TNG™? Benar sekali. Tetapi ini adalah varian berikutnya atau dikenal dengan Nokia C6-01. Nokia memang kini menerapkan konsep penamaan seperti ini.

C6-01 meneruskan C6 sebelumnya yaitu berlayar touchscreen. Yang berbeda adalah di C6 kali ini, tidak ada lagi desain keyboard QWERTY yang bergeser ke samping. Ya, C6 murni ponsel full touch, dengan desain terbaru yang relatif persegi dan terkesan gagah.

Fiturnya masih tak jauh beda dengan saudara-saudaranya di atas dan tak lupa dilengkapi fitur-fitur lengkap baik di sisi multimedia, messaging, maupun networking. Dan ponsel ini juga dapat diperoleh sekitar kuartal keempat tahun ini.

NOKIA C3-01 Touch and Type

Nokia C3 lagi? Iya nih, Nokia C3-01 berbeda dengan Nokia C3-00 yang telah direview oleh TNG™. Sama halnya dengan C6-01, C3-01 merupakan varian terbaru dengan model, bentuk, dan fungsi yang berbeda. Nah pertanyaannya, kok penamaan seri-seri Nokia belakangan ini agak menyeleneh ya?

Nokia C3-01 Touch and Type

Kalau C6-01 masih ada hubungan desain bentuk dengan versi sebelumnya, Nokia C3-01 ini lain dengan sebelumnya. Jika C3-00 mengusung desain QWERTY yang melebar, C3-01 hadir seperti ponsel candybar-alphanumeric biasa. Wah, produknya membosankan dong?

Jawabannya sama sekali tidak. C3-01 Touch and Type hadir sama seperti namanya, bukan hanya berkeypad alphanumeric. Namun juga dilengkapi dengan layar yang dapat disentuh, alias touchscreen! Wah, kok bisa? Ya, sama seperti X5-01 Touch and Type yang juga telah diperkenalkan beberapa saat yang lalu.

Ponsel ini berjalan di OS S40 berbasis Java, yang merupakan sebuah OS propietery milik Nokia. User interfacenya telah menganut S40 versi paling mutakhir sehingga mendukung layar sentuh. Tak lupa, C3-01 ini juga dijejal HSDPA dan kamera 5 megapiksel. Bagaimana detailnya? Tetap nantikan bersama keempat seri di atas di kuartal 4 2010. Estimasi harganya sekitar 150 EURO.

Nantikan terus informasinya di TNG™, dan mudah-mudahan akan direview sesegera mungkin oleh TNG™ setelah masuk ke Indonesia. Have fun! (StM, @TeNexGen)

Cup cup cup.. Sini Kakak hug.. Hehehehe.. Kenapa Dede ku saiank..?? Huwakakakaka..

One Response to “Perkenalan 5 Amunisi Teranyar Nokia Tahun Ini”

  1. 5 Ponsel Teranyar Nokia 2010! « TeNexGen™ | TheNextGeneration Says:

    […] Perkenalan 5 Amunisi Teranyar Nokia Tahun Ini […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s