Acer Aspire One D250, Ukuran Mini Performa Maksi

Netbook kini semakin digemari. Selain ukurannya yang kecil dan mudah dibawa, kemampuannya yang sanggup menggantikan kehadiran PC.

Desain luar yang kilat dan elegan

Acer menghadirkan sebuah netbook Aspire One yang kecil, banyak pilihan warna, dan tentunya dapat dibawa ke mana pun untuk mendukung aktivitas keseharian Anda. Bagaimana kinerjanya?

DESIGN/ FIRST LOOK

Mungil, dengan layar berukuran 10.1 inch. Bercasing mengkilat dengan aneka pilihan warna. Itulah Aspire One yang kita kenal. Dari luar, Acer Aspire terlihat elegan dan kokoh dengan engselnya yang besar.

HARDWARE

Sebagai netbook, Acer Aspire One tampil lumayan lengkap. Termasuk dari segi hardwarenya.

Tampak dalam yang minimalis

Aspire One dijalankan pada sebuah prosesor Intel Atom N280 dengan clock speed 1.6Ghz yang cukup dipercaya para produsen netbook. Dan dengan didukung RAM sebesar 1024Mb (atau 1Gb), rasanya netbook ini masih sanggup menangani dokumen office, browsing, multimedia, dan main game flash.

Selain itu, untuk penyimpanan data, Aspire One dipercayakan pada sebuah harddrive (harddisk) berukuran 250Gb yang sanggup menampung puluh ribuan lagu, foto, dokumen, dan sebagainya.

DISPLAY SCREEN/ KEYPAD/ TOUCHPAD

Untuk jendela penggunaan, netbook berbobot 1,27 kg ini menggunakan Acer CrystalBrite TFT LCD dengan ukuran 10.1 inch dan resolusi 1024×600 piksel, yang merupakan standar rata-rata netbook. Layarnya cukup jernih, terang, dan memiliki sudut pandang yang lebar.

Port USB dan audio di sisi kiri

Namun karena memiliki lapisan permukaan yang kilat, layar seperti ini agak sulit dibaca jika terdapat pantulan cahaya dari belakang pengguna atau depan layar. Karena cahaya itu akan membuat silau mata.

Untuk jajaran keypad, Acer tampil cukup nyaman. Semua tombol hadir dengan fungsinya masing-masing dan memiliki ukuran yang relatif proporsional dan mudah ditekan. Tidak ada masalah yang berarti jika kita sudah terbiasa menggunakannya.

Dan lanjut ke touchpad. Aspire One didesain memiliki touchpad yang hampir datar dengan permukaan lainnya. Cukup minimalis, memang. Namun masalah terbesarnya, sering kali saat kita mengetik di keypad akan menyenggol touchpad tersebut dan sangat mengganggu. Solusinya, matikan touchpad dengan menekan FN + F7.

OPERATING SYSTEM

Permukaan display yang mengkilat

Aspire One menyertakan sistem operasi Windows XP Home Edition atau Windows Seven Starter asli pada netbooknya kali ini. Dengan hardware yang ada, OS ini berjalan lumayan optimal. Dan di sektor ini memang tidak bisa banyak dibahas, karena sangat relatif tergantung penggunanya.

FEATURES/ SOUND

Meskipun berstatus netbook, perangkat ini tetap menyediakan fitur tambahan yang lumayan lengkap. Misalkan hadirnya webcam, card reader 5 in 1, wireless lan (wi-fi), modem HSPA (optional), microphone, dan lainnya.

Dan satu yang tidak lupa dibahas adalah suaranya. Dan meski terlihat kecil, ternyata netbook ini dapat menghasilkan suara yang jernih dan lumayan besar untuk ruangan 3×4 meter. Jika kurang, cukup Anda menggunakan headset atau perangkat hi-fi dengan konektor jack audio 3.5 mm.

Keypad yang lumayan besar

BATTERY

Berbekal baterai 6 sel dengan kapasitas 5200mAh (tergantung paketan di pasar), Aspire One tampil cukup maksimal. Daya tahan baterai jika digunakan untuk mengecek e-mail dan browsing, mampu bertahan hingga 5 – 6 jam. Sedangkan jika pemakaian maksimal misalkan memutar video atau mendengarkan musik, maka akan bertahan 2 – 3 jam.

KESIMPULAN

Elegan dan minimalis

Harga yang terjangkau, performa bisa diandalkan, baterai tahan lama, dan mobilitas tinggi. Itu sepertinya beberapa dari keunggulan Aspire One. Dan netbook ini rasanya sangat cocok untuk TeNexGen’ers yang masih sekolah dan kuliah. Karena jika digunakan untuk menikmati video/ audio, serta mengerjakan tugas di Microsoft Office, rasanya Aspire One lebih dari cukup. Tentunya, sesuai namanya, netbook tidak bisa digunakan untuk pekerjaan ekstrim misalkan mengolah foto, video, grafis, game-game berat, dan sebagainya. (stm/ tng/ htr)

SPESIFIKASI

  • Processor Manufacturer: Intel
  • Processor Model: Atom N280
  • Clock Speed: 1.6Ghz
  • RAM Installed: DDR2 1024Mb
  • Harddrive Size: 250Gb
  • Graphic Processor: Intel GMA 950
  • Display: Acer CrystalBrite™ TFT LCD, 1024×600 pixels, 10.1 inch
  • Audio: HD audio support, stereo speakers, MS-sound compatible, microphone
  • Power/ Battery: 3 cell (2200mAh), 6 cell (4400mAh), 6 cell (5200mAh) optional
  • Dimension: 258,5 mm x 184 mm x 25.4 mm
  • Weight: 1,27 kg (6 cell battery)
  • Wi-Fi (WLAN): Yes. Acer InviLink™ 802.11b/g
  • Bluetooth: Yes. Bluetooth® 2.0+EDR (Enhanced Data Rate)
  • WWAN: UMTS/HSPA (High-Speed Packet Access) at 850/ 1900/ 2100 MHz and quad-band GSM/GPRS/EDGE (850/ 900/ 1800/ 1900 MHz), upgradeable to 7.2 Mbps HSDPA and 2 Mbps HSUPA (for 3G models)
  • Ports: USB (3), External VGA port, headphone/ speaker/ line-out jack, microphone jack, ethernet port, DC-in jack for AC adapter

COLOR OPTIONS

  • Sapphire Blue
  • Seashell White
  • Diamond Black
  • Ruby Red

HARGA

Rp4juta-an

SUMBER:

  • acer.co.id
  • HiTech Review

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s