Apple iPad vs Samsung Galaxy Tab, Persaingan Tablet Sesungguhnya

Persaingan itu WAJIB, itulah yang tertanam pada setiap vendor dan produsen teknologi masa kini …

Selain berlomba-lomba menjadi yang terdepan dan terbaik, persaingan yang sehat tentu membawa keuntungan bagi konsumen. Dalam rangka 1st TNG™ anniversary, inilah review singkat untuk Anda.

Apple iPad 003_thumb[7]Dari tatapan sekilas, ukuran paling mencolok antara kedua gadget ini. iPad lebih besar dengan 9.7inch, sedangkan Galaxy Tab dengan ukuran 7inch. Hasilnya, Galaxy Tab lebih nyaman di dalam genggaman.

Berbicara secara kualitas, memang Galaxy Tab lebih mudah dibawa. Namun untuk urusan kualitas, harus diakui Apple iPad lebih mewah dan solid.Samsung Galaxy Tab 001_thumb[6]

     Untuk penggunaan, ada beberapa tombol yang menghiasi termasuk Samsung Galaxy Tab yang dilengkapi kamera di bagian belakang. Dan kedua gadget ini tidak dilengkapi port USB standar.

     iPad dipastikan membawa iOS 5.0 terbaru pada perangkatnya, sedangkan Galaxy Tab membawa Android 2.2 Froyo. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri.Apple iPad 005_thumb[5]

iOS siapa yang tidak kenal? Pelopor sistem operasi berbasis layar sentuh paling revolusioner sudah menunjukkan taringnya sejak iPhone generasi awal. Bandingkan dengan Android yang baru “eksis” belakangan ini.

Hasilnya, iOS relatif lebih stabil. Sedangkan Android 2.2 yang biasanya disematkan pada smartphone dengan resolusi layar lebih kecil daripada Galaxy Tab, harus mengalami modifikasi di sana-sini untuk menyempurnakan tampilannya.

Secara garis besar, user interface kedua gadget ini mempunyai karakter bahkan pecintanya sendiri. Dan tidak butuh banyak waktu kok, untuk terbiasa dengannya.

Berbicara hardware, akan lebih ke masalah teknis kali ya? Ayo mari kita bandingkan cukup dari spesifikasi yang ada.

Apple iPad 002_thumb[4]Pertama sebagai otak yang menjalankan, iPad dan Galaxy Tab sama-sama memercayakan prosesor dengan clock-speed 1Ghz dan masing-masing juga dilengkapi PowerVR SGX GPU untuk mendongkrak performa grafisnya. Hal yang membedakan, iPad menggunakan prosesor A4 system buatannya sendiri, sedangkan Tab dengan ARM Cortex A8.

Untuk RAM, berdasarkan data yang diberi pabrikan, Galaxy Tab mengusung 512MB. Sedangkan iPad, hanya setengahnya yaitu 256MB. Jangan risau karena Apple sendiri terkenal dengan kompresi datanya yang hemat. Dan kalau storage, iPad sedikit lebih terbatas tanpa expansion slot dengan pilihan 16/ 32/ 64GB, sedangkan Galaxy Tab dengan pilihan 16GB yang dapat ditambah dengan microSD hingga 32GB.Samsung Galaxy Tab 002_thumb[2]

Soal network, keperkasaan ditunjukkan oleh Galaxy Tab. Mengapa? Karena meski sesungguhnya Galaxy Tab adalah tablet, fungsi telepon tetap dibenamkan sehingga kita dapat melakukan SMS/ panggilan. Lain halnya dengan iPad yang hanya menyediakan akses data. Kedua gadget ini dapat berjalan di network HSPA hingga 7.2Mbps. Oh ya, microSIM hadir di iPad.

Sebagai tambahan juga, layar iPad lebih enak diajak berinteraksi bahkan dapat dikatakan dengan kualitas terbaik. Selain luas, iPad mengusung resolusi 1024×768 piksel yang lebih besar dibanding Galaxy Tab yang hanya 1024×600 piksel. Meski sama-sama capacitive dengan Galaxy Tab.

Bahas ke messaging dulu ya! Untuk soal ini, Galaxy Tab adalah rajanya. Karena selain bisa melakukan fungsi layaknya sebuah telepon, Tab juga bisa digunakan untuk SMS, MMS, dan sejenisnya. Tampilan SMS-nya adalah threaded view, khas Android.Samsung Galaxy Tab 003_thumb[3]

Sedangkan pengguna iPad, mungkin hanya bisa gigit jari, pasalnya slot microSIM berbasis GSM -yang di Indonesia dipaket bersama operator Telkomsel- ini, hanya bisa untuk akses data alias internet. Tidak ada fungsi SMS, apalagi MMS. Bahkan, untuk cek pulsa aja tidak bisa. Cukup merepotkan karena microSIM sendiri sulit dipindahkan ke ponsel biasa jika hendak digunakan untuk cek saldo atau pulsa.

Apple iPad 004_thumb[2]Nah, beralih ke browsing, kedua perangkat ini bisa dikatakan seimbang. iPad yang memercayai browser Safari andalannya, sedangkan Galaxy Tab memilih browser yang biasanya menemani perangkat Android. Dukungan multitouch akan melengkapi rasa nyaman browsing, terutama di layar iPad yang lebih luas.

Tren booming jejaring sosial di berbagai belahan Bumi terutama Indonesia, membuatnya tidak boleh untuk tidak dibahas. Nah, singkat saja, di Apple akan terdapat Facebook for iPad atau Twitter for iPad, sedangkan Samsung menyediakan Facebook atau Twitter for Android. Masing-masing dengan user interfacenya yang ramah digunakan.

Langsung ke media player, dan dapat langsung ditebak, kedua gadget ini membawa media player yang khas ala sistem operasinya. Karakter yang berbeda antara keduanya, membawa kecintaan masing-masing penggunanya. Apple hadir dengan pemutar musik yang langsung terkoneksi ke iTunes untuk menjelajah berbagai koleksi musik di sana.

Samsung Galaxy Tab 004_thumb[2]Dan pemutar video sendiri, keduanya hadir memuaskan dengan tampilan yang halus. Galaxy Tab sedikit nyaman untuk menonton film karena layarnya yang berasio 16:9 setingkat widescreen.

Kalau soal kamera, lagi-lagi Galaxy Tab jawaranya. Ada dua kamera di depan dan belakang bodynya. Kamera utama berkekuatan 3 megapiksel beserta autofokus dan flash, sedangkan di depan ada kamera 1.3 megapiksel untuk keperluan chat dan lainnya.

Butuh aplikasi? Ke Apple App Store aja, ada ratusan ribu aplikasi dari berbagai pengembang yang siap diunduh ke iPad Anda. Kalau Galaxy Tab sendiri, ada Android Market yang menyediakan berbagai aplikasi dalam jumlah yang juga melimpah.Samsung Galaxy Tab 005_thumb[2]

Untuk games atau permainan, pengguna kedua gadget ini sepertinya juga tidak perlu pusing. Berbagai games menarik, bahkan dengan dukungan hardware serta accelerometer, membuat iPad dan Galaxy Tab tidak pernah dirasa bosan oleh penggunanya.

Fitur-fitur lain yang tersemat di iPad antara lain: wi-fi untuk koneksi internet di hotspot, bluetooth 2.1 with enhanced data rate (EDR), Assisted-GPS, light sensor, dan lainnya.

Kalau Galaxy Tab, ada: wi-fi, bluetooth 3.0, geo-tagging untuk mendeteksi lokasi pengambilan foto, accelerometer, hingga GPS. Satu lagi yang spesial, Galaxy Tab mendukung TV-out untuk menampilkan apa yang terlihat di display ke layar televisi.

Baterai? iPad lebih unggul. Dengan ukuran yang lebih besar, iPad tahan lebih lama digunakan dalam kondisi normal.

Apple iPad 001_thumb[6]Apple mengklaim iPad dapat bertahan hingga 10 jam lebih digunakan, sedangkan Samsung hanya 7 jam. Jadi, untuk aksi membaca buku digital, menjelajah dunia maya, hingga menikmati media akan terasa lebih lama di Apple iPad.

Dan paket penjualannya, kedua rival ini menyertakan konektor USB, power adapter, user guide, box, dan perangkat itu sendiri tentunya. Samsung Tab punya nilai lebih, yaitu menghadirkan sarung kulit untuk dibawa-bawa seiring portabilitasnya.


Kedua gadget ini hadir membawa 2 aspek yang masing-masing diunggulkan pabrikannya. Jadi, jika TNG™ers membutuhkan portabilitas, kamera, dan fungsi telepon bisa memilih Galaxy Tab. Sedangkan jika ingin tampil beda, eksklusif, dan prestise dengan fashion dan desain apik, bisa memilih iPad dengan layar terbaiknya. (stm/ tng)

Apple iPad

(+)

(-)

  • Layar memiliki kualitas terbaik di kelasnya
  • Dukungan Apple Apps Store yang berlimpah
  • Desain keren dan fashionable
  • Tidak bisa melakukan fungsi telepon seperti rivalnya
  • Agak ribet dalam urusan sinkronisasi data
  • Ukurannya relatif besar dan sulit disimpan di saku

Samsung Galaxy Tab

(+)

(-)

  • Ukuran lebih portabel dan mudah dibawa
  • Fungsi telepon dan SMS
  • Kehadiran kamera internal 3.0 megapiksel
  • Baterai lebih boros
  • Layar lebih kecil dan kurang nyaman untuk membaca
  • Beberapa aplikasi Android belum mendukung resolusi layar ini

Apple iPad

Size 242.8 x 189.7 x 13.4 mm
Weight 680 gr (wi-fi) | 730 gr (wi-fi + 3G)
Network Quadband GSM
Status Available
Display LED In-Plane Sitching technology, capacitive touchscreen, 768×1024 pixels, 9.7inch
Input Method(s) Full multi-touch operation, virtual keyboard
Operating System iOS 4
Processor Apple A4 custom-designed, 1Ghz
Internal Memory 16/ 32/ 64GB, 256MB RAM
Slot Memory No
Main Camera No (optional accessories)
Video Recorder No
Secondary Camera No
Media Player Yes, iPod audio and video player with iTunes sync, and HD supported
FM Radio No
Wi-Fi Yes, 802.11 a/b/g/n
Bluetooth Yes, v2.1 A2DP
Infrared No
USB Port Yes (Apple dock connector port)
Data Transfer GPRS/ EDGE/ UMTS/ HSDPA (wi-fi + 3G only)
Speakerphone
Audio Jack Yes, stereo audio 3.5mm jack
GPS Yes, with A-GPS and Google Maps
Java
Accelerometer Yes
Internet Browser HTM, HTML (Safari browser)
Office Support Yes
Game(s) Yes
Other Feature(s)
  • Ambient light sensor
  • Built in speaker and microphone
  • microSIM tray (wi-fi + 3G only)
  • Voice-over screen reader
  • Full screen zoom
  • Finger-print resistant (oleophobic coating)
  • White on black display
Color Option(s) Black, White
Standard Battery Lithium Polymer
Sales Package
  • Apple iPad
  • Dock connector to USB cable
  • 10W USB power adapter
  • User guide and documentation
  • Box

Samsung P1000 Galaxy Tab

Size 190.1 x 120.5 x 12 mm
Weight 380 gr
Network Quadband GSM
Status Available
Display TFT capacitive touchscreen 16M colors, 600×1024 pixels, 7.0inch
Input Method(s) Full multi-touch, virtual keyboard
Operating System Android 2.2 Froyo
Processor ARM-Cortex A8 1Ghz, PowerVR SGX540 graphics
Internal Memory 16GB, 512MB RAM
Slot Memory microSD up to 32GB
Main Camera 3.2 megapixels, autofocus, LED flash
Video Recorder HD (720×480 pixels), 30fps
Secondary Camera Yes, 1.3 megapixels
Media Player Yes, music and video with DivX and support full HD
FM Radio No
Wi-Fi Yes, 802.11 b/g/n
Bluetooth Yes, v3.0 A2DP
Infrared No
USB Port Yes, v2.0
Data Transfer GPRS, EDGE , UMTS, HSDPA (up to 7.2Mbps), HSUPA (5.76Mbps)
Speakerphone Yes
Audio Jack Yes, standard audio port 3.5mm
GPS Yes, with A-GPS (Google Maps)
Java Yes, MIDP 2.1
Accelerometer Yes, gyro sensor
Internet Browser HTML (Android browser) support Flash
Office Support Yes, Thinkfree
Game(s) Yes
Other Feature(s)
  • Touch Wiz UI
  • Gorilla Glass display
  • Social network integration
  • Organizer
  • Adobe Flash 10.1
  • Google supports (Maps, Mail, Search, Talk, YouTube, and more)
  • TV-out
Color Option(s) Black
Standard Battery Lithium Polymer, 4000mAh
Sales Package
  • Samsung Galaxy Tab
  • Box
  • User guide
  • Power adapter
  • USB connector
  • Leather case

Rp8.100.000,- (iPad 64GB)

Rp8.000.000,- (Galaxy Tab)

* harga toko

©2010. TeNexGen™

Twitter @TeNexGen

One Response to “Apple iPad vs Samsung Galaxy Tab, Persaingan Tablet Sesungguhnya”

  1. bayu Says:

    tolong review ipad 2 vs samsung galaxy tab 2 donkkk!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s