Nokia 2730 Classic, Ponsel 3G Hemat dan Tepat

Ponsel dengan harga terjangkau (baca: murah) masih belum bisa dielak bahwa mereka adalah tulang punggung para vendor. Mereka juga masih memiliki market share yang terbesar.

Simple dan classic

Oleh karena itu, rasanya pantas jika para produsen ponsel masih berlomba-lomba mengisi segmen yang “sejuta umat” tersebut. Salah satunya 2730 Classic dari Nokia ini. Yang tentunya untuk bersaing menghadapi ponsel-ponsel lokal yang kian menjamur.

DESAIN

Sederhana, kecil, dan simpel. Itulah yang membuatnya terlihat menarik dan mudah digunakan bagi sebagian orang. Dan desain 2730 memang sejalan dengan konsep dasar Classic series.

Desain yang bernuansa metalik, dengan polesan warna hitam di bagian layar dan softkey, serta sudut-sudut yang membulat membuatnya sangat elegan dan indah untuk dipandang. Bahkan bisa dikatakan desain yang manis, apalagi dibanding ponsel-ponsel lokal.

Untuk sisi depannya, 2730 tampil sebagaimana ponsel-ponsel sejenis. Ada sebuah layar TFT berukuran 2.0 inch. Tentu saja dilengkapi keypad, softkey, dan tombol call/ end untuk input.

2730 tampak depan

Sedangkan di sisi belakang, Anda akan menjumpai sebuah lubang speaker dan lensa kamera 2 megapiksel. Dan di sisi kiri terdapat slot microSD, serta di sisi kanan terdapat port microUSB.

USER INTERFACE

Memanfaatkan sistem operasi tertutup, membuat 2730 yang berbasis S40 v6 ini sangat mudah digunakan. Pengelompokan menu dan tata letak yang sederhana, membuat sebagian orang sangat menyukai ponsel dengan tipe seperti ini.

Untuk berinteraksi dan menggunakan ponsel, 2730 mengandalkan sebuah layar TFT jernih berkedalaman 252.144 warna. Dan dengan resolusi standar 240×320 piksel, semua teks, gambar, maupun grafis tertampil baik di sini.

Port microUSB

Dan yang menarik, karena S40 v6 sudah mendukung Flash Lite 3.0, tampilan wallpaper dan screensavernya sangat atraktif. Wallpaper berbasis swf dapat ditampilkan dengan animasi-animasi, jam, tanggal, dan lainnya. Dan menariknya, sama seperti ponsel Nokia kebanyakan, seluruh elemen tampilan di layar 2730 dapat diganti melalui fitur tema. Mulai dari wallpaper, skema, dan icon menunya.

Lensa kamera dan speaker

Dan saat sefault, icon menunya juga segar seperti S60 5th Edition, yang dikendalikan melalui sebuah D-Pad 5 arah. Dan untuk menginput teks dan nomor, handset ini menyertakan sederet keypad alphanumeric yang lumayan responsif saat ditekan.

HARDWARE/ NETWORK

Meski dengan harga yang relatif murah, tidak serta-merta kualitas hardware pada ponsel ini menjadi menurun. Hal tersebut dapat TeNexGen rasakan dalam penggunaannya.

Hadir dengan jaringan 3G, adalah salah satu di antaranya. Perangkat ini membawa akses data berkecepatan hingga 384kbps, yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai modem. Kalaupun tidak, sudah sangat memadai jika sekadar digunakan untuk chatting atau browsing. Tidak secepat HSDPA memang, tetapi jaringan 3G yang didapatnya cukup optimal tergantung operator penyedia layanan.

Slot microSD

Selain itu, untuk media penyimpanan data, perangkat ini membenamkan memori internal sebesar 30Mb. Jika kurang, masih ada slot microSD untuk ekspansi hingga 2Gb. Sedangkan untuk konektivitas, tersedia bluetooth A2DP dan microUSB. Satu lagi yang lumayan berguna adalah ketersediaannya port audio 3.5mm yang memungkinkan Anda memilih headset lain untuk menikmati musik yang banyak tersedia di pasaran.

MESSAGING/ BROWSING

Ponsel Nokia dari kelas low-end hingga high-end selalu lengkap dalam urusan messaging-nya. Dan 2730 juga termasuk baik dalam hal ini. Semuanya dapat diakomodasi, dari SMS, EMS, MMS, hingga e-mail melalui Ovi yang sudah terintegrasi di dalamnya.

Keypad yang nyaman

Untuk browsing, di ponsel harga sejutaan Rupiah seperti ini, rasanya si Classic ini sudah sangat baik dibanding vendor-vendor lain terutama vendor lokal. Akses internet melalui 3G dapat dibuka dengan lumayan cepat, apalagi jika melalui OperaMini yang menjadi browser default di ponsel ini. Dan semua akses ke jejaring social dan chatting dapat berjalan lumayan lancar.

MULTIMEDIA/ CAMERA

Jangan menganggap remeh terlebih dahulu terhadap perangkat klasik yang terjangkau ini, terutama di hal multimedia. Karena Nokia telah membenamkan fitur hiburan yang lumayan lengkap dan apik. Walaupun tidak bisa dikatakan maksimal jika mengingat harganya.

Ada kamera 2.0 megapiksel, media player yang support aneka format media, dan radio FM yang mendukung RDS. Dan semuanya bisa berfungsi dengan baik, dan tentunya lebih berkualitas dibanding ponsel-ponsel lokal.

Kamera 2.0 megapiksel

Kamera 2 megapiksel yang ditanam ke dalamnya lumayan memukau saat digunakan untuk memotret di luar ruangan. Semua tone warna tampil lumayan jernih, meski blur akan terjadi jika tangan kita kurang stabil di saat men-capture. Dan saat foto di dalam ruangan dengan pencahayaan yang cukup, hasilnya cukup menjanjikan meskipun noise tetap hadir di mana-mana. Maklumlah, ponsel ini tidak dilengkapi autofokus maupun flash.

Sayang, video recorder yang dibawanya relatif standar. Resolusinya hanya QCIF (176×144 piksel) dengan framerate 10 – 15 fps.

Untuk media player, file mp3, mp4, wmv, wav, 3gp, m4a, dan lainnya dapat dijalankan. Semuanya diputar dalam satu player. Dan untuk musik, 2730 membawa penyortiran yang mutakhir. Ada pengelompokan lagu berdasarkan artis, genre, album, composer, dan playlist. Sedangkan jika membahas output suara, lumayan jernih meskipun terdengar cempreng jika suaranya disetel maksimal.

Dan ada radio FM juga di ponsel ini. Tangkapannya lumayan stabil, meski untuk menggunakannya Anda wajib memasang headset terlebih dahulu.

Jack audio 3.5mm dan port charger

APPLICATION/ OFFICE/ GPS

Aplikasi yang diinstall di 2730 secara default lumayan bervariasi. Ada OviStore, Converter, Windows Live, dan organizer lain. Dan tak lupa dibenamkan beberapa games untuk menghibur diri di kala bosan. Jika pun kurang, Anda dapat mencari aplikasi ataupun games yang sangat melimpah di pasaran dengan platform Java MIDP 2.1.

Dan khusus di beberapa negara, terutama Indonesia, Nokia membenamkan program terbarunya di perangkat ini. Namanya adalah Nokia Life Tools. Program ini bekerja sama dengan beberapa pihak (Departemen Pertanian, salah satunya), yang memungkinkan pengguna mencari tahu informasi dan edukasi mengenai pertanian, pendidikan, dan sebagainya.

Nokia 2730 Classic memang tidak dibenamkan GPS internal. Namun tetap disediakan OviMaps yang dapat diandalkan untuk mencari lokasi. Namun untuk digunakan sepenuhnya, Anda tentu membutuhkan perangkat GPS eksternal yang dapat disambung dengan bluetooth.

Box penjualan

BATTERY/ SALES PACKAGE

Karena hadir jaringan 3G, kamera, dan media player yang menyedot daya, tentu energi di baterai ponsel akan cepat terasa habis. Untung saja Nokia membawakan kapasitas baterai yang cukup besar ke dalamnya, yaitu Lithium-Ion berkapasitas 1050mAh (BL-5C). Dalam pemakaian telepon, sms, dan musik, handset ini dapat bertahan hingga 2 hari lebih.

Mungkin dikarenakan untuk menekan harga jual, paket penjualan di Nokia 2730 dibuat sehemat mungkin. Ada paketan standar, headset stereo, dan sebuah microSD 1Gb.

KESIMPULAN

Kecil, murah, mudah, dan pintar. Mungkin sangat menggambarkan ponsel ini secara keseluruhan. Dengan akses 3G dan fitur lumayan lengkap serta berkualitas, tentunya akan menjadi poin lebih dibanding merk lokal yang sedang booming. Hanya saja, memang desainnya yang klasik juga bisa menjadi penghalang kesuksesan di mana pada saat ini, model QWERTY memang sedang laris-larisnya. Namun dengan nama besar dan fitur lebih baik, 2730 dapat dicoba. (stm/ tng)

SPESIFIKASI

  • Ukuran: 109.6 x 46.9 x 14.4 mm, 65 cc, 87,7 gr
  • Network: Quadband GSM, UMTS
  • Status: Tersedia
  • Layar: TFT 252.144 warna, 240×320 piksel, 2.0 inch
  • Input: Tombol alphanumeric dan Navi-Key 5 arah
  • Sistem Operasi: Nokia S40 v6
  • Prosesor: –
  • Memori: Internal 30Mb
  • Slot Memori: microSD up to 2Gb (include 1Gb)
  • Kamera: 2 Megapiksel
  • Video Recorder: QCIF, up to 15 fps
  • Kamera Sekunder: Tidak
  • Media Player: Ya
  • Radio FM: Ya. Stereo dengan RDS
  • WLAN: Tidak
  • Bluetooth: Ya. v2.0 dengan A2DP
  • Inframerah: Tidak
  • Port USB: Ya. MicroUSB v2.0
  • Transfer Data: GPRS class 32, EDGE class 32, 3G
  • Speakerphone: Ya
  • Jack Audio: Ya. 3.5 mm
  • GPS: Tidak
  • Java: Ya. MIDP 2.1
  • Browser Standar: xHTML, WAP2.0
  • Tambahan: Flash Lite 3.0, OviMaps, OviStore, games, Windows Live, OperaMini 4.2, organizer, OviContact, dan lainnya
  • Baterai Standar: BL-5C. Li-Ion 1050mAh

HARGA

Rp1.120.000,-

78 Responses to “Nokia 2730 Classic, Ponsel 3G Hemat dan Tepat”

  1. Diah Says:

    Hp 2730c saya kenapa batery.a boros banget ya.? dan padahal gak di pake ,tpi tetep aja habis. Klo di charge mlem, trus sampe pagi bisa abis, padahal tadinya full. Itu kenapa yaa? Minta bantuannya

  2. Alimnur pecinta majelis Says:

    Knapa ya setiap mau mendownload,pasti keluar kata”sambungan gagal”dan gini”halaman tidak ditemukan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s