Nokia 5530 XpressMusic vs Samsung S5233W, Adu Ponsel Full Touch Ber-Wi-Fi Kelas Menengah

Para produsen ponsel akan selalu mencari celah untuk disusupi agar dapat bersaing dan bertahan dari gempuran vendor lain. Termasuk oleh Nokia dan Samsung ini!

5530 White yang sangat sporty dan mewah

Star wi-fi yang sama persis dengan Star sebelumnya

Kali ini, TeNexGen menghadirkan sebuah perbandingan (compare) dua buah ponsel anyar dari masing-masing vendor yang mengandalkan full touch dan wi-fi. Dan dengan harga sekitar Rp2juta-an, manakah yang layak dipilih?

DESAIN

Sama-sama tampil dengan bentuk klasik, adalah ciri khas ponsel full touch. Baik Nokia 5530 XpressMusic maupun Samsung S5233W Star Wi-Fi, dengan cirinya masing-masing.

Sesuai dengan embel-embelnya, 5530 hadir dengan pilihan warna ala XpressMusic. Ada white-blue, dan black-red, yang semuanya memiliki kesan masing-masing. Di pilihan white, Anda akan menjumpai ponsel yang mewah dan sporty, sedangkan di warna black, akan dijumpai ponsel yang elegan.

Di lain hal, Samsung hadir sama seperti versi sebelumnya (Star non-Wi-Fi), dengan warna hitam (abu-abu) seperti graphite. Ada juga pilihan warna putih, meskipun belum diketahui secara pasti warna apa yang resmi dipasarkan di Indonesia.

Tiga tombol dan layar sentuh resistive

Di 5530, Anda akan menjumpai bagian permukaan yang datar, tanpa sebuah tombol pun yang menyembul. Hal itu dikarenakan tombol call, menu, dan end pada ponsel ini berjenis sensitive touch yang bisa juga diakses dengan stylus. Dan di atas layar2.9inch, juga terdapat sebuah tombol media berjenis sama. Dan di Star, terdapat tombol fisik back, call, dan end di bawah layar. Seperti Star versi sebelumnya.

Bagian depan yang datar dengan full touch

Dan jika membahas mengenai sisi lain pada ponsel ini, rasanya sama seperti ponsel pada umumnya, yaitu terdapat lensa kamera, tombol volume, tombol kamera, port charger, USB, dan lainnya, dan lebih lengkap akan dibahas pada bagiannya masing-masing.

Homescreen 5530

USER INTERFACE

Di sisi ini, boleh dikatakan Nokia 5530-lah jawaranya. Mengapa? Karena dari data teknis saja, kita akan mengetahui bahwa 5530 didukung oleh OS terbuka yaitu Symbian 9.4 edisi 5, yang tentunya lebih praktis, fleksibel, dan dinamis dalam menginstall software.

Menu utama 5530

Di pihak Samsung, Star hanya dibekali OS tertutup dengan konsep TouchWIZ. Meskipun relatif terbatas, pemasangan software di Star masih mendukung Java MIDP yang terdapat juga di 5530. Namun salah satu kelebihan TouchWIZ, adalah desain UI yang sedikit lebih baik. TouchWIZ mendukung widget yang dapat drag and drop, yang tidak tersedia pada 5530.

Layar stand-by Star

Dan di layar yang berfungsi sebagai jendela interaksi, 5530 juga menang telak. Walaupun sama-sama berjenis resistive, 5530 tampil digdaya dengan resolusi layar 360×640 yang lebih padat dibanding Star dengan 240×400 piksel. Bukan hanya itu, kedalaman warna 5530 telah mencapai 16 juta warna, dan Samsung S5233W “hanya” 256k warna.

Di sisi menu, 5530 sama dengan S60 5th Edition lain. Hampir tidak ada bedanya dengan 5800, N97 series, 5230, X6, dan lainnya. Baik dalam struktur menu, pengelompokan menu, fontasi, dan lainnya. Cukup familiar bagi yang sudah sering menggunakan Symbian (alias Symbian Lovers).

Menu utama Star

Kalau Star, menu utama juga sama dengan generasi TouchWIZ pada umumnya. Dan hampir tidak ada perubahan berarti, mulai dari penamaan hingga warna.

HARDWARE/ NETWORK

Karena menggunakan OS terbuka, prosesor dan RAM pada 5530 bisa dideteksi. 5530 XpressMusic dijalankan pada prosesor ARM11 berclockspeed 434Mhz, sedangkan RAM-nya berukuran 128Mb. Tidak ada yang perlu dikeluhkan karena multitasking pada music player, message, dan chat masih berjalan baik.

Port charger dan tombol volume

Sementara di Samsung, meskipun tidak terdapat data prosesor dan RAM, beberapa program khusus masih bisa dijalankan bersamaan, namun tidak semua.

Dan untuk penyimpanan, baik Nokia maupun Samsung dibekali kemampuan upgrade berupa microSD hingga 16Gb. Dan tentunya, disertai memori internal untuk penyimpanan SMS dan file-file sistem.

Lanjut ke sektor network, 5530 dan Star mendapat kemampuan setara. Sama-sama tidak memiliki 3G dan bergantung pada 2G. Ada sedikit perbedaan di EDGE dan GPRS yang mereka miliki, yaitu Nokia dengan class 32 dan Samsung dengan class 12. Tak lupa hadir bluetooth, kabel data, dan wi-fi yang menjadi kebanggaan mereka.

Slot microSD, SIM, dan stylus

MESSAGING/ BROWSING

Meski bukan perpesanan yang diandalkan, keduanya hadir lumayan lengkap. Setidaknya ada SMS, MMS, e-mail, dan Instant Messaging.

Namun keunggulan pada 5530 di sektor ini adalah ketersediaannya input yang beragam. Ada virtual alphanumeric keypad, QWERTY keypad, dan hadwriting recognition. Untuk alphanumeric dan QWERTY akan berfungsi secara otomatis jika kita membalikkan posisi ponsel, dan tentunya jika sensornya diset On.

Dan di web browser, 5530 juga mungkin sedikit di atas angin. Web-kit standar bawaan Symbian 5th Edition ini dapat menampilkan situs-situs dalam format HTML bahkan mendukung elemen flash (swf). Meskipun agak terbatas dalam kecepatan koneksi yang standar.

Dan untuk mengakalinya, baik Samsung maupun Nokia sama-sama bisa dipasangi OperaMini untuk internetan lebih cepat, handal, dan hemat.

Tombol volume dan lock

MULTIMEDIA/ CAMERA

XpressMusic, tentunya berkonsentrasi di sisi musikal dan multimedia. Dan tidak perlu diragukan di sisi ini karena 5530 hadir lengkap dengan media player, FM radio, dan lain-lainnya. Dan sama halnya seperti Star yang juga membenamkan fitur-fitur serupa.

Tetapi di music player, Nokia telah membawakan player mutakhir ala Symbian-nya di mana semua lagu dapat dipisahkan sesuai ID3 tag misalkan album, artis, judul lagu, dan lainnya. Kemampuan multitaskingnya pun benar-benar hadir di sini.

Dan di Samsung, tampilan music playernya juga hadir dengan baik, seperti TouchWIZ lainnya. Ada pengkategorian album, artis, dan composer. Semua pengkategorian hadir lengkap dan relatif mudah dilihat.

Bagian back-cover dengan lensa kamera dan flash

Hanya saja, untuk keluaran suara, kedua ponsel ini tidak seimbang. Bisa dikatakan, 5530 lumayan setingkat di atas Star. Kok bisa? Ya, 5530 hadir dengan stereo speakers yang jernih dan lebih maksimal, dibanding Star yang speakernya menyatu dengan earpiece. Meski begitu, Star diklaim sudah memiliki DNSe (Digital Natural Sound Engine) yang akan memanjakan telinga Anda.

Satu lagi, karena memang mungkin tidak hadir khusus untuk musik, S5233 juga tidak membawa port audio 3.5mm ala perangkat musik. Tidak seperti 5530 yang telah menyediakannya sehingga kita bebas memilih headset atau menghubungkannya dengan perangkat musik lain.

Sekarang, kita beralih ke kamera. Dan kali ini, Nokia kembali sedikit di atas Samsung. Sama-sama 3.2 megapiksel, namun 5530 telah hadir fitur pendukung yang lengkap. Ada autofokus dan juga flash LED, yang tentu akan sedikit membantu jikala memotret di tempat minim cahaya. Sedangkan di Star, hadir tanpa kedua fitur tersebut, tetapi dilengkapi smile detection yang dapat memotret jika objek sedang senyum.

Back-cover Samsung Star Wi-Fi

Meskipun begitu, saat dilihat hasilnya, kualitas yang seimbang akan hadir pada siang hari atau saat mengambil objek di ruang yang cukup cahaya. Dan jika mengambil foto di tempat yang gelap, otomatis keduanya hadir dengan noise. Namun pastinya 5530 lebih baik karena telah mendukung flash dan autofokus.

Tak lupa juga, 5530 masih berjaya di video recorder. Video recorder 5530 mampu mengabadikan momen bergerak dengan resolusi 640×480 piksel (VGA) dengan framerate hingga 30fps. Hasilnya lumayan mulus tanpa patah-patah yang cukup berarti. Sedikit berbeda dengan Star, yang hanya mampu merekam dengan kekuatan setengahnya, yaitu QVGA dan framerate 15fps.

APPLICATION/ OFFICE/ GPS

Aplikasi-aplikasi yang tersedia di kedua ponsel ini sebenarnya sangat beragam. Selain bawaan dari pabrik, Anda juga bisa menambahkannya sendiri. Dan kedua ponsel ini tak lupa menyematkan beberapa games, organizer, akses ke berbagai jejaring sosial, dan lainnya.

Di 5530, Anda akan menjumpai sejumlah client ke Facebook, MySpace, YouTube, dan Friendster. Dan ada juga OviContacts, RealPlayer, Dictionary, dan masih banyak lagi. Kurang? Cari saja aplikasi Symbian 5th Edition dan Java MIDP khusus touchscreen yang sudah mulai banyak tersedia di pasaran.

Dan di Samsung Star Wi-Fi, ada document viewer dalam bawaannya. Masih ada juga Communities yang menyediakan beragam link menuju ke situs-situs top, misalkan: Facebook, MySpace, Flickr, Picasa, YouTube, Friendster, dan masih bisa ditambah lagi. Game yang hadir, salah satunya ada Asphalt4 dan Bubble Popper.

Box penjualan 5530

Kedua handset ini juga dapat memanfaatkan accelerometer. Tetapi jika untuk keseluruhan aplikasi, accelerometer pada 5530 cenderung lebih kompatibel dengan OS terbukanya.

BATTERY/ SALES PACKAGE

Baterai kedua ponsel yang TeNexGen adu kali seimbang dengan Lithium Ion berkapasitas 1000mAh. Dan dalam pemakaian sehari-hari, rasanya lebih dari cukup untuk 2 – 3 hari. Dan tentunya jika penggunaan wi-fi semakin sering, daya tahan baterai juga akan lebih cepat haus.

Soal paket penjualan, Nokia menyertakan paketan standar ditambah headset stereo, kabel data, miniDVD OviSuite, dan microSD sebesar 4Gb.

Sedangkan Samsung, di dalam kotak telah diisi paketan standar, headset, kabel data, dan CD PCSuite.

KESIMPULAN

Tanpa mengurangi kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan dengan harga yang tidak berbeda jauh, rasanya Nokia 5530 XpressMusic setingkat dibanding Samsung S5233W Star Wi-Fi. Dengan OS, kamera, dan multimedia sedikit di atas angin, 5530 tampak lebih maksimal. Namun jika Anda lebih suka interface unik dengan TouchWIZ dan widget,S5233W layak untuk Anda pilih. (stm/ tng)

SPESIFIKASI

(Nokia 5530 XpressMusic)

  • Ukuran: 104 x 49 x 13 mm, 68 cc, 107 gr
  • Network: Quadband GSM
  • Status: Tersedia
  • Layar: TFT resistive 16 juta warna, 360×640 piksel, 2.9 inch
  • Input: Full touchscreen (virtual alphanumeric dan full QWERTY)
  • Sistem Operasi: Symbian 9.4, S60 5th Edition
  • Prosesor: ARM 11, 434Mhz
  • Memori: RAM 128Mb, Internal 70Mb
  • Slot Memori: microSD up to 16Gb (termasuk 4Gb)
  • Kamera: 3.2 Megapiksel, autofocus, LED flash
  • Video Recorder: VGA (360×640 piksel), up to 30fps
  • Kamera Sekunder: Tidak
  • Media Player: Ya. RealPlayer, music player
  • Radio FM: Ya. Stereo dengan RDS
  • WLAN: Ya. Wi-Fi 802.11 b/g, UPnP technology
  • Bluetooth: Ya. v2.0 dan A2DP
  • Inframerah: Tidak
  • Port USB: Ya. MicroUSB v2.0
  • Transfer Data: GPRS class 32, EDGE class 32
  • Speakerphone: Ya
  • Jack Audio: Ya. 3.5 mm
  • GPS: Tidak
  • Java: Ya. MIDP 2.1
  • Browser Standar: WAP2.0, xHTML, HTML, RSS feeds
  • Tambahan: photo editor, games, Flash Lite 3.0, OviContacts, Nokia Video Centre, accelerometer, social-networking client (Facebook, Hi5, MySpace,Friendster, YouTube, Amazon), dan lainnya
  • Baterai Standar: BL-4U, Li-Ion 1000mAh

(Samsung S5233W Star Wi-Fi)

  • Ukuran: 104 x 53 x 11.9 mm, 92 gr
  • Network: Quadband GSM
  • Status: Tersedia
  • Layar: TFT capacitive touchscreen 256k warna, 240×400 piksel, 3.0 inch
  • Input: Full touchscreen
  • Sistem Operasi: Samsung
  • Prosesor: –
  • Memori: Internal 50Mb
  • Slot Memori: microSD up to 16Gb
  • Kamera: 3.2 Megapiksel, smile detection
  • Video Recorder: QVGA (240×320 piksel), up to 15fps
  • Kamera Sekunder: Tidak
  • Media Player: Ya
  • Radio FM: Ya. Stereo dengan RDS
  • WLAN: Ya. Wi-Fi 802.11 b/g, UPnP technology
  • Bluetooth: Ya. v2.1 dan A2DP
  • Inframerah: Tidak
  • Port USB: Ya, v2.0
  • Transfer Data: GPRS class 12, EDGE class 12, 3G
  • Speakerphone: Ya
  • Jack Audio: Tidak
  • GPS: Tidak
  • Java: Ya. MIDP 2.0
  • Browser Standar: WAP2.0, xHTML, HTML
  • Tambahan: OfficeViewer, accelerometer, organizer, PDF reader, Communities, games (Asphalt4, Bubble Popper), Google Maps, dan lainnya
  • Baterai Standar: Li-Ion 1000mAh

HARGA
(Nokia 5530 XpressMusic) Rp2.070.000,-
(Samsung S5233W Star Wi-Fi) Rp1.930.000,-

COMPARE RESULT (5530 | S5233W)

  • Design (8 | 8)
  • User Interface (8 | 7)
  • Hardware/ Network (7 | 7)
  • Messaging/ Browsing (8 | 7.5)
  • Multimedia/ Camera (8.5 | 7.5)
  • Application/ Office/ GPS (8 | 8.5)
  • Battery/ Sales Package (8 | 8)

81 Responses to “Nokia 5530 XpressMusic vs Samsung S5233W, Adu Ponsel Full Touch Ber-Wi-Fi Kelas Menengah”

  1. Imam Says:

    Mau ralat dikit nih,, gw pake S5233W, di S5233W juga ada virtual alphanumeric keypad, QWERTY keypad, dan hadwriting recognition. Untuk alphanumeric dan QWERTY akan berfungsi secara otomatis jika kita membalikkan posisi ponsel….

    Terimakasih

  2. malik Says:

    Hallo
    Tolong di balas ya klo wapside ini msih aktif :D.
    Kalo kisaran harga Nokia 5530 X untuk daerah cimahi atau bandung berapa yah? (17-09-2012)
    Trims.

  3. Vheckado Says:

    knpa ya 5530 ane gk bisa menemukan jaringan Wifi

  4. Nur annisa Says:

    Dimana orang jual hpnya itu yah,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s