Nokia 5630 XpressMusic, Bentuk Tipis Kemampuan Berlapis

Meski sudah cukup lama beredar di pasaran, Nokia 5630 XpressMusic sepertinya belum terekspos dengan fitur-fiturnya yang segudang.

Desain depan yang mengkilat

Dan kali ini, TeNexGen atas permintaan rekan-rekan TeNexGen’ers akan mencoba mengulas dan me-review lebih lengkap mengenai perangkat yang tipis tapi canggih ini.

DESAIN

Slim, tipis, dan hitam. Sangat mirip dengan kakaknya 5310 XpressMusic jika sekilas. Dan tentunya 5630 lengkap dengan warna khas XM series, yaitu blue dan red. Di beberapa waktu terakhir, bahkan tersedia juga warna black.

Dan dengan balutan plastik mengkilat di bagian depan, ponsel ini terlihat sangat ringan dan mudah digenggam. Kesan sporty dan anak muda pun dapat dengan mudah didapat.

Di sisi depan, Anda akan menjumpai sebuah layar TFT berukuran 2.2 inch dan tiga icon multimedia di sisi kirinya. Ada: play/ pause, previous, dan next. Dan karena bersistem operasi S60 versi 3, ada serangkaian keypad alphanumeric, D-Pad 5 arah, dan softkey yang menemani.

Bagian belakang yang lumayan apik

Di sisi sebaliknya, terdapat sebuah corong kamera lengkap dengan lampu flashnya, dan tak lupa juga ada sebuah speaker di bagian bawah. Di casing belakang ini sendiri, desainnya yang bermotif-motif membuat kita tidak selip saat menggenggamnya.

Di sisi kiri sendiri, ada tiga buah tombol multimedia seperti yang telah disinggung di atas, yang berguna untuk mengontrol file multimedia. Dan di sisi kanannya, ada sepasang tombol volume, slot microSD, dan juga tombol kamera.

USER INTERFACE

Paling baru dan paling mutakhir. Itulah versi yang disematkan pada ponsel ini. Meski Symbian 3rd Edition bukanlah barang baru, namun di feature-pack 3.2 ini, menunya tampil lebih menyegarkan ala Symbian 5th Edition. Berbagai perubahan di settingan pun ada pada 5630 ini.

Dari sisi depan, samping, dan belakang

Walaupun banyak pihak yang mulai bosan dengan OS yang cukup lama menjadi jawara di smartphone ini, S60 3rd Edition tetap memiliki segudang kelebihan dibanding OS-OS yang lain. Software atau aplikasi berlimpah, kinerja yang stabil, dan pengoperasian yang mudah dimengerti menjadi salah satu alasan utama.

Untuk layarnya sendiri, Nokia 5630 XpressMusic menyematkan layar TFT berkedalaman 16 juta warna. Dan tentunya beresolusi 240×320 piksel khas Symbian dan ukuran 2.2 inch. Tidak ada yang perlu diherankan, dipermasalahkan, ataupun dibahas di sini karena itu sudah menjadi standar ponsel Nokia menengah ke atas.

Untuk input ataupun penggunaan ponsel ini sendiri, softkey, keypad, dan D-Pad tampil dengan baik. Semuanya bisa digunakan tanpa ada keluhan yang berarti.

Homescreen basic

HARDWARE/ NETWORK

Meskipun dengan harga di bawah Rp2juta, namun 5630 sangat perkasa di sisi hardware dan network. Berbagai fitur yang sangat lengkap untuk ponsel sekelasnya, ada di sini.

Tersedianya network HSPA yang untuk kecepatan download menembus 10.2Mbps, serta upload hingga 2Mbps, adalah salah satu di antaranya. Selain itu, ada koneksi WLAN untuk akses wi-fi di hotspot kampus, cafe, dan lainnya.

Dan yang sangat penting adalah dukungan prosesornya yang sangat tinggi dibanding ponsel-ponsel musik, apalagi dengan ponsel di kisaran harga Rp1 – 2jutaan. Dan prosesor itu adalah ARM11 berkecepatan 600Mhz yang setara dengan E72 dan E52 yang notabene adalah ponsel bisnis premium. Nokia 5630 XpressMusic juga didukung RAM sebesar 128Mb.

Tidak juga lupa, sentuhan ponsel musik khas Nokia tetap tersedia, misalkan: jack audio 3.5mm, tombol multimedia, slot microSD, bluetooth A2DP, dan juga speaker yang terpisah dari earpiece.

Homescreen shortcut

Semuanya sudah lengkap, bahkan lebih dari cukup untuk penggunaan sehari-hari TeNexGen’ers yang cenderung browsing, chatting, dan mendengarkan lagu saja.

MESSAGING/ BROWSING

Di ponsel Nokia, dari zaman ke zaman, fitur messaging selalu ditonjolkan dan selalu diunggulkan. Mulai dari zaman baheula, di mana ponsel Nokia terkenal dengan picture messagingnya, hingga sekarang yang memiliki sarana messaging paling lengkap di kelasnya.

User Interface ala Symbian

Nokia 5630 XpressMusic memiliki fitur yang berlimpah, ada: SMS, MMS, Instant Messaging, hingga layanan push-mail. Semuanya hadir seperti halnya E52. Ada juga Nokia Messaging dan lainnya.

Settingan e-mail Nokia Messaging di 5630 sendiri tidaklah ribet. Ada sebuah wizard yang akan membantu Anda untuk mengkoneksikan ponsel ke internet, dan menyetelkan akun e-mail Anda (baik dari Yahoo!, Hotmail, OviMail, dan lainnya) dalam beberapa langkah mudah.

Dan di browser sendiri, S60 3rd Edition yang disematkan di 5630 terbaru ini, memiliki kemampuan jelajah internet yang memadai. Semua halaman HTML, xHTML, dan WAP dapat dilahapnya dengan tampilan yang cukup baik. Hanya saja penyedotan datanya cenderung besar dan memboroskan pulsa. Dan solusinya bisa menggunakan aplikasi browser pihak ketiga.

Tombol volume

Untuk penunjang messaging, keypad yang ada sangat mendukung. Bahkan dalam keadaan tanpa melihat ponsel, Anda yang sudah terbiasa ber-SMS ria akan menguasai keypad alphanumeric-nya dengan mudah tanpa keluhan berarti.

MULTIMEDIA/ CAMERA

Sudah menjadi rahasia umum jika ponsel XpressMusic ataupun Xseries berkonsentrasi di sisi musik dan multimedianya. Dan hal ini sudah terlihat di sebagian besar 5xxx yang rata-rata berembel musik.

Yang pertama yang akan kita bahas adalah music playernya. Sama seperti ponsel-ponsel lain berplatform sama, 5630 hadir dengan penyortiran file yang lengkap. Misalkan sesuai judul, artis, album, komposer, ataupun genre. Dan speaker yang terletak di belakang juga terdengar jernih saat memainkan lagu, walaupun volume suaranya tidak terlalu besar.

Music player

Tampilan music player sendiri cenderung biasa-biasa saja jika Anda sudah pernah menggunakan Symbian sebelumnya. Dan memang sih, pada dasarnya semua sudah baik. Seperti pepatah mengatakan, “Mengapa harus mengubah sesuatu yang sudah baik?” Di music player, Anda akan melihat sebuah album art, judul lagu, artis, nomor track, timeline, dan juga petunjuk tombol kontrol.

Di sisi suara sendiri sudah apik, walaupun belum digolongkan maksimal. Jika kurang ‘klop’ dengan headset bawaan, Anda dapat mencoba headset branded lain yang banyak tersedia di toko-toko. Kok bisa? Ya karena 5630 sudah memiliki port audio universal berukuran 3.5mm yang cocok dengan berbagai konektor audio.

Masih kurang bebas dan kurang menikmati? Silakan coba headset bluetooth stereo yang bebas kabel berkat dukungan profil A2DP pada bluetoothnya.

Di player video sendiri, 5630 juga tidak mengecewakan sama sekali. Berbagai dukungan video standar ponsel sudah hadir seperti mp4 dan 3gp, tanpa DivX atau XviD seperti pada ponsel mutakhir. Tetapi jangan anggap remeh dulu, karena pada dasarnya Symbian bisa disisipi file apa saja asalkan memiliki program pengeksekusinya.

Dan kita beralih ke kamera. Nokia 5630 ini sebenarnya juga termasuk lengkap di sisi ini. Mengapa? Karena selain kamera utama, terdapat juga sebuah kamera sekunder untuk self-potrait ataupun videocall.

Kamera utama di ponsel ini memiliki resolusi cukup lumayan, yaitu 3.2 megapiksel. Sebuah LED flash akan membantunya beraksi di daerah kurang cahaya. Hasil fotonya sendiri cukup tajam, asalkan tangan kita tidak bergetar karena ketiadaan dukungan autofokus. Dan kamera sekundernya hanya mampu mengcapture hingga ukuran VGA*. (* berdasarkan beberapa spesifikasi)

Gallery photo

Untuk video recorder, Nokia 5630 juga digdaya. Mampu merekam hingga resolusi VGA (640×480 piksel) dan dengan framerate 15fps. Hasilnya lumayan apik, asalkan pergerakan dalam merekam video tidak terlalu cepat.

APPLICATION/ OFFICE/ GPS

Di perangkat ini, Nokia telah membenamkan sejumlah aplikasi berguna dan lengkap untuk penggunaan sehari-hari. Sejumlah organizer, office viewer, RealPlayer, FlashPlayer, dan lainnya.

Dan yang tetap hadir di sini, seperti biasa, ada sebuah FM Radio. FM Radio-nya dapat digunakan dengan baik jika kita menggunakan headset ataupun speaker, karena kabel tembaga tersebutlah yang berfungsi sebagai antena penangkap gelombang. Hasil tangkapannya lumayan jernih, di mana outputnya dapat melalui headset ataupun loadspeaker di ponsel.

Di ponsel ini, Anda juga dapat menginstall berbagai aplikasi. Aplikasinya sangatlah banyak di pasaran, dan Anda juga dapat mengunduhnya via OviStore, yang menjadi toko aplikasi resmi Nokia. Aplikasi gratis maupun berbayar tersedia sangat berlimpah di sana. Dan di 5630, Anda dapat menyisipkan aneka aplikasi chatting dan social-networking, yang sangat digandrungi remaja saat ini.

Salah satu yang paling menarik, adalah hadirnya fitur N-Gage. N-Gage sendiri adalah sebuah fitur unggulan pada beberapa ponsel Nokia, karena Anda dapat memainkan game secara “lebih” dibandingkan ponsel lain. Di N-Gage, Anda dapat mengunduh game menarik, saling berbagi score, multiplayer, dan lainnya. Semuanya dapat dinikmati dengan voucher N-Gage.

Paket penjualan

BATTERY/ SALES PACKAGE

Ponsel ini hampir sempurna di segala sisi. Namun kekurangan yang TeNexGen anggap paling utama adalah pada sisi baterai. Mengapa dianggap demikian? Karena dengan segudang fitur boros energinya, semisal 3G/ HSDPA, wi-fi, music player, dan lain-lain, Nokia 5630 XpressMusic hanya dibekali baterai Lithium Ion yang berukuran 860mAh (BL-4CT). Mungkin ini disebabkan kecilnya ruang untuk menempatkan baterai, mengingat ponsel ini cukup tipis.

Alhasil, dalam penggunaan sehari-hari, ponsel ini hanya bertahan hingga 1 – 1,5 hari. Dan Anda harus membawa baterai cadangan atau charger setiap saat, jika tidak menginginkan ponsel drop saat dibutuhkan.

Dan sales package sendiri, lumayan lengkap, setidaknya untuk ponsel dengan harga demikian. Apalagi jika dibandingkan ponsel vendor sebelah, yang sangat pelit dalam hal ini.

Nokia 5630 diberikan paketan standar, sepasang headset dan remote, microSD 4Gb, dan kabel microUSB pendek. Meskipun TeNexGen tidak mengetahui apakah terdapat perubahan sales package pada saat ini, terutama mempertimbangkan untuk menekan harga.

KESIMPULAN

Dari review ini dengan segala pertimbangan fitur dan harga, TeNexGen sangat merekomendasikan ponsel ini kepada Anda yang berjiwa muda. Dengan fitur lengkap HSDPA 10.2Mbps, wi-fi, music, dan lainnya, harga yang dipatok kini sudah di bawah Rp2juta. Sangat terjangkau untuk TeNexGen’ers. Meskipun, kekurangannya yang terbesar pada kapasitas baterai yang terlalu lemah untuk ponsel musik. (stm/ tng)

SPESIFIKASI

  • Ukuran: 112 x 46 x 12 mm, 83 gr
  • Network: Quadband GSM, UMTS, HSDPA
  • Status: Tersedia
  • Layar: TFT 16 juta warna, 240×320 piksel, 2.2 inch
  • Input: Alphanumeric
  • Sistem Operasi: Symbian 9.3, S60 3rd Edition, release 3.2
  • Prosesor: ARM 11, 600Mhz
  • Memori: RAM 128Mb, ROM 256Mb
  • Slot Memori: microSD up to 16Gb
  • Kamera: 3.2 Megapiksel, enhanced fixed focus, LED flash
  • Video Recorder: VGA (640×480 piksel), 15fps
  • Kamera Sekunder: Ya. Untuk videocall, foto, dan video
  • Media Player: Ya. RealPlayer, music player
  • Radio FM: Ya. Stereo dengan RDS
  • WLAN: Ya. Wi-Fi 802.11 b/g, UPnP technology
  • Bluetooth: Ya. v2.0 + A2DP
  • Inframerah: Tidak
  • Port USB: Ya. MicroUSB v2.0
  • Transfer Data: GPRS class 32, EDGE class 32, 3G, 3.5G (HSDPA up to 10.2Mbps/ HSUPA up to 2Mbps)
  • Speakerphone: Ya
  • Jack Audio: Ya. 3.5 mm
  • GPS: Tidak
  • Java: Ya. MIDP 2.1
  • Browser Standar: WAP2.0, xHTML, HTML, RSS feeds
  • Tambahan: Flash Lite 3.0, N-Gage, games, organizer, Setting Wizard, dan lainnya (Pilihan Warna: grey, blue, red)
  • Baterai Standar: BL-4CT, Lithium Ion 860mAh

HARGA

+/- Rp1.930.000,-

48 Responses to “Nokia 5630 XpressMusic, Bentuk Tipis Kemampuan Berlapis”

  1. yansen Says:

    emank bnar gan,nokia 5630 fturnya brlimpah,aq jg lg make nih,wlaupun sring hang atau ada mslah lain,aq ttap syang hp ini,inlah hp ksyanganku,soalnya fturnya lngkap bnget,tpis n ringan lgi,pkoknya juara deh bwat aq,yg pling aq kgumin dri hp qu ni ya game nya gan,gamenya suport 3 jnis,bsa game java,symbian,dan yg pling kren tu pa lg law bkan N-Gage,,sjak mke hp ni aq jdi sring downlod game ke wrnet,pkoknya top deh!,i love NOKIA!aq ga kan jual hp ni!

  2. jessi Says:

    aku make 5630 udh dari feb 2010 :)
    it’s absolutely wonderfull, setelah make 1thn lebih, baru bisa menyadari betapa kerenny 5630~ fitur kamus bawaan dari hp sangat membantu, juga quickofficenya:)) truly amazing~~

  3. shinjikagawa Says:

    gan…
    tapi kan quick officnya minta product key..
    gman cara ngakalinya ??
    mohon penjelasannya

  4. dayat Says:

    harga awalnya pas baru keluar tahun 2009 bulan juli.itu 2,3 juta,gw masih punya sampe sekarang.tapi tombol yg buat gedein suara itu udh copot gara2x dimaenin keponakan gw.tapi semuanya masih bagus…

  5. Nita afella Says:

    Hp.5630 saya mati ketika di pasang simcard beberapa saat saat dihidupkan… Apa IC sinyalnya padahal IC power sudah di ganti.

  6. Togar Says:

    gua suka hp 5630 sekarang msh ada g y?

  7. drak crow black Says:

    asu

  8. Vichtor ivic Says:

    Hp Nokia 5630 XM, Saya pertama kali dpt dari Tel….. Waktu menang undian lelang. Dari tahun 2009 ampe 2013 masih awet… Aplikasinya bro enak bget… Ringan mudah di putar kalau lg pgen atraksi… Ha… Ha… Mesinnya kuat neh hp walau dah 1x ganti battraynya… Nga ada lg yg jual neh hp keren bget nga ketinggalan jaman dah.

  9. ningnong Says:

    betuul.. 5630 emg oke punya! pernah 1x ilang diambil orang, sampe bela2in beli lagi gantinya dengan tipe hape yg sama.. :D

  10. yansen Says:

    sejak make hp ini,banyak recor yang kubuat : aku punya memori 16 gb kuisi 1600 lagu,lebih dari 200game,300video,dan ratusan gambar,ratusan aplikasi lainnya,dan inilah hp pertama aq buat download film ukuran 300mb,banyak teknologi lain yang belum tentu ada di hp lain ,ini lah terbaikku seumur hdup,ah cinta nokia 5630 :D

  11. yansen Says:

    ada 1 lagi hp nokia yg bgus bnget,aq udah menelitinya lebih dari 6bulan di internet,fiturnya bgus bnget gan,aq dah yakin ni plihan terbaikku jadi teman nokia 5630,dia adalah NOKIA E6 gan,aq lg ngincar hp ini,apakah agan2 jga berminat :)kalau ga percaya cba aja lihat fitur2nya dan tanggapan positif orang2 :)

  12. yansen Says:

    kalau udah di hack akan semakin lebih keren,kaya punya qu ni,bisa main n gage :)

  13. RIDWAN HAERUDIN Says:

    NOKIA 5630 MEMANG CANGGIH BRO

  14. xavi Says:

    .punya.q gak bisa di buat bloetot gan, ,

  15. Deden argage Says:

    Bener tuh ane udh make tahunan,aman lancar awet bandel,prnh suka hang biar sembuh perlu diflas ulang klo gak update firmware

  16. Ketut adjust Says:

    Saya baru saja beli yg bekas,70 ribu saja,,minus suka restart sendiri(kata penjualnya).tinggal di flash beres dah,,,ayo ada yg minat gak ?

  17. Moh. Salman Says:

    ketut
    boleh jg tuh mo lepas brp?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s