Nokia 6303 Classic, Desain Minimalis yang Tampil Manis

Seri 6xxx merupakan ponsel yang cukup laris manis di pasar. Dengan segmen kantoran, seri 6300 terbukti “sejuta umat”. Dan Nokia pun mengeluarkan 6303 Classic sebagai pembaharuan. Bagaimana perubahan dibanding kakaknya itu?

Desain minimalis nan elegan

Hadir di saat-saat ponsel lokal yang murah-meriah sedang membara, Nokia memberikan alternatif lain yakni Nokia 6303 dengan harga yang lumayan bersahabat. Inilah ulasannya!

DESAIN

Di sisi depan terdapat layar TFT 16 juta warna nan jernih!

Embel-embel Classic di belakang namanya, sudah pasti menunjukkan desainnya yang klasik alias batangan. Desain rounded hadir di sisi atas dan bawah membuatnya semakin manis. Hadir dengan dua pilihan warna, yakni silver dan black, membuatnya sangat gagah dan elegan sebagai ponsel kantoran. Dan juga bukan berarti hanya untuk laki-laki, untuk perempuan pun terlihat cocok berkat minimalisnya.

Bagian depan dan belakang ponsel ini tetap dibalut material plastik logam seperti seniornya, 6300. Terlihat berat, namun setidaknya tidak mudah rusak jika dibanding plastik.

Sisi depannya dihiasi oleh sebuah layar TFT berukuran 2.2 inch. Tak lupa juga, 6303 disertakan dengan sebuah D-Pad 5 arah yang siap menemani Anda menjelajahi isi ponsel. Untuk mengetik, ada juga sederetan tombol alphanumeric yang relatif nyaman saat digunakan.

S40 6th Edition

Sedangkan di belakang, seperti biasa, ada sebuah lensa kamera dan LED flash, serta sebuah lubang speaker. Dan di sisi kiri tidak disertakan tombol apapun, dan di sisi kanan terdapat sepasang tombol volume.

USER INTERFACE

Ponsel kantoran bukan berarti harus smartphone dan memiliki sistem operasi terbuka. Hal tersebut diamini oleh Nokia dengan 6303-nya, karena hanya disisipkan S40 6th Edition berplatform Java.

Dengan UI S40, otomatis software yang bisa diinstall hanya Java. Bukan sebuah kekurangan memang, karena software Java sangat berlimpah. Dan sebagian besar orang justru memburu ponsel S40 ini karena cenderung mudah digunakan dan simpel.

S40 6th Edition sendiri merupakan OS tertutup paling baru milik Nokia. Sejumlah perbaikan dan penyempurnaan disertakan ke dalam versi ini. Salah satu di antaranya yaitu tampilan icon yang lebih baru, dukungan file flash (swf) yang semakin sempurna berkat Flash Lite 3, dan lainnya.

Jendela interaksi ponsel ini sendiri akan berlangsung melalui layar 2.2 inch berjenis TFT 16 juta warna. Dengan resolusi 240×320 piksel, ukuran tersebut sangat bagus di kategori harga segini. Dan hasilnya, tampilan yang jernih dan lembut akan memanjakan mata Anda.

HARDWARE/ NETWORK

Secara garis besar, perangkat keras ponsel ini cukup lumayan. Semuanya hadir dengan nuansa ponsel menengah, meski harganya bisa dikatakan segmen low-end. Hal ini terlihat dari layar dan kameranya yang digdaya. Termasuk tombol-tombolnya yang enak, empuk, dan nyaman digunakan.

Media player

Kalau di sisi network, memang tidak ada yang bisa dibanggakan. Sama seperti 6300, 6303 hadir dengan GPRS dan EDGE class 32. Meski tidak bisa dikatakan cepat, namun setidaknya sudah cukup tangguh untuk penggunaan browsing, chatting, dan social-networking di sebuah perangkat mobile.

Namun untuk ponsel berharga sejutaan Rupiah, fiturnya sudah lumayan lengkap dan berkualitas dibanding ponsel-ponsel China ataupun lokal. Kemampuannya bisa diandalkan. Ada slot microSD dengan dukungan up to 4Gb, bluetooth, microUSB, peta GPS, dan berbagai fitur wah lainnya.

MESSAGING/ BROWSING

Sisi perpesanan (messaging) ponsel ini tergolong sangat lengkap. Semuanya hadir ala Nokia S40. Ada: SMS, MMS 1.3, e-mail, Messenger, IM, flash-message, dan lainnya. Semua bekerja sama baiknya dengan S40 6th Edition terbaru lain.

Dan untuk internetan sendiri, Nokia telah membenamkan webkit baru pada S40 6th Editionnya. Terlihat dari peningkatan performa browsernya. Bahkan kini sudah lebih handal dengan pointernya. Tersedia juga client-client menuju social networking popular, yaitu Facebook, MySpace, Youtube, dan beberapa lagi. Tetapi jika Anda masih menginginkan browser irit dan hemat, OperaMini tetap setia menemani untuk berkelana di dunia maya.

MULTIMEDIA/ CAMERA

Embel-embel classic, segmen kantoran, dan harga sejutaan memang tidak akan menjanjikan fitur multimedia yang bagus. Namun di 6303, setidaknya semua masih bisa dinikmati. Media player, radio FM, dan kamera masih akan menemani keseharian Anda. Meski tidak memukau, namun sudah cukup memanjakan Anda -TeNexGen’ers- di setiap aktivitas. Apalagi dengan kehadiran port audio 3.5mm.

Untuk kamera, performanya sangat bagus di harga sejutaan. Pasalnya 6303 telah dibenamkan kamera beresolusi 3.2 megapiksel, yang disertai autofocus, dan LED flash. Modus pengambilan gambar pada saat defaultnya adalah potrait, meskipun bisa disetel ke landscape. Hanya saja modus landscape tidak didukung tombol kamera terdedikasi.

Proses penyerapan warna foto-foto ini cukup seimbang dan terlihat sesuai aslinya. Saat viewfinder, memang terlihat banyak noise dan buram. Namun hasilnya cukup memuaskan, baik outdoor maupun indoor.

Untuk perekaman videonya sendiri, 6303 berhasil mengungguli ponsel-ponsel sekelasnya, bahkan CyberShot milik SonyEricsson di kisaran harga segini. Nokia 6303 dapat merekam hingga resolusi VGA dengan framerate 15 fps.

Jangan khawatir, 6303 masih handal untuk memenuhi kebutuhan TeNexGen’ers dalam urusan ini.

APPLICATION/ GAMES/ GPS

Aplikasi yang terinstall di 6303 Classic sangat beragam dalam keadaan default. Ada konverter satuan, konverter pakaian, OVI Contacts, Sensor, Download!, dan juga game-game sebanyak 4 buah. Semuanya sangat menarik dan menantang dimainkan. Termasuk Snake III yang kita kenal sebagai salah satu game legendaris Nokia.

Corong kamera dan speaker

Masih kurang? Cari, unduh, dan install aplikasi/ game dari berbagai situs di internet. Itu karena 6303 berbasis Java, yang aplikasinya memang universal dan terkenal “pasaran”. Dan tidak seperti beberapa seri Samsung, aplikasi/ game di 6303 dapat ditransfer dari komputer.

Ponsel ini juga telah tersedia Nokia Maps berupa peta untuk navigasi GPS. Hanya saja, untuk melakukan GPS real time, kita diwajibkan membeli perangkat GPS eksternal.

BATTERY/ SALES PACKAGE

Handset ini menyertakan baterai Lithium Ion sebesar 1050mAh. Cukup besar untuk fitur seperti ini. Dan efeknya, untuk penggunaan sehari-hari secara normal, mampu bertahan hingga 3 hari lebih.

Di sales package, tidak ada yang terlalu istimewa. Namun hal tersebut tidak “sepelit” beberapa vendor lain. Dan terlihat dengan masih adanya pemberian kabel USB pendek dan microSD 1Gb.

KESIMPULAN

Dengan mempertimbangkan price to performance, 6303 sangatlah wajib untuk dipertimbangkan. Dengan harga sejutaan Rupiah, Nokia 6303 sudah sangat memenuhi kebutuhan TeNexGen’ers dalam kehidupan sehari-hari. Fitur yang komplit dan desain manis, sepertinya akan mampu “memperbaharui” kakaknya. Hanya saja, promosi yang kurang gencar mungkin akan menutupi auranya oleh ponsel-ponsel lokal yang sangat agresif memburu konsumen. (stm/ tng)

SPESIFIKASI

  • Ukuran: 1108.8 x 46.2 x 11.7 mm, 57 cc, 96 gr
  • Network: Triband GSM
  • Status: Tersedia
  • Layar: TFT 16.777.216 warna, 240×320 piksel, 2.2 inch
  • Input: Tombol alphanumeric dan Navi-Key 5 arah
  • Sistem Operasi: Nokia S40 v6
  • Prosesor: –
  • Memori: Internal 17Mb
  • Slot Memori: microSD up to 4Gb (include 1Gb)
  • Kamera: 3.2 Megapiksel, autofokus, LED flash
  • Video Recorder: VGA, 15 fps
  • Kamera Sekunder: Tidak
  • Media Player: Ya
  • Radio FM: Ya. Stereo dengan RDS
  • WLAN: Tidak
  • Bluetooth: Ya. v2.0 dengan A2DP
  • Inframerah: Tidak
  • Port USB: Ya. v2.0 MicroUSB
  • Transfer Data: GPRS class 32, EDGE class 32
  • Speakerphone: Ya
  • Jack Audio: Ya. 3.5 mm
  • GPS: Tidak
  • Java: Ya. MIDP 2.1
  • Browser Standar: HTML, xHTML, WAP2.0
  • Tambahan: Nokia Maps, Flash Lite 3.0, Photo Editor, T9, Organizer, games (4), dan lainnya
  • Baterai Standar: BL-5CT. Li-Ion 1050mAh

HARGA

Rp1.390.000,-

3 Responses to “Nokia 6303 Classic, Desain Minimalis yang Tampil Manis”

  1. arya Says:

    trims infonya….

  2. ARVIO CCTV Says:

    makasih infonya gan….

    kalo ada yg mau pasang CCTV jabodetabek, hubungi :
    http://www.arviocctv.com
    087770911110

  3. sigit shandi Says:

    kalau ada wifinya pasti lebih oke…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s