Nokia C5-00, Desain Klasik Fitur Menarik

Ponsel di segmen menengah memang cenderung memiliki pasar yang empuk. Berbagai desain, fitur, dan segmen ada di sini.

Simpel nan elegan

Tak mau kalah dengan semakin banyaknya ponsel di sisi ini, Nokia menggelontorkan sebuah ponsel seri C. Dengan seri C, kita pasti akan mengetahui jika ini ponsel berdesain klasik, alias batangan. Itulah C3, dan bagaimana kinerjanya? Inilah review TNG™ untuk Anda!

DESAIN

Sepertinya halnya seri-seri Classic di Nokia sebelumnya, seri C juga lebih menonjolkan desain yang klasik dan minimalis. Tanpa ornamen yang berlebihan, namun sentuhan elegan tetap ada. Dengan bentuk candybar, di bagian depan akan disuguhi layar, navigasi, softkey, dan keypad dengan ukuran yang proporsional. Tidak lebih, tidak kurang.

Di sekelilingi bodi, Anda akan menjumpai list metalik yang cukup manis. Polesan metalik juga dirasakan di tombol D-Pad 5 arah dan tombol menu, serta tombol clear. Sedangkan di sisi belakang, ada sebuah cover baterai, corong kamera, LED flash, dan speaker di bawahnya. Minimalis, tanpa banyak tombol di sisi-sisi bodinya, kecuali tombol volume.

Menu dan fontasi yang jelas

USER INTERFACE

OS Symbian 9.3 3rd Edition fp2. Tidak asing lagi di telinga. User interfacenya cenderung sama dengan ponsel-ponsel sejenis (Nokia 5630 XpressMusic, misalnya). Cenderung mudah digunakan, mudah dimengerti, tidak ribet, namun tetap canggih. Meskipun ada beberapa kalangan yang mulai jenuh terhadap OS ini.

Penyegaran tampak di bagian home (layar standby). Meskipun sudah ada beberapa produk sejenis yang mengadopsinya, namun masih terbilang fresh. Mengapa? Karena homescreen-nya sudah dilengkapi Contacts Bar seperti S60 5th Edition. Selain itu, tetap ada status e-mail, to-do-list, dan serangkaian shortcut menuju aplikasi tertentu.

Jack audio, USB, dan port charger

Dan di layar TFT 16 juta warna, beresolusi QVGA. Semuanya tertampil cukup apik. Fontasi yang halus, effect menu yang dinamis, serta tombol-tombol yang nyaman digunakan, membuat ponsel ini tidak ada masalah dalam penggunaannya.

HARDWARE/ NETWORK

Dengan harga di antara Rp1,8 – 1,9jutaan, tidak menyurutkan pihak vendor Finlandia ini tidak menyematkan fitur-fitur terbarunya di sini. Antaranya adalah network, yang mendukung HSPA hingga 10.2Mbps untuk download dan 2.0Mbps untuk upload. Dengan jaringan ini, kemampuan browsing di browser HTML-nya tidak diragukan lagi (meski tergantung kestabilan jaringan operator selular).

Bagian belakang dengan kamera

Hanya saja, ponsel ini minus WLAN (wi-fi) yang memungkinkan kita bisa berinternetan-ria di hotspot-hotspot gratis yang mulai menjamur. Namun bisa dimaklumi mengingat rasio harga.

Di bagian hardware, kembali C5 dipersenjatai kemampuan yang bisa dikatakan superior di ponsel sekelasnya. Ada prosesor ARM11, dengan clockspeed 600Mhz. Sedangkan RAM-nya sebesar 128Mb. Bandingkan dengan BlackBerry Bold 9000, dengan prosesor 624Mhz dan RAM yang juga 128Mb.

Messaging

Selain itu, tersedia bluetooth v2.0 with A2DP, microUSB, dan jack audio 3.5mm.

MESSAGING/ BROWSING

Seperti yang telah disebutkan, Nokia C5 dilengkapi browser HTML yang sangat handal untuk membuka sebuah web seperti tampilan desktop. Dan tetap mendukung flash. Alhasil, tampilannya sangat sempurna meskipun Anda harus mengorbankan pulsa Anda, apalagi tanpa ketersediaan wi-fi. Solusinya, adalah menggunakan layanan internet unlimited.

Ataupun tidak, Anda bisa memasang aplikasi browser pihak ketiga, misalkan OperaMini, UCWEB, Skyfire, dan sejenisnya yang cenderung hemat data dalam pemakaiannya.

Di messaging, hampir semua layanan tersedia. Termasuk Nokia Messaging, yang menyediakan layanan push-mail, chat, dan lain sebagainya. Dan untuk Indonesia sekarang, Anda harus berlangganan ke layanan operator (Telkomsel, misalnya), untuk menikmati fitur ini.

Kamera 3.2 megapiksel

MULTIMEDIA/ CAMERA

Seri C pada dasarnya lebih difokuskan pada penggunaan umum dan ber-socialnetworking. Namun hal ini bukan berarti fitur multimedia -yang wajib ada di setiap ponsel- untuk dianaktirikan. Ada media player, radio FM, dan lainnya.

Music player Symbian, tetap hadir dengan khasnya. Penggolongan ID3 musik yang lengkap, akan mempermudah mencari file lagu. Selain itu, music player-nya dilengkapi settings equalizer, bass booster, stereo widening, dan lainnya. Tentunya kemampuan menampilkan album art.

Logs

Sedangkan kualitas suaranya, bisa dikatakan rata-rata. Tidak begitu menggelegar, tetapi masih bisa dinikmati. Namun jika ponsel diletakkan mendatar di permukaan yang membal (bantal atau sofa, misalnya), suaranya terkesan terpendam. Dan itu dikarenakan posisi speaker yang terletak di belakang bawah. Jika kurang, menggunakan headset alternatif di jack 3.5mm-nya juga memungkinkan, atau lewat bluetooth A2DP.

Dan untuk video player, tetap mengandalkan Real Player sepertinya. Tampilannya lumayan mulus, selama video tersebut tidak terlalu besar resolusi maupun framerate-nya. Untuk 640×480 (VGA) dengan framerate 30fps, masih terlihat normal dan halus.

Mengenai kamera, C5 membenamkan sebuah lensa dengan kemampuan menangkap hingga 3.2 megapiksel. Kemampuannya untuk menangkap momen spontan, tidak perlu diragukan kehandalannya. Meski kalau soal kualitas, tidak bisa dikatakan lebih baik dari ponsel kamera. Untuk aksi outdoor, warnanya tampil cerah seperti aslinya. Sedangkan untuk indoor, tidak begitu maksimal walaupun ada LED flash yang menemani. Dan beberapa hal yang cukup mengganjal adalah ketidaksertaan autofokus dan keabsenan tombol kamera.

OVI maps

Untuk video recorder, C5 juga tidak kalah handal untuk perekaman momen spontan. Videonya ditangkap dengan resolusi VGA, dan memiliki framerate 15fps. Standar-lah, dibanding ponsel-ponsel lainnya.

APPLICATION/ OFFICE/ GPS

Ponsel seri C, telah didaulat untuk kebutuhan internet dan social networking. Dan ini jelas terlihat di aplikasi yang dibenamkan kepadanya. Di dalamnya ada paket lengkap OVI. OVI mail, OVI chat, OVI music, OVI store, dan lainnya. Semua satu paket di dalam Nokia Messaging. Penggunaannya (terutama e-mail) cukup simple dan mudah dimengerti.

Dan sebuah aplikasi baru di sini, yaitu aplikasi Facebook. Ups, jangan anggap sepele dulu. Aplikasi ini bukan seperti ponsel lain, baik Nokia, ponsel branded, dan ponsel lokal lain yang sekadar menyuguhkan link ke situs mobile-nya. Aplikasi Facebook di sini merupakan pure 100% aplikasi dari Nokia, untuk mengakses Facebook.

Nokia C5 Box

Selain itu, masih banyak aplikasi yang tersedia di sini. Salah satunya GPS internal, dengan OVI maps berlisensi gratis. Kemampuannya tidak diragukan lagi dalam GPS, khususnya kota-kota besar. Tak lupa juga, ada QuickOffice (viewer), games, dan aneka organizer lainnya.

BATTERY/ SALES PACKAGE

Ponsel ini memang dilengkapi berbagai fitur yang menyedot daya baterai. Misalkan kamera, HSPA, dan GPS. Oleh karenanya, diberikan baterai BL-5CT sebesar 1050mAh yang sanggup menopang C5 untuk bertahan hingga kurang lebih 3 cari, dalam pemakaian normal. Cukup tangguh.

Untuk paket penjualannya, terdapat paket yang cukup lengkap. Ada paket standar ditambah headset stereo, microSD 2Gb, dan kabel data.

KESIMPULAN

Ponsel yang sederhana ini sangat cocok bagi siapa saja yang ingin tampil elegan, simple, dan minimalis. Desain yang klasik tanpa ornamen-ornamen berlebihan, akan membuatnya sangat mudah digunakan. Terlebih, fitur yang dibenamkan di Nokia C5 juga lumayan. Termasuk TeNexGen’ers yang suka social networking di ponsel. Harganya pun tidak menguras kantong. Hanya saja, pertimbangannya yaitu minus wi-fi. (stm/ tng)

SPESIFIKASI

  • Ukuran: 112 x 46 x 12.3 mm, 56 cc, 89.3 gr
  • Network: Quadband GSM, UMTS, HSDPA
  • Status: Tersedia
  • Layar: TFT 16 juta warna, 240×320 piksel, 2.2 inch
  • Input: Alphanumeric
  • Sistem Operasi: Symbian 9.3, S60 3rd Edition, release 3.2
  • Prosesor: ARM 11, 600Mhz
  • Memori: RAM 128Mb, 50Mb storage
  • Slot Memori: microSD up to 16Gb
  • Kamera: 3.2 Megapiksel, LED flash
  • Video Recorder: VGA (640×480 piksel), 15fps
  • Kamera Sekunder: Ya. Untuk videocall, foto, dan video
  • Media Player: Ya. RealPlayer, music player
  • Radio FM: Ya. Stereo dengan RDS
  • WLAN: Tidak
  • Bluetooth: Ya. v2.0 + A2DP
  • Inframerah: Tidak
  • Port USB: Ya. MicroUSB v2.0
  • Transfer Data: GPRS class 32, EDGE class 32, 3G, 3.5G (HSPA up to 10.2Mbps (download)/ up to 2Mbps (upload))
  • Speakerphone: Ya
  • Jack Audio: Ya. 3.5 mm
  • GPS: Ya. GPS internal dan OVI maps 3.0
  • Java: Ya. MIDP 2.1
  • Browser Standar: WAP2.0, xHTML, HTML, RSS feeds (flash)
  • Tambahan: Facebook Application, OVI store, OVI music, OVI mail, Speech, Organizer, MySpace, Friendster, Hi5, YouTube, Flickr, Adobe PDF, QuickOffice Lite, Games (2), dan lainnya (Pilihan Warna: white, black)
  • Baterai Standar: BL-5CT, Lithium Ion 1050mAh

HARGA

+/- Rp1.890.000,-

16 Responses to “Nokia C5-00, Desain Klasik Fitur Menarik”

  1. ade Says:

    bentuk nya simple tapi elegant ….
    bagus . !
    :)

  2. Inal Cakung Says:

    Saya sangat suka dg ulasan anda yang lengkap….. saya tunggu ulasan selanjutnya.

    • TeNexGen Says:

      Terima kasih atas komentar Anda.
      Saran, komentar, dan kritik akan terus kami terima untuk perkembangan TNG™.
      Bookmark ya!

  3. Indra Pd.Cabe Says:

    Dengan harga segitu plus layanan push email & chat cukup menarik, tp sy mw tanya berapa email account yg bisa di pakai di C5???

    • TeNexGen Says:

      Dari fasilitas mail yang ada di ponsel-ponsel Nokia, rata-rata menampung hingga 10 akun, baik Yahoo!, Hotmail, OVI, Gmail, hingga akun perusahaan (settingan manual).
      Terima kasih.

  4. firman Says:

    ,, sebenarnya saya pngen nokia 5630 karena fitur N-gage dan saya suka sekali main game , akan tetapi karena 5630 sudah tidak ada yg gres spertinya pilihan saya akan jatuh ke Nokia C5 ini.. Tpi saya akhir2 ini malah bingung antara Nokia C5 ama Nokia 5230 (soal nya pnasaran ama touchscreen)

    nah kalo dibandingkan Nokia c5 vs Nokia 5230 , over all mana yg lebih bagus ,, terutama dari segi games dan aplikasi

    mohon pncerahannya

    • TNG™ Admin Says:

      Kedua ponsel ini membawa OS Symbian dengan seri yang berbeda.
      Nokia C5 dengan Symbian 3rd Edition, sedangkan 5230 dengan Symbian 5th Edition.

      Untuk aplikasi dan games, kedua ponsel ini telah didukung oleh ribuan software dan developer di pasaran yang aplikasinya siap dijejalkan ke dalam ponsel. Namun menurut kami, jika menyangkut aplikasi yang dinamis dan komunikatif, sepertinya lebih mengarah ke Nokia 5230.
      Mengapa? Layar touchscreen membuat sebagian aplikasi dan games terlihat lebih menyenangkan menurut sebagian kalangan.

      Terima kasih.

  5. cie Says:

    bingung neh no beli nokia C5 or C3-01,
    sama2 menarik.
    tp C3-01 jg blom ada sih.
    kira2 bagusan mana yah dari segi aplikasi n social network??

    • TNG™ Crew a1 Says:

      Dari segi aplikasi dan social network, sepertinya lebih condong ke Nokia C5.
      Karena sudah mendukung OS Symbian 3rd Edition.
      Apalagi C3-01 sendiri belum resmi masuk ke Indonesia.

      Thanks.

  6. Farid Says:

    gan denger2 hp ni sering hang y??
    truz gmn tu cara ngatasinny??

    • TNG™ Crew 02-e Says:

      Ponsel yang hang/ crash/ dan sejenisnya tergantung dari pemakaian user juga.
      Usahakan jangan menjalankan aplikasi yang terlalu banyak secara berbarengan (multitask) dan selalu update firmware ke versi mutakhir.
      :)

  7. njumndutz Says:

    mau tnya neh gan. . . . .
    GPS di nokia C5-00 bsa bwt lacak orang gak. . . . ?? Trus,misal’na hp’na ilang bsa di lacak jg gak sperti iphone. . . . . ? ? Klo bisa,gmNa cra’na. . . . . ? ?
    Tlong di jelaskan. . . . .
    Trima kasih. . . .

    • TNG™ Crew 01-a Says:

      Seharusnya bisa.
      Dengan memanfaatkan software pihak ketiga.
      Semisal “Anti-Theft for Mobile” dari F-Secure, Phone Guardian, dan lainnya yang mayoritas adalah aplikasi berbayar.

      Jadi kita bisa melacak keberadaan ponsel kita via satelit GPS.

  8. cah solo. Says:

    mantap

  9. nay Says:

    maaf gan klo hp c5 to sering mati2an to knpa ya?? Hp sya sering mati2an udh di service ttep jha, di format pun sudah… Tlong info ny gan…
    Mkasih :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s