Nokia N8-00, Sang Masterpiece Symbian^3

Seperti yang kita ketahui belakangan ini, persentasi Nokia di pasar ponsel dunia terus terkikis oleh kehadiran OS baru para kompetitornya. Dan bagaimana Nokia menyikapinya?

Nokia telah memutuskan mengambil alih seluruh pengembangan Symbian. Bahkan di tahun ini, Nokia berencana juga akan memperkenalkan OS baru, MeeGo besutannya bersama Intel.

Dan pada 2010 lalu, Nokia telah meluncurkan Nokia N8 dengan OS Symbian terbaru mereka, Symbian^3. Sejumlah perbaikan interface yang kaku menurut sebagian kalangan mulai dilakukan. Bahkan ada rumor nih, di awal tahun ini user interface Symbian^3 akan kembali dirombak besar-besaran. Benarkah?

Tapi alangkah baiknya, mari kita simak dulu ulasan eksklusif TNG tentang ponsel anyar Nokia N8.

Nokia N8-00 01Saat pertama kali kita memegang Nokia N8, akan terkesan material pembungkus ponsel yang begitu kokoh dan solid dalam kelasnya. Dengan body bersepuh aluminium, N8 dicat dengan teknologi elektrolitik yang menurut kami akan lebih awet.

Selain itu, pilihan 4 warna (hijau, hitam, silver, dan orange) di regional Indonesia membuat N8 hadir dengan warna ceria dan fresh.

Dan menuju ke bagian depan ponsel, sebuah layar lebar yang didesain stratch-resistant dengan teknologi Gorilla Glass membuat N8 tahan dari berbagai goresan.

Di sekujur N8 sendiri, TNG™ Crew menemukan berbagai tombol dan port yang menunjang fungsional ponsel. Sebuah tombol menu di depan, serta tombol kamera, tombol volume, tombol kunci, dan tombol power di sisi-sisinya.

Yang unik dari N8 ini, adalah ketidakmampuan membuka casing belakang seperti halnya iPhone. Hal ini tidak pernah ditemui di desain Nokia sebelumnya. Jadi, untuk memasukkan dan mengganti kartu SIM, ada sebuah slot di samping slot microSD pada bagian kiri ponsel. Desain ini menurut kami, akan sangat merepotkan jika suatu saat nanti ingin mengganti baterai.

Nokia N8-00 04 Kehadiran Symbian^3 sebagai OS berlayar sentuh Nokia memang rasanya cukup telat dibanding OS lain. Di saat OS lain sudah banyak memiliki fungsi unik dari layar sentuhnya, Symbian^3 baru mengadopsinya. Salah satunya adalah fungsi multi-touch.

Ya, setidaknya sudah coba diimplementasikan oleh Nokia di ponsel terbarunya. Coba bayangkan Symbian 5th Edition sebelumnya! Banyak kalangan menganggap user interface-nya bagai sebuah ponsel klasik yang diberi layar sentuh. Tidak benar dan tidak bisa juga dikatakan salah.

Nokia N8-00 10Oleh itulah, Symbian^3 mencoba hadir dengan sejumlah perbaikan di sisi kinerja dan tampilan user interface. Perubahan yang begitu terasa ketika baru menyalakan N8 adalah homescreen terpadu yang dapat digeser-geser. Di homescreen ini, TNG™ers dapat menempatkan widget jejaring sosial favorit, kontak-kontak orang terdekat, shortcut ke media player, kotak masuk e-mail, dan sebagainya.

Masuk lebih dalam, dukungan multi-touch dirasakan cukup menyenangkan untuk ditanam pada sebuah ponsel sentuh. Ya, dengan teknologi ini Anda dapat menjelajah internet dan foto, termasuk memperbesar dan memperkecil tampilan, hanya dengan mencubit pada layar.

Ada fitur copy-paste, kemampuan multi-task untuk menjalankan berbagai aplikasi berbarengan, hingga kemampuan pengenalan tulisan tangan khusus aksara Mandarin. Bahkan bagi yang bosan, bisa merombak tampilannya dengan wallpaper maupun tema-tema yang dapat diunduh di berbagai situs termasuk OVI store.

Dibanding Symbian sebelumnya yang relatif "pelit" dalam hardware yang disertakan, Nokia N8 mulai mengalami perubahan. Meski OS ini sendiri terkenal hemat dalam sumber daya hardware, tetapi sesuai tuntutan zaman, memang harus dikembangkan.Nokia N8-00 02

Inilah yang sudah tampak di ponsel ini. Walau di atas kertas kalah, tetapi N8 tidak memalukan meski harus beradu dengan ponsel lain termasuk yang sudah mendukung prosesor 1Ghz. Sebagai otak pengoperasian, N8 dibenamkan prosesor ARM11 berkecepatan 680Mhz, akselerator grafis 3D, RAM 256MB, dan ROM 512MB. Kinerjanya cukup memuaskan dalam penggunaan sehari-hari.

Untuk jendela pengoperasian, N8 membawa layar sentuh capacitive AMOLED berkedalaman 16 juta warna. Dalam ukuran 3.5inch, resolusinya tampil tajam dengan 360 x 640 piksel. Tidak sedetail display retina milik Apple memang, tapi sudah baik.Nokia N8-00 03

Ruang penyimpanan sendiri, N8 membawa storage internal sebesar 16GB. Masih kurang? Tambah aja sendiri dengan microSD hingga 32GB. Jadi total 48GB deh! Oh ya, catatan sedikit, Nokia menyarankan TNG™ers untuk memakai microSD berkualitas dan bermerk terkenal dengan class 4 ke atas (32Mbit/ s atau 4MB/ s), untuk mengupgrade media penyimpanan. Jadi hati-hati memilih ya, agar tidak bermasalah kemudian hari.

Untuk sisi jaringan, N8 tampil lengkap! Ada HSPA, dengan download hingga 10.2Mbps, sedangkan upload mampu berakselerasi hingga 2Mbps. Bahkan N8 adalah ponsel GSM pertama dengan dukungan penta-band.

Di atas spesifikasi, layanan messaging milik N8 sudah lengkap seperti biasa. SMS dapat tampil dalam bentuk chat atau dikenal dengan nama threaded SMS. Selain itu, relatif tidak berubah kok, jadi tidak perlu dibahas banyak deh! Sebagai catatan, beberapa layanan mengharuskan TNG™ers berlangganan Nokia Messaging yang dipaketkan bersama operator. Di Indonesia sendiri, ada Telkomsel, XL, Indosat, dan Tri (3) yang mendukungnya.

Nokia N8-00 06 Meski lengkap, tapi secara umum, untuk fungsional messaging N8 masih di bawah ponsel bisnis dan ponsel messaging yang memang diciptakan untuk keperluan tersebut.

Akses menjelajah internet sendiri, N8 hadir dengan browser Symbian yang khas. Browser ini sanggup membuka elemen flash, meski konsekuensinya menyedot bandwidth yang cukup besar. Aksi pinch-to-zoom (memperbesar tampilan dengan mencubit layar) bisa dilakukan di sini.

Sedangkan bagi TNG™ers yang selalu terhubung ke dunia maya, ada aplikasi terpadu dari OVI. Anda dapat mengakses Facebook dan Twitter dari sini. Dan jika Anda mau, kini sudah tersedia aplikasi official Foursquare untuk Symbian yang tersedia di OVI store.

Multimedia di N-series? Adalah sesuatu yang wajib dan wajar. N8 sendiri membuktikannya dengan baik. Media player handal dan Real Player hadir dengan mendukung berbagai jenis file media, termasuk DivX yang secara default tidak tersedia di Apple maupun Android.Nokia N8-00 07

Di luar ini, N8 juga sanggup menayangkan video berkualitas yang beresolusi HD (High-Definition) 720p. Kurang di layarnya? Sambungkan aja ke HD-TV Anda dengan koneksi HDMI. Bahkan kemampuan sound-nya berkemampuan surround Dolby Digital Plus.

Untuk pemutaran musik, N8 mengklaim dapat tampil 50 jam non-stop. Bisa saja terjadi, jika dalam pemutaran musik ponsel dalam keadaan offline dan tidak diutak-atik.

Ke sisi kamera, TNG™ Crew langsung akan mengatakan bahwa N8 siap untuk mengabadikan semua momen Anda. Ya, jika biasanya hanya momen-momen spontan, namun tidak untuk N8. Mengapa?

N8 menyisipkan sebuah kamera yang tidak main-main. Bisa dibilang demikian, karena pengaturan dan fitur pendukungnya lengkap bagai kamera saku professional. Resolusi 12 megapiksel (4000 x 3000 piksel), lengkap dengan autofokus, optik Carl Zeiss, pendeteksi wajah, hingga lampu flash berjenis Xenon.Nokia N8-00 08

Sensor pendeteksi gambar sendiri berukuran 1/ 1.83" yang menjadikannya terbaik di kelas kamera ponsel. Bahkan dari media-media lokal maupun internasional, tidak jarang yang memuji kemampuannya.

Saat dicoba, penangkapan objek di lingkungan luar ruangan yang berlimpah cahaya begitu baik. Tangkapan cahayanya tajam dan detail. Dan kondisi penyerapan warna pun natural. Sedangkan saat penangkapan gambar di dalam ruangan yang gelap, flash Xenon-nya juga bekerja maksimal. Cahayanya merata ke objek sehingga terlihat fokus.

Bukan hanya bisa memutar, untuk perekaman video, N8 juga sanggup menangkap video HD beresolusi 720p ke dalam framerate 25fps. Sangat baik meskipun tidak lagi dilengkapi video-light (lampu untuk video). Tentunya dalam format widescreen 16:9, dan sekali lagi, harus menggunakan microSD berkualitas untuk hasil terbaik.

Ada juga kamera depan di ponsel ini dengan resolusi VGA, yang fungsi utamanya adalah untuk melakukan videocall dengan menggunakan jaringan 3G selular.

Telah disebutkan di atas, N8 hadir dengan sejumlah widget dan aplikasi social-network. Bukan hanya itu, aplikasi webTV juga disertakan untuk TNG™ers yang ingin menyaksikan televisi internet.Nokia N8-00 11

Oh ya, N8 ada radio FM juga yang dapat diaktifkan dengan wired headset (berkabel). Bukan sekadar itu saja, jika TNG™ers ingin membagikan musik yang Anda putar ke sound system mobil atau berbagi bersama teman-teman, gunakan saja FM transmitter. Cukup setel ke frekuensi radio yang agak sepi dari jangkauan stasiun radio, dan set frekuensi radio penerima dengan frekuensi yang sama di N8.

Bagi Anda penikmat game, juga dapat dimanjakan dengan N8. Grafis 3D, accelerometer, ataupun tombol virtual siap diajak berinteraksi dengan game-game favorit.

Di sisi aplikasi pendukung, ada organizer. Sayang tidak ada stopwatch atau timer bawaan yang kadang kita butuhkan sewaktu-waktu. Alternatif lain bisa diunduh di OVI store.

Nokia N8-00 09 Ke keperluan bisnis, jika suatu saat ada keperluan mendadak TNG™ers misalkan tugas sekolah belum terselesaikan atau tugas kantor mendadak, bisa memanfaatkan fitur Office di N8. Anda dapat membuka dan mengeditnya. Apalagi ada fitur USB On-The-Go (akan dijelaskan di segmen Connectivity).

Lagi berkendara ke luar kota atau lagi berjalan kaki saat menikmati liburan? Tidak tahu rute dan takut tersesat? Tenang saja, ada OVI maps yang gratis selamanya untuk Anda. Setelah pengalaman dari Nokia Maps zaman N95 dulu, peta navigasi di Nokia N8 ini terbilang lumayan akurat. Ada juga Assisted-GPS yang membantu pencarian posisi via BTS operator. Ada juga magnetometer yang berfungsi sebagai kompas. Berguna kan?

Untuk berhubungan dekat dengan perangkat lain, tentu ada konektivitas dalam ponsel ini. N8 dilengkapi dengan bluetooth v3.0 dengan dukungan transfer suara stereo (A2DP), microUSB v2.0 yang dapat digunakan sebagai charge daya dan transfer data, serta port HDMI untuk koneksi media berkualitas tinggi dan fungsi TV-out.Nokia N8-00 05

Untuk daya, TNG™ers bisa memanfaatkan dengan port 2.5mm standar ala Nokia, atau microUSB. Jadi jangan takut lupa bawa charger, karena dengan 2 tipe seperti ini, mudah dicari kok alternatif. MicroUSB sendiri akan ditetapkan sebagai port charger standar untuk seluruh ponsel di Eropa. Agar ramah lingkungan dan tidak perlu beli charger lagi kalau ganti ponsel.

Ada lagi nih, N8 turut membawa kemampuan USB On-The-Go (OTG). Yup, sebuah fitur baru di mana N8 dapat membaca hampir semua perangkat USB yang TNG™ers tancapkan. Tentunya via sebuah kabel konverter dari microUSB ke port USB biasa, yang disertakan ke dalam paket penjualan. TNG™ers yang ingin membaca flashdisk tapi tidak ada komputer? Atau mau gunakan keyboard USB atau mouse USB ke N8? Colok saja, bisa!

Baterai sebagai penyuplai energi, Nokia N8 diberi jenis Lithium-Ion 1200mAh. Penggunaannya rata-rata 2 hari dalam pemakaian standar. Kalau untuk menonton video via HDMI di HD-TV, hanya 6 jam. Jadi, seharusnya yang lebih besar ya?

Paket penjualannya lumayan komplit. Dari paket penjualan regional Indonesia, terdapat handset Nokia N8, charger, baterai, USB kabel, headset stereo, kabel HDMI, kabel OTG, user guide, kartu garansi, dan dus. Bahkan di beberapa pasar terdapat stylus yang dirancang khusus untuk layar capacitive.

Komputer bergerak. Nokia menyebut N8-nya demikian. Dengan sederet fitur canggih, rasanya pantas gelar tersebut diberikan untuk perangkat ini. Kamera, konektivitas, jaringan, dan multimedia yang wah adalah di antaranya.

Hanya saja, sudah banyak orang yang terlanjur bosan dengan user interface Symbian. Jadi ini akan menjadi penghalang bagi sebagian orang untuk memilikinya. Walaupun, Nokia berencana untuk merombak kembali UI Symbian^3.

Untuk TNG™ers yang butuh kamera super handal, pemutar media yang mampu tayang di HD-TV via HDMI, USB On-The-Go untuk kepraktisan pembacaan perangkat USB, serta aneka fitur nan lengkap, rasanya N8 sangat pantas dimiliki. Pilihan tetap ada di tangan Anda. (stm/ tng)

Kelebihan:
Fitur lengkap
HDMI support
USB On-The-Go
Kamera berkualitas
Desain kokoh
Kekurangan:
Prosesor agak tertinggal
Casing belakang tidak bisa dilepas

Merk and Type Nokia N8-00
Size 113.5 x 59.1 x 12.9mm
Weight 135gr
Network GSM Pentaband
Data Transfer

GPRS class 33, EDGE class 33, UMTS, HSDPA up to 10.2Mbps, HSUPA up to 2Mbps

Messaging

SMS (threaded SMS), MMS, push-mail, e-mail, instant-messaging

Display

AMOLED capacitive touchscreen
16M colors, 360 x 640 pixels, 3.5inch
Stratch-resistant, Gorilla-Glass

Input Method(s)

Full touchscreen, virtual full QWERTY, virtual alphanumeric mode

Operating System Symbian^3
Processor ARM11 680Mhz
3D graphics hardware accelerator
Memory 256MB RAM, 512MB ROM, 16GB storage
Memory Slot Yes, microSD up to 32GB
Main Camera Yes, 12.0 megapixels (4000 x 3000 pixels)
Autofocus, Xenon flash
Carl Zeiss optics
Face-detection, geotagging
Secondary Camera Yes, VGA for videocall
Video Recorder Yes, HD 720p (1080 x 720 pixels) @25fps
Media Player Yes, video and music supports (DivX/ XviD)
FM Radio Yes, plus RDS + FM transmitter
Audio Jack Yes, 3.5mm
WLAN Yes, Wi-Fi 802.11 b/ g/ n
Bluetooth Yes, v3.0 with A2DP
Infrared No
USB Port Yes, microUSB v2.0 + USB On-The-Go
Speakerphone Yes
GPS Navigation Yes, with A-GPS and OVI maps touch
Accelerometer Yes
Office Support Yes, QuickOffice (open/ edit-able)
Internet Browser Yes, HTML/ xHTML/ WAP
Java Engine Yes, MIDP 2.1
Game(s) Yes, download-able
Other Features HDMI
TV-out
Magnetometer (digital compass)
HD video ready
Dolby Digital Plus surround sound
Chinese characters (+ handwriting) support
Photo/ video editor
Flash Lite 4.0
WebTv
Social-network application
Nokia Messaging
OVI music, OVI store
Color Option(s) Dark-grey/ silver/ lime green/ orange
Standard Battery BL-4D Lithium-Ion 1200mAh
Sales Package Nokia N8
Nokia standard battery BL-4D
Nokia connectivity cable CA-179
Nokia compact charger AC-15
Nokia adapter cable for USB OTG CA-157
Nokia adapter cable for HDMI CA-156
Nokia stereo headset WH-701
User guide
Warranty card
Box
(Nokia stylus SU-36)
Sales Status Available

Harga Pasaran

Rp4.900.000,-

9 Responses to “Nokia N8-00, Sang Masterpiece Symbian^3”

  1. jazuli Says:

    aku bener-bener jatuh hati ma com.berjalan ini,,
    sayang aku ga punya saku ,, hhhahahahahaha
    masalah baterai mempengaruhi 2o% bagi saya,,harus super hati2

  2. Ujang Bandung Says:

    aku beli 1.800.000… knape murah ya…. ape palsu gitu??? jelasin dung..

  3. www.yahoo.com Says:

    ya palsulah…. bego banget… cek dong kualitas photo dan video ny.. goblok,,

  4. tanpa_nama Says:

    @yahoo…emang situ pinter apa?pake bego2in org laen…ini forum bsma,jaga mulut,bung..

  5. Orang Sunda Says:

    ane beli cuma 700 dari si lingling yang ngaku orang jeeeepang… lumayan lah tapi ga tau palsu apa asli, cuma ada carger ajah….

  6. Dino Says:

    Aku punya n8 tp kenapa touch screen nya ga normal, maksudku ga sensitif gitu! kenapa ya?

  7. DJeffry Hardian Says:

    aq asli loo bersih smua….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s