Nokia X3-00, Generasi Baru Ponsel Musik

Nokia menambah deretan baru ponselnya. Kali ini hadir sebuah seri dan generasi baru yang diberi nama Xseries. Xseries ini ditujukan untuk mengganti dan melengkapi seri XpressMusic.

Desainnya manis dan sporty

Dan di saat perkenalannya, Nokia mempersembahkan dua seri, X6 dan X3. X6 adalah ponsel touchscreen yang canggih untuk segmen high-end, sementara X3 adalah ponsel touch untuk mid-low.

Kali ini, TeNexGen mengulas terlebih dahulu X3, di mana ini yang diperkirakan akan keluar terlebih dahulu di Indonesia.

DESAIN

Kesan sporty, apik, dan rapi adalah yang pertama kita rasakan saat memegang ponsel ini. Desain slider dengan bentuk persegi tanpa sudut membuatnya sangat macho dan kokoh jika dilihat ataupun dipegang.

Dengan balutan bahan berbau metal, tampaknya casing X3 lumayan berkualitas. Sisi depan saat slide tertutup hanya terlihat softkey, D-Pad, sebuah layar, dan list warna lengkap dengan tombol musik.

Di sisi belakang, Anda akan menemukan sebuah lensa kamera. Sedangkan di sisi kiri terdapat slot microSD, dan di kanan terdapat tombol volume serta tombol kamera.

Dan kalau dilihat dari atas, Anda akan menemukan sebuah jack audio 3.5mm, port microUSB, dan lubang charger. Di bagian desain, X3 dapat tampil cemerlang dan tidak perlu ada yang dikeluhkan.

Menu utama

USER INTERFACE

X3 tetap setia dengan OS tertutup milik Nokia, yaitu S40 6th Edition. OS tertutup ini sudah memang dikenal stabil, praktis, dan mudah digunakan bagi sebagian penikmatnya.

Antarmuka ponsel ini sudah diadaptasikan dengan OS Symbian 5th Edition. Banyak perubahan di sisi ini dibanding S40 5th Edition, salah satunya yaitu icon yang lebih segar. Grafiknya pun bagus berkat Flash Lite 3.0.

Sementara sebagai jendela interaksi, Nokia membenamkan LCD TFT berkekuatan 252.144 warna. Ukurannya cukup besar yaitu 2.2 inch dengan resolusi standar 240×320 piksel. Jernih dan tidak melelahkan mata bisa didapat saat menggunakan layar ponsel ini.

Dan di sisi penggunaan, tombol navigasi 5 arah, softkey, dan deretan tombol alphanumeric akan menemani kita, baik menjelajah ponsel dan mengetik. Sekali lagi, semuanya standar dan tidak ada yang kurang atau lebih di sini.

HARDWARE/ NETWORK

Gallery model baru

Sama seperti ponsel XpressMusic di kisaran harga yang sama, Nokia X3 masih belum membenamkan teknologi 3G/ HSDPA ke dalam perangkatnya. Dan semua akses data akan didukung oleh EDGE dan GPRS saja.

Sedangkan mengenai hardware itu sendiri, X3 sudah disetarakan dengan standar ponsel musik Nokia, ada: speaker stereo, konektor audio 3.5mm, tombol musik, dan slot memori hingga 16Gb. Tersedia juga sebuah kamera 3.2 megapiksel.

Untuk transfer data jarak pendek, X3 memiliki bluetooth v2.1 dengan A2DP, dan sebuah port microUSB untuk transfer data antar ponsel dan PC.

MESSAGING/ BROWSING

Windows Live Messenger untuk chatting

Di sisi messaging, sepertinya ponsel-ponsel besutan Nokia tidak perlu lagi diragukan kemampuannya. Ada SMS dengan modus “threaded view”, MMS, IM, dan juga e-mail. Selain mudah digunakan, pengaturannya pun tidak rumit. Untuk mengkonfigurasi e-mail, cukup ikuti wizard yang tersedia.

Dan untuk internetan, Nokia X3 memasukkan web-kit baru seperti S40 6th Edition lainnya. Dan browser standarnya pun, kini sudah mendukung tampilan HTML dengan pointer penunjuk. Relatif bisa diandalkan untuk internetan meski tidak bisa dikatakan cepat. Maklumlah, masih EDGE belum 3G. Namun untuk TeNexGen’ers yang hanya chatting via eBuddy, Facebook-an, dan social-networking, masih cukuplah.

Kalaupun masih meragukan kemampuan web-kit standarnya, Nokia tetap setia menyertakan OperaMini. Dengan OperaMini, akses internet selain cepat, juga lebih irit.

MULTIMEDIA/ CAMERA

Media player terbaru

Nseries memang tidak diragukan lagi multimedianya. Sama dengan Xseries, yang tidak perlu diragukan lagi kemampuan musiknya. Dan dalam X3 ini, media playernya mampu bekerja lumayan maksimal. Berbagai macam file audio dan video mampu dieksekusinya, termasuk wmv.

Kamera 3.2 megapiksel di bagian belakang

Alunan musik melalui speaker stereonya cukup jernih dan baik. Setiap suara yang keluar bisa dinikmati ttermasuk melalui headset bawaannya. Kalaupun masih kurang atau punya headset yang lebih baik, Nokia menyediakan alternatif dengan colokan audio 3.5m sehingga lebih universal dengan segala headset di pasaran.

Tak lupa, radio FM dapat menemani Anda di kala membutuhkan informasi dan berita. Yang sangat menarik di sini adalah X3 telah dibenamkan antena internal sehingga untuk mengaktifkan radio FM, kita tidak perlu memasang headset lagi.

Galeri foto

Dan bagi TeNexGen’ers yang suka berfoto-foto, X3 yang memang bersegmenkan kawula muda memberikan sebuah kamera 3.2 megapiksel dengan fokus tetap. Fokus tetap ini dapat mengakibatkan blur jika tangan kita tidak stabil. Tetapi masih baik jika hanya digunakan untuk pemotretan spontan atau sekadar untuk diupload ke jejaring sosial.

Namun tidak seperti 6303 Classic yang notabene lebih murah, X3 hanya mampu merekam video dengan resolusi QCIF dan framerate 15fps. Alhasil akan pecah jika ditampilkan di layar PC dan juga patah-patah jika kita bergerak terlalu cepat saat merekam.

APPLICATION/ GAMES/ GPS

Beragam aplikasi tetap dimasukkan ke dalam handset ini, seperti misalnya games, world clock, converter, Download!, OVIcontacts, OVImail, size converter, dan lainnya. Semuanya diberikan dalam bentuk bawaan.

Nokia Maps

Jika ingin menambah, sangatlah mudah. Apalagi Nokia yang terkenal fleksibel dalam pemasangan aplikasinya. Cukup download dari PC, dan transfer ke ponsel melalui card reader, bluetooth, maupun USB. Aplikasi yang tersedia pun sangat melimpah di pasaran, karena berplatform Java MIDP 2.1.

Dan meskipun tanpa GPR internal, X3 dibenamkan Nokia Maps for S40. Penggunaannya bisa dengan menggunakan sinyal GSM atau dengan membeli perangkat GPS tambahan.

BATTERY/ SALES PACKAGE

Fitur musik yang dibawa X3 sebenarnya membutuhkan daya yang besar. Dan dengan manajemen daya yang ketat, X3 hanya mempercayakan baterai Lithium Ion berkapasitas 860mAh. Dalam pemakaian standar, baterai ini menyokong X3 hingga 2 hari.

Sedangkan paket penjualan, X3 kembali membawa paket hemat, namun setidaknya lebih baik dari paket minimalis di ponsel-ponsel vendor lain. Ada paket standar, ditambah: kabel data pendek, headset stereo, dan 2Gb MicroSD.

KESIMPULAN

X3 dapat dikatakan memenuhi hasrat TeNexGen’ers. Ada music player yang digdaya, kamera untuk berfoto ria, serta yang paling baru adalah radio FM dengan antena internal. Semuanya dipadukan unik dalam desain geser yang cantik. Ada juga layanan OVI dan layanan social-networking yang sudah terintegrasi. Hanya saja, ketidakhadiran 3G mungkin bisa dijadikan bahan pertimbangan, meski sebenarnya X3 ini adalah ponsel musik. (stm/ tng)

SPESIFIKASI

  • Ukuran: 96 x 49.3 x 14.1 mm, 65.8 cc, 103 gr
  • Network: Quadband GSM
  • Status: Segera
  • Layar: TFT 252.144 warna, 240×320 piksel, 2.2 inch
  • Input: Tombol alphanumeric dan Navi-Key 5 arah
  • Sistem Operasi: Nokia S40 v6
  • Prosesor: –
  • Memori: Internal 46Mb
  • Slot Memori: microSD up to 16Gb (include 2Gb)
  • Kamera: 3.2 Megapiksel, enhaced fixed focus
  • Video Recorder: QCIF, up to 15 fps
  • Kamera Sekunder: Tidak
  • Media Player: Ya
  • Radio FM: Ya. Stereo dengan RDS, antena internal
  • WLAN: Tidak
  • Bluetooth: Ya. v2.1 dengan A2DP
  • Inframerah: Tidak
  • Port USB: Ya. MicroUSB
  • Transfer Data: GPRS class 32, EDGE class 32
  • Speakerphone: Ya
  • Jack Audio: Ya. 3.5 mm
  • GPS: Tidak
  • Java: Ya. MIDP 2.1
  • Browser Standar: HTML, xHTML, WAP2.0
  • Tambahan: Flash Lite 3.0, Nokia Maps for S40, Windows Live Messenger, Photo Editor, MobileQQ, T9, Organizer, games, color(s) option: black-red & white-blue, dan lainnya
  • Baterai Standar: BL-4CT. Li-Ion 860mAh

HARGA

Rp1.900.000,-

One Response to “Nokia X3-00, Generasi Baru Ponsel Musik”

  1. david Says:

    MINTA 1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s