Nokia X5-00, Putar dan Nikmati

Sadar bahwa ponsel menengah ke atasnya mulai ditinggalkan, Nokia tidak pasrah begitu saja. Serangan bertubi-tubi dilancarkan di segmen menengah ke bawah.

Nokia X5 juga salah satu jurus pamungkasnya. Dengan harga di bawah Rp2juta-an, fitur yang dapat dinikmati adalah fitur sekelas ponsel Rp3juta ke atas. Mau beli? Tunggu dulu, ada review TNG™ untukmu!

Unik. Sensasi ini begitu kentara saat digenggam. Ya, desain kecil yang cukup kompak untuk disimpan dan dibawa. Dengan beberapa pilihan warna, Nokia X5 hadir dengan konsep slide dan menyimpan deretan tombol QWERTY di dalamnya. Tombolnya juga cukup nyaman saat digunakan.

Balutan casing logam di belakangnya juga lumayan kokoh, terutama menghadapi aksi ‘spin’ yang akan dibahas di bawah review ini. Letak aneka tombol fungsi ponsel ini relatif standar sesuai kebiasaan Nokia dan rasanya tidak perlu dijelaskan panjang lebar lagi.

Yang bisa menjadi perhatian di segmen ini adalah tombol navigasi 5 arahnya (Navi™) yang bisa memancarkan cahaya jika ada notifikasi masuk. Elegan dan menarik.

Mengusung OS Symbian 3rd Edition di rentang harga ini, rasanya sudah lebih dari cukup. Fungsional dan efektivitas dalam penggunaannya sudah tidak perlu diragukan, terlebih dengan pengalaman selama 10 tahun ini. Dan X5 juga membawa sejumlah pembaruan di tampilannya yang membuatnya beda dari S60 sebelumnya.

Homescreen yang up-to-date, siap ditampilkan dan mempermudah TNG™ers dalam mengakses menu, kontak, dan juga jejaring sosial favorit dari layar utama. Terlebih dengan LCD TFT beresolusi 320×240 piksel (QVGA) berukuran 2.4inch miliknya.

Khas S60, user interfacenya gampang digunakan, ringan, dan juga terbuka untuk dimodifikasi. Personalisasi bisa dilakukan dari wallpaper, theme, icon, hingga aplikasi pihak ketiga. Dan dukungan multitasking dengan switch beberapa aplikasi sekaligus, dapat berjalan di sini.

Desain unik sudah dibahas. Sekarang adalah penyertaan hardware secara keseluruhan, yang juga masih bisa dikatakan tangguh di kelasnya. Sebelumnya jika hardware yang disertakan pada OS Symbian cenderung pelit mengingat OS Symbian sendiri cukup ringan, Nokia mulai menepis anggapan itu.

X5 dibekali prosesor ARM11 dengan clock speed 600Mhz. Sangat mendukung meski RAM-nya tetap 128Mb, apalagi seperti yang dijelaskan barusan, Symbian cenderung ringan dalam menggunakan memory dibanding OS lainnya. Kalau kurang, microSD siap memback-up.

Dan di sisi jaringan, X5 tampil perkasa dengan sokongan HSDPA up to 3.6Mbps. Dan tak lupa, ada wi-fi untuk internetan di hotspot. Untuk bluetooth A2DP dan microUSB sepertinya tak perlu dibahas lagi.

Deretan tombol QWERTY di X5 sangat nyaman digunakan, akan mempermudah aksi perpesanan dan mengetik cepat. Semua layanan messaging di ponsel terkini sudah didukung X5.

Untuk browsing, dengan adanya HSDPA dan konektivitas wi-fi, sepertinya TNG™ers yang sering nongkrong di dunia maya tidak perlu khawatir lagi. Browser bawaannya juga tergolong baik dalam menampilkan semua website berbasis HTML, xHTML, maupun WAP. Jika takut boros pulsa, bisa memanfaatkan browser lain. OperaMini, misalnya.

Beralih ke social networking, Nokia X5 menonjolkan segalanya di sisi ini. Selain dipromosikan dengan layanan Nokia Messaging Service (NMS), fitur-fitur yang ada di dalam ponsel ini memang dipersiapkan untuk itu. Ada aplikasi Facebook, Nokia Chat, push-mail, dan client menuju situs jejaring sosial lainnya.

Satu catatan untuk Facebook yang ada di X5, yaitu aplikasi Facebook yang ditanamkan benar-benar real bukan sekadar link menuju situsnya. Dari aplikasi ini, bisa dilakukan upload foto secara langsung, update status, komentar, dan lainnya. Yang paling menarik adalah daftar teman di akun Facebook Anda bisa disinkronkan dengan daftar contact Anda.

Untuk media player Symbian sepertinya tidak perlu dibahas lagi karena mirip dengan review-review sebelumnya. Music player, RealPlayer, dan radio FM pasti ada. Yang penting di X5, dengan layar yang horizontal membuat aksi menonton video cukup nyaman. Sebelum memutar video, pastikan resolusinya tidak terlalu besar untuk diputar di sebuah ponsel.

Dan untuk speaker yang notabene mendukung keperluan entertainment ini, ponsel berdesain slide ini tidak mengecewakan. Dukungan speaker stereo di sisi ponselnya membuat suaranya bisa dikatakan baik.

Bagi TNG™ers yang hobi jeprat-jepret, X5 tampil maksi di antara ponsel-ponsel sejenis di kisaran harga yang sama. Dukungan 5 megapiksel dan LED flash membuatnya bisa diandalkan. Hasil foto pas kondisi lingkungan terang, memiliki komposisi warna seimbang meski tergantung kestabilan tangan sangat meng-shot. Untuk indoor, kualitasnya rata-rata karena tetap dihiasi noise walaupun dibantu lampu LED.

Perekam video di ponsel ini juga tergolong baik. Resolusinya VGA (640×480 piksel), dengan framerate sekitar 15fps. Asalkan saat proses rekam terjaga kestabilannya, video yang dihasilkan tetap dapat dinikmati dengan nyaman.

Seperti yang tadi telah dijelaskan, Nokia X5 dilengkapi aplikasi Facebook for Nokia sebagai akses jejaring sosial. Selain itu, ada aplikasi client lain seperti Twitter, MySpace, dan Hi5. Dan beberapa di antaranya bisa dikoneksikan ke homescreen.

Nokia X5 membawa beberapa aplikasi berguna. Di antaranya adalah: Shazam untuk mengidentifikasi lagu, DJ Playlist untuk membagi genre lagu, OVI store, OVI music, mail, dan lainnya. Sedangkan untuk permainan yang disertakan, ada 4 buah yang siap menemani TNG™ers.

Yang absen di segmen ini adalah GPS, di mana X5 tidak disertakan perangkat GPS reciever internal. Kalaupun memang butuh, Anda bisa membeli perangkat GPS eksternal yang dikoneksikan dengan bluetooth.

Fitur yang disorot dalam ponsel ini secara keseluruhan dan juga menjadi tagline promosinya adalah kehadiran accelerometer dan juga Surprise Me. Dengan fitur ini, Anda cukup memutarkan (spin) ponsel di atas permukaan datar, maka lagu akan diacak dan ketika ponsel berhenti berputar, lagu yang terpilih akan dimainkan. Selain itu, ada juga Message Box. Caranya TNG™ers cukup menekan tombol volume saat kondisi stand by dan guncangkan ponsel, maka X5 akan membacakan berapa jumlah pesan yang unread (belum dibaca).

Nokia X5 dilengkapi baterai BL-5F sebesar 950mAh. Tidak besar memang untuk ponsel jenis ini, apalagi didukung HSDPA, music, wi-fi, dan kamera. Untuk pemakaian standar dan rutin, paling lama sekitar satu setengah harian.

Dan paket penjualannya sendiri termasuk rata-rata. Charger yang disematkan adalah quick charger bertipe AC-6. Dan disertakan juga sebuah kabel microUSB berjenis pendek, dan memory card 2Gb. Sedangkan yang sedikit jadi pertimbangan adalah headset bawaan yang berkualitas sangat standar, yang biasanya disertakan di ponsel low-end Nokia.

Sangat sebanding dengan harga yang ditawarkan. Itulah yang akan dirasakan jika telah memiliki Nokia X5. Dengan harga yang relatif terjangkau, fitur-fitur yang ditawarkan sangat lengkap dan berkelas.

Jaringan HSDPA, wi-fi, social-networking, QWERTY keypad, kamera 5 megapiksel, dan lainnya menjadi andalan di sini. Sangat sesuai untuk kebutuhan TNG™ers yang rata-rata membutuhkan fitur ini. OS terbuka yaitu Symbian juga mempermudah memperoleh aplikasi.

Yang menjadi sedikit ganjalan adalah baterainya yang cenderung kurang tahan jika dipakai terus-terusan. Apalagi bagi yang suka online dan berfotoria di mana saja. (stm/ tng)

  • (+) HSDPA, wi-fi, prosesor kencang, kamera 5 megapiksel, Facebook terintegrasi, multitasking
  • (-) kamera tidak dilengkapi autofokus, tidak bisa videocall, daya tahan baterai kurang

Nokia X5-01

Size 74.3 x 66.4 x 16.9 mm
Weight 129 gr
Network Quadband GSM
Status Available
Display TFT 256k colors, 320×240 pixels, 2.4 inch
Input Method(s) QWERTY keypad
Operating System S60 Symbian 9.3, 3rd Edition, v3.2
Processor ARM11 600Mhz
Internal Memory 200Mb, 128Mb RAM
Slot Memory microSD up to 32Gb
Main Camera 5.0 megapixels, LED flash
Video Recorder VGA (640×480 pixels), 15fps
Secondary Camera No
Media Player Yes, music player and RealPlayer
FM Radio Yes, withRDS
Wi-Fi Yes, 802.11 b/g
Bluetooth Yes, v2.1 A2DP
Infrared No
USB Port Yes, v2.0 microUSB
Data Transfer GPRS class 32, EDGE class 32, UMTS, HSDPA (< 3.6Mbps)
Speakerphone Yes
Audio Jack Yes, 3.5mm
GPS No
Java Yes, MIDP 2.0
Accelerometer Yes
Internet Browser HTML, xHTML, WAP (Symbian web)
Office Support Yes, QuickOffice Lite (viewer)
Game(s) Yes (4)
Other Feature(s)
  • Surprise Me
  • Message Box
  • Text-to-speech
  • Flash Lite 3.0
  • Organizer
  • YouTube
  • Voice recorder
  • Chinese supports
Color Option(s) Silver-Black, Pink
Standard Battery Lithium Ion BL-5F, 950mAh
Sales Package
  • Nokia X5-01
  • Nokia Battery BL-5F
  • Nokia Compact Charger AC-6
  • Nokia Stereo Headset WH-102
  • Nokia 2 GB microSD Card MU-37
  • Nokia Connectivity Cable CA-101D
  • Panduan pengguna

Rp1.800.000,- | █-█-█-█-█-█-█-█-▓-░

©2010. TeNexGen™

Twitter @TeNexGen

3 Responses to “Nokia X5-00, Putar dan Nikmati”

  1. Review Nokia X5: Guncang dan Mainkan! « TeNexGen™ | TheNextGeneration Says:

    […] Nokia X5, Putar dan Nikmati […]

  2. yon Says:

    ^_^

  3. wawa Says:

    trims to info na

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s