Nokia X6-00, Terobosan dan Senjata Baru Nokia

Sebuah amunisi baru kembali diluncurkan Nokia untuk menghadapi persaingan ponsel kelas atas. Dan dengan segmen musik, X6 tampil cukup memikat dan percaya diri.

X6 datang bersamaan dengan adiknya X3, di mana Xseries adalah sebuah seri baru milik Nokia untuk menggantikan varian XpressMusic. X6 tetap hadir dengan desain full touch dan OS anyar milik Nokia sendiri. Bagaimana kemampuan dan daya saingnya?

Tampilan yang sporty dan elegan

DESAIN

Balutan warna putih dan hitam (sesuai pilihan warna), yang sporty dan elegan akan memanjakan mata Anda saat pertama kali melihat rupa X6 ini. Dengan kombinasi warna biru pada dasar putih dan kombinasi warna merah pada dasar hitam, X6 terlihat eksklusif dan khas dengan warna pada ponsel-ponsel musik Nokia.

Desain yang berbeda dari sebelum-sebelumnya, juga berefek pada X6 sehingga nyaman digenggam. Casing yang tampak kokoh dan menawan, tidak akan membuat tangan Anda kaku saat memegangnya. Apalagi di bagian depan layar yang dilapisi layar berjenis capacitive yang anti gores, dengan 3 buah tombol: menu, call, dan end. Semuanya berjenis touch sensitive.

Seperti S60 5th Edition yang lain, di sebelah kanan atas layar terdapat sebuah tombol multimedia berjenis touch sensitive juga. Di mana tombol itu dapat digunakan untuk mengakses music player, web browser, video player, link, dan photo/ video gallery.

Di sisi kiri dan kanan ponsel, seperti biasa terdapat tombol volume, kamera, dan tombol pengunci layar. Tak lupa, sepasang speaker stereo akan hadir menemani musik Anda.

Dan di sisi atas X6 sendiri, terdapat port MicroUSB, charger, tombol power, dan sebuah jack audio 3.5mm. Sedangkan di sisi belakang, X6 memiliki sebuah lensa kamera dan lampu flash.

Tampilan dari sisi depan, kanan, dan belakang

Di sektor desain, X6 bisa dikatakan tampil cukup baik dalam kategori ponsel musik.

USER INTERFACE

Symbian S60 edisi 5 kembali dipercayakan untuk disandang ponsel ini. OS yang sudah cukup lama merajai pasaran ini, kembali hadir dengan nuansa full touch ala 5th edition-nya. Alhasil, tampilannya akan sama dengan ponsel Nokia sejenis. Misalkan 5530 XpressMusic, N97, 5800 XpressMusic, dan lainnya.

Bagian depan yang anti gores

Soal kenyamanan dan kemudahan penggunaan, tentunya X6 sudah tidak asing lagi bagi pengguna setia Symbian. Dari tata letak menu hingga settingannya, semua terlihat identik. Dan salah satu dari kelebihan dari OS ini mungkin adalah ketersediaan software yang sangat melimpah. Apalagi kini sudah banyak tersedia aplikasi 5th edition-nya dengan interface yang unik dan beda.

Dan yang paling baru dari X6 ini adalah jendela interaksinya. Di mana Nokia telah membenamkan touchscreen dengan jenis capacitive, yang dicap sebagian kalangan sangat cocok digunakan dengan jari. Dan dengan kedalaman warna 16 juta, serta berteknologi TFT dan resolusi 360×640 piksel, X6 akan sangat memanjakan Anda di sisi ini. Apalagi ukurannya yang mencapai 3.2 inch, yang sangat apik untuk menonton video.

HARDWARE/ NETWORK

Pilihan warna putih

X6 ini dijalankan pada prosesor ARM11 434Mhz dan RAM 128Mb, yang secara mumpuni sudah cukup mampu menjalankan fungsi dasar sebuah ponsel dan multimedia. Dan meski kalah dengan sebagian kompetitor dan Eseries, tampaknya X6 masih lumayan tangguh dan bisa diandalkan.

Namun hal yang paling diandalkan ponsel andalan baru Nokia ini adalah kapasitas memorinya. Pasalnya, X6 telah dibenamkan memori internal sebesar 32Gb tanpa memori eksternal. Dan bagi sebagian orang, hal ini bagai pisau bermata dua, di mana di satu sisi orang menyukainya karena membuat ponsel cenderung stabil, sedangkan di sisi lain akan menyulitkan orang bertukar-tukar data melalui memory card.

Tombol call, menu, dan end di bagian bawah layar

Earpiece dan kamera sekunder

Di sisi jaringan dan network, X6 juga tampil digdaya. Semua fasilitas dimilikinya, antara lain: HSDPA up to 3.6Mbps, UMTS, EDGE, dan GPRS class 32. Tak lupa juga, X6 dibekali koneksi wi-fi.

Alhasil, X6 tampil sempurna untuk kebutuhan TeNexGen’ers. Semua akses ke blog, jejaring sosial, dan chat dapat ditampilkan dengan cepat dan tangguh. Semuanya bisa bekerja dengan maksimal.

Sedangkan untuk transfer data jarak dekat sendiri, ada bluetooth 2.1 dengan A2DP dan kabel data microUSB yang cepat dan tak perlu diragukan lagi.

MESSAGING/ BROWSING

Untuk sisi perpesanan dan internetan, kembali X6 hadir di atas angin. Semua fasilitas di sini lengkap disediakan. Ada: SMS, MMS, e-mail, dan instant messaging. Bahkan untuk menikmati push-mail, X6 juga didukung oleh Nokia Messaging.

Sisi atas X6

Settingan e-mailnya juga tidak ribet, semuanya sudah tersedia. Saat Anda masuk, akan muncul sebuah wizard yang siap menuntun dan menyetelkan akun-akun di Yahoo, Hotmail, OviMail, dan Gmail.

Web browser Symbian 5th Edition juga hadir lebih. Meski tidak bisa dikatakan paling baik, namun setidaknya sudah di atas browser vendor tetangga milik Kanada. Hal ini dikarenakan browser di S60 v5 ini sudah mendukung tampilan flash (swf).

Dan untuk input data, baik saat mengirim pesan, e-mail, dan browsing, X6 hadir dengan tombol virtual. Ada pilihan alphanumeric dan full QWERTY yang berubah secara otomatis saat memutar posisi ponsel. Semuanya hanya dapat diakses dengan jari. Dan saat input dalam bahasa Mandarin, X6 menyediakan handwriting recognition dalam format full screen.

MULTIMEDIA/ CAMERA

Kamera 5 megapiksel

Xseries, mungkin akan bersegmentasi di multimedia, terutama musik. Dan ini akan dicoba dan dibuktikan oleh X6 ini, karena sudah terlihat dari deretan fitur pendukung multimedia yang komplit dan canggih.

Saat mencoba music player, tampilan yang apik dengan penyortiran ID3 tag yang lengkap akan memudahkan kita saat menggunakannya. Speaker stereo yang terdapat di sisi kiri dan kanan ponsel juga terdengar baik dan kencang. Dan headset bawaannya juga termasuk berkualitas dengan suaranya yang seimbang.

Masih kurang? Gantilah headset bawaan Anda dengan yang lebih baik yang banyak tersedia di pasaran. Misalkan merk Sennheiser. Hampir semuanya kompatibel asalkan berjack 3.5mm, standar perangkat musik.

Music player

Dan salah satu yang juga bisa diunggulkan di X6 adalah kemampuan player videonya. Walaupun belum support file DivX atau XviD, namun performanya lumayan bagus. Dengan layar berformat widescreen dan resolusi yang tinggi, video dapat ditayangkan cukup halus dengan kejernihan yang tajam.

Dan satu lagi, kamera adalah salah satu fitur kunci di X6. Kemampuannya bisa dikatakan di atas rata-rata. Dengan resolusi 5 megapiksel, X6 juga dibekali optik Carl Zeiss dan lensa Tessar. Autofokus dan dual LED flash juga siap menemani aksi jeprat-jepret Anda. Hasilnya, lumayan memuaskan. Foto outdoor tampil dengan tone yang seimbang dan warna yang realistis, sedangkan foto indoor juga terlihat bagus meski kadang-kadang tetap dihadiri sejumlah noise.

Perekam video sendiri juga relatif baik. Kehadirannya mampu menciptakan video berukuran 640×480 piksel (VGA) dengan framerate hingga 30fps. Dan hasilnya di atas rata-rata dan tidak ada yang aneh di sini.

Dan jika membahas tentang kamera, X6 juga dilengkapi kamera sekunder. Fungsi utamanya adalah untuk video call. Namun dapat digunakan juga untuk berfoto dan merekam video. Meski dengan resolusi dan kekuatan yang lebih rendah.

APPLICATION/ OFFICE/ GPS

Ponsel musik tidak selalu membanggakan sisi musikalnya saja. X6 hadir dengan serangkaian aplikasi yang menarik ala Symbian. Misalkan: RealPlayer, FM Radio, Organizer, layanan social-networking, chatting, dan lainnya. Tak terkecuali aplikasi QuickOffice untuk membaca dokumen Word, Excel, dan PowerPoint. Saat default, X6 hanya terdapat viewer. Dan untuk membuat dokumen baru dan mengedit, Anda wajib membeli lisensinya.

Di X6 tetap hadir sejumlah games yang variatif, misalkan Asphalt4. Anda dapat memanfaatkan accelerometer untuk memainkannya. Accelerometer yang ada di X6 juga dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh berbagai pengembang untuk membuat aplikasi, misalkan Seismograph yang dapat Anda unduh di internet.

Untuk sistem navigasi, X6 menghadirkan GPS internal yang didukung OviMaps 3.0. GPS itu dapat Anda gunakan untuk memandu perjalanan Anda. Tak terkecuali fitur Assisted-GPS (A-GPS).

Box penjualan

BATTERY/ SALES PACKAGE

X6 dilengkapi dengan sebuah baterai yang cukup besar kapasitasnya, yaitu Li-Ion 1320mAh. Sama dengan kakaknya 5800 XpressMusic, yang notabene adalah pelopor ponsel full touch dan S60 5th Edition dari Nokia.

Dan baterai itu cukup ampuh untuk mempertahankan kehidupan sejumlah fitur boros milik X6 seperti HSDPA, wi-fi, GPS, kamera 5 megapiksel dengan flash, layar yang jernih, dan lain-lain. Untuk pemakaian standar, X6 bertahan hingga 2 – 3 hari.

Sedangkan untuk paket penjualannya, X6 sudah lebih efisien dan tidak jor-joran. Ada paketan standar ditambah sebuah kabel USB (CA-101), headset stereo dengan penutup telinga (WH-500), dan mini DVD.

KESIMPULAN

X6 akan menjadi daya tarik baru bagi penggemar ponsel musik Nokia. Dan Anda mungkin salah satunya. Berbagai fitur unggulan digadang-gadangkan untuk menarik perhatian, termasuk kamera, musik, capacitive touchscreen, dan lainnya. Namun kehadirannya mungkin akan bersaing ketat dengan semakin banyaknya ponsel sejenis dengan harga setara. Namun membeli nama besar Nokia, juga bukanlah hal yang salah. Karena pilihan tetap berada di tangan Anda. (stm/ tng)

SPESIFIKASI

  • Ukuran: 111 x 51 x 13.8 mm, 122 gr
  • Network: Quadband GSM, UMTS, HSDPA
  • Status: Belum diketahui
  • Layar: TFT capacitive touchscreen 16 juta warna, 360×640 piksel, 3.2 inch
  • Input: Full touchscreen (virtual alphanumeric dan full QWERTY)
  • Sistem Operasi: Symbian 9.4, S60 5th Edition
  • Prosesor: ARM 11, 434Mhz
  • Memori: RAM 128Mb, Internal 32Gb
  • Slot Memori: Tidak
  • Kamera: 5.0 Megapiksel, Carl Zeiss optics, autofocus, dual LED flash
  • Video Recorder: VGA (640×480 piksel), up to 30fps
  • Kamera Sekunder: Ya. Untuk videocall, foto, dan video
  • Media Player: Ya. RealPlayer, music player
  • Radio FM: Ya. Stereo dengan RDS
  • WLAN: Ya. Wi-Fi 802.11 b/g, UPnP technology
  • Bluetooth: Ya. v2.0 + Enhanced Data Rate dan A2DP
  • Inframerah: Tidak
  • Port USB: Ya. MicroUSB v2.0
  • Transfer Data: GPRS class 32, EDGE class 32, 3G, 3.5G
  • Speakerphone: Ya
  • Jack Audio: Ya. 3.5 mm dengan fungsi TV-out
  • GPS: Ya. Dengan A-GPS dan OviMaps 3.0
  • Java: Ya. MIDP 2.1
  • Browser Standar: WAP2.0, xHTML, HTML, RSS feeds
  • Tambahan: QuickOffice, PDF Reader, games (3), photo editor, Live Messenger, Flash Lite 3.0, Contacts on Ovi, Nokia Video Centre, accelerometer, dan lainnya
  • Baterai Standar: BL-5J, Li-Ion 1320mAh

UPDATE

Nokia Indonesia hanya menyediakan versi 16Gb di pasar Indonesia.

HARGA

+/- Rp3.850.000,-

24 Responses to “Nokia X6-00, Terobosan dan Senjata Baru Nokia”

  1. pleo Says:

    6jt?mnurut gw msh mahal untuk hp dg ARM 434…

    • TeNexGen Says:

      Terima kasih atas pertanyaan Anda.

      Namun sebelumnya, harga Rp6juta pada Nokia X6 masih belum pasti.
      Harga tersebut hanya dipatok oleh toko yang duluan menjual dari stok luar negeri.
      Jadi tunggu aja harga officialnya, thanks. CMIIW

  2. nha Says:

    kpn nokia x6 masuk ke indonesia????
    trus yang edisi 16GB kpn????

    • TeNexGen Says:

      Belum ada informasinya secara pasti. Namun sudah ada beberapa toko yang mengimpornya dari luar negeri, meskipun tanpa garansi resmi.

      Perkiraan masuknya pada semester pertama tahun ini.
      Nantikan saja, dan kami akan memberi informasi kepada Anda.

      Terima kasih atas pertanyaannya.

  3. Erwin, Samarinda Says:

    Nokia x6 32gb pasti keluar di Indonesia kan?
    Pada awal bulan Mei ini, yg saya temukan hanyalah versi 16gb.
    Saya tidak puas dg versi 16gb.
    Kira-kira, versi 32gb pasti keluar bulan ke berapa?
    Soalnya saya sangat mengincar x6 versi 32gb.

    • TeNexGen Says:

      Belum bisa dipastikan untuk marketing Nokia Indonesia.
      Namun sejauh pengamatan kami, sepertinya belum dan tidak akan ada versi 32Gb mengingat ini dapat mengkanibal pasar N97 sendiri.
      Terima kasih.

  4. yoyo Says:

    saya pgn nanya..dmana ya toko y jual nokia x6 warna biru-putih..soalnya di sentra ponsel belum ada

  5. echa Says:

    ehhm….harganya tuch hampir menyentuh langit n bkin orank yg menengah bawah mndadk masuk UGD krn kget liat hrgnya
    trunin dunk hrgnya min 2jt kbwh dueh
    ookk
    tuch pzti bkin tc hp laku

    • TeNexGen Says:

      Soal harga yang ketinggian, pada awal kemunculannya yang menyentuh Rp4.6juta memang sangat tinggi.
      Namun sekarang sudah turun, hingga mencapai Rp4.100.000,- sehingga cukup rasional mengingat dipaket dengan layanan Comes With Music, di mana kita dapat download lagu secara gratis hingga 3.000 lagu.

      Terima kasih atas komentarnya.

  6. Andika Says:

    bagusan mana nokia x 6 dengan nokian N97 mini??dan lbih cocok klu kita pakai mana?krna aq suka hp yang ada you tube nya..
    Trus apa toucscern yg dipunyai x6 sudah setara dngn iphone??
    trims..

    • TeNexGen Says:

      Kedua-duanya sama-sama bersegmen untuk anak muda yang dinamis.

      Nokia N97mini dapat dipilih jika kita sering messaging dengan keyboard dengan syarat lebih mahal, ataupun X6 yang menggunakan touchscreen capacitive.
      Nokia X6 sudah menggunakan touchscreen capacitive yang sejenis dengan layar iPhone.

      Terima kasih.

  7. fahriza Says:

    saya menggunakan x6 udah 1 minggu knapa baterainya boros? Dan jika menggunakan kondom hp semakin boros tidak digunakan aplikasi musik dan kamera baterai hanya mampu bertahan 1 hari, kondom hp dilepas baterai kuat untuk 2 harian bisa kenapa bisa begitu?

    • TNG™ Admin Says:

      Wah, kok bisa begitu ya?
      Jarang sekali ada silikon atau ‘kondom’ ponsel yang mempengaruhi kinerja baterai.
      Mungkin efek panas baterai atau sinyal yang terganggu oleh ‘kondom’ tersebut.

      Solusinya coba ganti dengan penutup ponsel yang lain, semisal hardcase.
      Atau jika bermasalah, lakukan klaim ke Nokia Care.

  8. kilua Says:

    manteb nh hp,dh fallin in luv ma nh hp,awalny sh ngincer 5800xm.
    neh lagi ngelakuin update fw ke 21.xxxx.xx pake NSU.
    jadi ga sabar nunggunya, ^_^
    ada koleksi software” yg full ga bro?
    mls klo trial

    • TNG™ Crew a1 Says:

      Wah, untuk sementara kami belum bisa menghadirkan koleksi software nih.
      Maklum karena kekurangan pengurus di blog TNG™ sehingga beberapa waktu terakhir kurang up-to-date. Ada yang berminat? :)

  9. kilua Says:

    bro,wa dh update fw 21 0004 gt dh, kabarnya deh bisa swipe buat unlock phone.tapi nemuinnya dimana y?wa ga bisa nemuin tuh aplikasi.
    bisa bantu ga?

  10. kilua Says:

    klo swipe yg 3rd party sh wa tau bro.
    wa baca di changelog ny fw 21.0.004, salah satunya fitur swipe ui.
    nah wa udeh update ke fw baru tapi kok ga nemu tuh fasilitas, bgitu bro.
    kale aja tau, kok bisa begono? :)

    • TNG™ Crew a1 Says:

      Fitur ini bukannya memungkinkan kita menggunakan ponsel dengan mengusap di user interfacenya.
      Sepertinya tidak perlu dicari, namun coba dipraktekkan langsung.

      Mohon koreksi jika memang salah.
      Terima kasih :)

  11. cwecantik Says:

    aq dh pke x6 kira” sbulan yg lalu..
    kok batrenya cman tahan sejam yagg? hbis buat sms kok layarnya jdii putih ga jelas gt.. tpi bisa buat trima tlepon..
    pdhal kand belinya 4 jt’an di dealer resmi nokia…
    msa ia palsu???
    uda gt buat fto” gmbarnya jdi jlek…. pdahal kand aq cantikk…
    teuz gmna eaa?????

    • TNG™ Crew 02-e Says:

      Lakukan update firmware ke versi mutakhir. Gangguan seperti ini biasanya karena versi firmware (software pada ponsel Anda) yang belum stabil.
      Untuk solusi termudah, bawa ke pusat pelayanan Nokia terdekat dan gratis selama masih dalam masa garansi.
      :)

  12. wahyudi Says:

    X6 8gb Ada tidak dokumen officer (work,exel)
    Hrga oktober skrng kena berapa?

  13. sun ardi Says:

    cara mendapatkan quickoffice untuk x6 bagaimana..?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s