Samsung S3650 Corby, Si Touch dengan Casing Cantik

Untuk menghadapi gempuran ponsel ber-merk lokal yang “BB look like” di segmen mid-low dengan harga murah-meriah, Samsung meluncurkan duo Corby yang sangat atraktif dengan harga terjangkau. Dan bagaimana performance-nya?

Kali ini, TeNexGen akan me-review versi touch. Di mana versi touch memiliki harga yang lebih mahal sekitar Rp200ribu-an, dan memiliki beberapa fitur yang tidak ada di versi TXT-nya.

Samsung Corby Touch

DESAIN

Memiliki desain yang serupa dengan versi QWERTY-nya, membuat Corby Touch sekilas terlihat sama. Dengan casing belakang yang berwarna-warni dan bisa diganti sesuai pilihan, yang identik dengan XpressOnCover-nya Nokia. Dan di sini, Samsung menyebutnya dengan fashion jacket.

Meski begitu, hal yang paling terlihat berbeda adalah bagian depannya. Dengan mode interaksi layar sentuh, bagian depan Corby hampir mulus dan ditutupi oleh layar 2.8 inch, kecuali di salah satu sisinya yang terdapat tombol call dan end, serta navigasi.

Di sisi kiri dan kanan, seperti biasa, terdapat tombol volume, kamera, slot microSD, dan port charger/ kabel data. Sedangkan di sisi belakang, terdapat lubang kamera dan speaker di bagian bawahnya.

USER INTERFACE

Karena bernama Corby Touch, otomatis semua interaksi dengan ponsel ini mengandalkan layar sentuh capacitive-nya yang beresolusi 240×320 piksel. Tergolong standar memang, karena memang tidak bisa dibandingkan dengan ponsel high-end. Dan meski begitu, LCD berjenis capacitive yang digunakan Corby ini sudah terkenal akrab dengan sentuhan jari. Alhasil, kita tidak perlu menekan layar.

Meskipun capacitive, namun memang bagi sebagian orang ada yang menanggapnya sebagai suatu kelemahan. Mengapa? Karena layar jenis ini sama sekali tidak mengenali sentuhan benda lain. Jadi kita akan kesulitan menggunakannya di saat memakai sarung tangan. Juga, kita akan kesulitan menyentuh tombol yang kecil secara akurat karena tidak bisa memanfaatkan stylus.

Di sisi lain, Corby mengandalkan OS tertutup di mana semua aplikasi yang terpasang di dalamnya hanya ber-platform Java. Meski tidak begitu masalah, namun bagi sebagian orang akan merasa kesulitan dengan keterbatasannya.

UI yang terdapat di sini juga sangat kental dengan aroma Samsung. Tampilan menunya grid berformasi 3×4. Namun yang paling unik adalah hadirnya touchWIZ dan cartoon UI, di mana layar siaganya dapat dijejali dengan berbagai widget atraktif dan tampilannya dapat berubah menjadi animasi-animasi kartun.

Tampilan Menu

HARDWARE/ NETWORK

Meski hadir dengan harga Rp1.7jutaan, kenyataannya ponsel berdimensi 103 x 56.5 x 12 mm ini tidak dilengkapi jaringan 3G seperti yang digembar-gemborkan vendor lain. Jaringan yang digunakannya sebatas GPRS dan EDGE class 10. Meskipun sudah relatif cukup jika hanya browsing dan chatting.

Di sisi lain, hardware yang diusung pun relatif biasa untuk kategori harga segitu. Casing masih dibalut plastik keras yang mengkilat. Sedangkan kamera pun hanya 2.0 megapiksel, dan tanpa fitur pendukung. Speakernya juga tidak segarang ponsel musik lain.

Cartoon UI

Selain itu juga, Corby ini tidak dilengkapi jack audio 3.5 mm seperti CorbyTXT dan port charger, data, dan audio pun digabung menjadi satu. Akan sangat merepotkan jika digunakan untuk charge, mendengar lagu, dan transfer data secara berbarengan.

Untung saja, slot microSD tidak dilupakan. Slot ini dapat menampung hingga 8Gb yang dapat dibeli secara terpisah.

MESSAGING/ INTERNET

Corby S3650 ini memiliki layanan messaging yang lumayan lengkap. Ada SMS, MMS, dan e-mail. Semuanya tampil seperti layaknya handset lain. Metode pengetikannya pun mengandalkan tombol virtual. Tetapi, yang sangat disayangkan sekali adalah tidaknya adanya pilihan berupa tombol QWERTY virtual, sehingga jika ingin mengetik kita hanya mengandalkan alphanumeric virtual biasa.

Widget "MySpace"

Di sisi internet, Corby dapat sedikit unjuk gigi. Meski kecepatannya standar, namun browsernya lumayan dapat diandalkan. Web-kit berbasis Dolphin Browser itu mendukung flash dan one-finger zoom.

Selain itu, akses jejaring sosialnya bisa dikatakan baik. Pasalnya, ini bukan seperti hp lokal yang hanya menyediakan client menuju link mobile jejaring sosial tersebut, melainkan aplikasi yang terintegrasi dengan widget dan live-updates.

MULTIMEDIA/ CAMERA

Semestinya, sebagai ponsel generasi berikutnya ‘TeNexGen’, fitur multimedia harus diutamakan. Hal itu disebabkan oleh hampir semua ‘TeNexGen’ yang rata-rata “entertainment-minded”, di mana kebutuhan hiburan dan multimedia sangat penting.

Menyadari itu, Samsung berupaya tampil semaksimal mungkin dengan hadirnya music player, video player, dan radio FM stereo. Semuanya bekerja tanpa kendala berarti.

Metode input berupa virtual alphanumeric, tanpa QWERTY

Corby Touch ini juga disematkan kamera 2.0 megapiksel dan teknologi smile-detection. Teknologi itu memungkinkan kamera mengambil gambar jika terjadi senyuman. Sayangnya, fitur smile detection tidak dilengkapi dengan fitur kamera professional lain, semisal autofocus dan flash. Alhasil, untuk pemotretan indoor, lagi-lagi kurang maksimal. Sedangkan untuk foto outdoor, hasilnya tertampil jernih sesuai kenyataannya.

Sedangkan di sisi video recorder, hp ini mampu menciptakan file mp4 dengan resolusi rata-rata 15 frames per second, dan resolusi QVGA (320×240 piksel). Dan saat di-play hasilnya di layar, terlihat cukup mulus.

APPLICATION/ GAMES

Dan sekali lagi, karena Corby bukan smartphone dengan OS terbuka, maka aplikasi yang bisa dan terinstall di dalamnya hanya berbasiskan Jav MIDP. Dan semuanya sangat mudah dicari di pasar software, baik game maupun aplikasi pendukung lainnya.

Semua organizer dan fitur-fitur standar Samsung ada di dalamnya, termasuk privacy lock yang memungkinkan kita dapat memproteksi file, kontak, sms, dan lainnya dengan password.

Homescreen plus widget

BATTERY/ SALES PACKAGE

Untuk mendukung kewajibannya sebagai ponsel anak muda yang suka multimedia dan internetan, Samsung Corby dilengkapi baterai standar Lithium-Ion berkapasitas 960mAh. Tidak besar memang, dan tidak dapat juga dikatakan kecil. Dan untuk pemakaian standar, bertahan hingga 2 hari.

Untuk paket penjualannya sendiri, Samsung terkesan cukup pelit. Pasalnya kita hanya diberi aksesoris standar dan fashion jacket. Tanpa adanya kabel data ataupun microSD.

KESIMPULAN

Melihat trend ponsel touchscreen saat ini, rasanya Corby Touch ini layak dijajal karena tidak terlalu “mahal”. Dengan desain atraktif dan relatif mungil, rasanya ini sangat cocok bagi TeNexGen. Namun sayangnya, masih terdapat keterbatasan di berbagai sektor, seperti kamera, metode input yang non-virtual QWERTY, serta ketidakhadiran 3G. (stm/ tng)

SPESIFIKASI

  • Ukuran: 103 x 56.5 x 12 mm, 90 gr
  • Network: Quadband GSM
  • Status: Tersedia
  • Layar: TFT capacitive touchscreen 262.144 warna, 240×320 piksel, 2.8 inch
  • Input: Touchscreen dengan tombol alphanumeric virtual
  • Sistem Operasi: Samsung
  • Prosesor: –
  • Memori: Internal 50Mb
  • Slot Memori: microSD up to 8Gb
  • Kamera: 2.0Megapiksel
  • Video Recorder: QVGA 15 fps
  • Kamera Sekunder: Tidak
  • Media Player: Ya
  • Radio FM: Ya. Stereo dengan RDS
  • WLAN: Tidak
  • Bluetooth: Ya. v2.0 dengan A2DP
  • Inframerah: Tidak
  • Port USB: Ya
  • Transfer Data: GPRS class 10, EDGE class 10
  • Speakerphone: Ya
  • Jack Audio: Port standar
  • GPS: Tidak
  • Java: Ya. MIDP 2.0
  • Browser Standar: HTML, xHTML, WAP2.0
  • Tambahan: T9, Organizer, Music Recognition, Social Networking Integration, dan lainnya
  • Baterai Standar: Li-Ion 960mAh

HARGA

+/- Rp1.630.000,-

5 Responses to “Samsung S3650 Corby, Si Touch dengan Casing Cantik”

  1. stainless tanks Says:

    Untuk awal bulan ini apakah harganya masih tetap?

    • TeNexGen Says:

      Terima kasih untuk pertanyaan Anda.
      Untuk update harga per Januari 2010, diperkirakan masih berada di kisaran Rp1.600.000 – Rp1.650.000,-
      Tidak ada perubahan berarti.

  2. shizu chan Says:

    ae ak blh minta data2 tentang corby s3650,kirim ke e-mail aja. Terimaksih

    • TeNexGen Says:

      Data-data tentang apa ya?
      Mohon maaf kami tidak bisa mengabulkan keinginan Anda, namun kami tetap akan memberikan yang terbaik kepada Anda.

      Terima kasih atas komentarnya.

  3. irvan pratama Says:

    kalo chasing dpan it bisa d ganti gak yaa ???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s