Samsung S5620 Monte, Ponsel Menengah Desain Mewah

Samsung terus berpartisipasi dan meluncurkan berbagai ponsel menengah untuk mendominasi segmen ini. Tak main-main, dengan harga yang relatid terjangkau, Samsung Monte mencoba menawarkan fitur premium.

Tak main-main, Samsung menelurkan S5620 Monte. Dengan harga Rp1jutaan, berbagai fitur premium dijajalkan ke dalamnya. Dan bagaimana performanya secara keseluruhan?

Dominasi layar, itulah yang mewarnai dan sudah biasa terlihat di ponsel full touch seperti Monte. Dengan warna hitam-legam, Monte mencoba untuk tampil elegan, mewah, dan nyaman dipandang.

Bagian depan, ada tiga buah tombol fisik yang menemani layar touchscreen capacitive miliknya. Di sudut kiri atas ponsel, juga dijumpai sebuah kamera sekunder yang siap diajak videocall. Di bagian belakang, ada sebuah cover baterai dengan material plastik mengkilat, serta dengan sebuah corong kamera.

Sisi kiri ponsel, ada sepasang tombol volume. Sedangkan di sisi kanan, ada slot microSD, tombol lock, dan juga tombol kamera. Sedangkan jack audio 3.5mm dan port microUSB dapat dijumpai di bagian atas ponsel.

Secara keseluruhan, Samsung S5620 ini tidak memiliki masalah dan keanehan di sisi desain. Semuanya tampil baik dengan sentuhan-sentuhan premium yang sesuai dengan slogannya.

Jangan mengharapkan ada OS terbuka di sini. Monte hanya disematkan OS milik Samsung dengan user interface TouchWIZ UI. Kemampuan menampilkan aneka widget pilihan dapat ditemukan di homescreen.

Di jendela antarmuka sendiri, Samsung memberikan layar sentuh TFT 256k warna dengan resolusi 240×400 piksel. Luas layarnya sendiri adalah 3.0inch yang enak diajak berinteraksi. Jenis capacitive yang disandangnya turut mempernyaman akses melalui jari.

Menu utamanya dibagi menjadi 3 halaman yang dapat digeser ke kanan dan kiri. Sejumlah fitur-fitur social networking sudah ditempatkan di menu utama berupa icon-icon tersendiri. Ada Facebook, MySpace, dan juga Community yang memuat link ke situs sejenis lainnya.

Sejauh ini, penggunaan dari UI jenis ini tidak begitu membingungkan. Semua yang pernah menggunakan ponsel pasti akan langsung memahaminya. Menu-menunya pun relatif sederhana.

Samsung Monte dibekali desain luar yang apik, meskipun di dalamnya tidak diketahui dengan jelas. Tidak tertera berapa dan apa jenis prosesor yang disematkan, juga RAM yang ada. Namun sepertinya memang tidak banyak karena Samsung Monte pun tidak mendukung multitasking sejati.

Di kapasitas ruang penyimpanan, Monte dapat dibanjiri file-file hingga 200Mb di memory internal. Cukup besar. Jika dirasakan kurang, ada ruang penyimpanan tambahan berupa microSD yang dapat diupgrade hingga 16Gb.

Nah, untuk segmen network, Monte hadir lebih perkasa. Ada jaringan HSDPA untuk internetan broadband via jaringan operator. Untuk kemampuan optimal, sesungguhnya HSDPA yang ada pada Monte dapat berjalan hingga kecepatan 3.6Mbps.

Jika mau hemat pulsa, apalagi jika ingin gratisan, Monte memiliki konektivitas WLAN atau wi-fi. Nongkrong di cafe, break di kampus, atau istirahat di sekolah ala TNG™ dapat menjadi menyenangkan, terutama tempat-tempat tersebut kini rata-rata telah memiliki akses free hot-spot.

Sedangkan untuk transfer file, Monte menyertakan bluetooth versi 2.1 yang memungkinkan transfer suara stereo (A2DP). Transfer file dapat dilakukan dengan cara seperti ponsel kebanyakan tanpa banyak ribet. Untuk konektivitas ke PC sendiri, ada microUSB versi 2.0.

SMS/ MMS/ e-mail/ dan instant messaging, inilah fitur yang tercantum di spesifikasi dasarnya. Pada dasarnya, semua bis a berjalan dengan baik. Dukungan karakter saat SMS juga tidak “hanya” 160 karakter.

Hanya saja, mungkin yang bisa menjadi kritik dan saran di sisi ini adalah tidak tersedianya tombol virtual QWERTY. Dan untuk pengetikan, tidak ada options bentuk keyboard yang lain seperti Nokia. Alhasil kita hanya mengetik melalui tombol alphanumeric-nya. Lumayan lelah jika harus mengetik dalam jumlah yang banyak, meskipun tergantung kebiasaan pemakai juga.

Nah satu lagi, karena layar sentuh Monte menggunakan jenis capacitive yang hanya bisa diakses dengan kulit jari, maka fitur pengenal tulisan tangan (handwriting recognition) seperti di ponsel-ponsel touchscreen lain juga tidak ditemukan.

Dan beralih ke internet. Samsung Monte sudah memiliki browser yang lumayan, meski tidak mendukung flash. Kemampuannya membuka situs berita semisal detik.com, okezone.com, dan lainnya sudah berjalan dengan lancar. Terlebih jika operator yang TNG™ers gunakan memiliki akses internet stabil, dan syukur-syukur dapat menangkap sinyal HSDPA.

Untuk chatting, bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Namun sekali lagi, absennya tombol virtual QWERTY mungkin bisa menjadi sedikit ganjalan.

Multimedia pada ponsel layar sentuh biasanya dikatakan apik terutama di video player. Ini dikarenakan layar yang lebar mempermudah dan membuat aksi nonton video semakin sempurna.

Monte membawa player yang apik. Pemutar musiknya tampil dengan layar penuh yang dapat menampilkan album art. Penggolongan lagu juga memungkinkan pemisahan berdasarkan artis, album, most played, dan sebagainya. Untuk pengaturan audio, ada sound effect yang lebih dikenal dengan equalizer. Serta ada juga background playing untuk memutar lagu di latar belakang sambil mengakses fitur lain.

Selain itu, tak lupa masih ada video player dan radioFM. RadioFM-nya relatif rata-rata dan wajib menggunakan headset untuk menjalankannya karena berfungsi sebagai antena. Nah, sedangkan video playernya mendukung file mp4, 3gp, dan format-format mobile lainnya, Tidak ada format DivX dan kawan-kawan.

Hanya saja yang paling menjadi kendala, beberapa kasus menemukan bahwa video player Monte hanya mendukung format QVGA (320×240 piksel). Jika lebih, semisal VGA (640×480), akan muncul tulisan failed atau gagal. Sangat disayangkan mengingat layarnya yang lebar seharusnya mendukung resolusi lebih.

Untuk kamera, kemampuan 3.2 megapiksel bisa mengakomodir gaya-gaya spontan yang muncul di kalangan TNG™ers. Tanpa autofokus dan flash, hasilnya masih optimal di objek yang terang. Walau begitu, Monte dapat mengenali senyuman objek foto melalui smile detection dan juga wajah kita dengan face detection.

Sama dengan player video, kamera Monte hanya mampu merekam video dengan resolusi maksimal QVGA dan framerate 15fps. Sebagai bandingan, beberapa ponsel touchscreen sejenis di rentang harga yang sama, mampu merekam dengan resolusi VGA dan framerate 30fps yang dipastikan lebih baik dari ini.

Untuk berinteraksi di situs social-network, ada aplikasi Community. Fungsinya hampir sama dengan Communities milik Nokia, di mana di dalam aplikasi ini Anda dapat melakukan hubungan ke Facebook, Twitter, Bebo, MySpace, dan Flickr. Untuk penggunaan sendiri, ada widget live yang dapat dipasang di homescreen. Cukup berguna.

Selain itu, masih banyak aplikasi dasar, semisal organiser. Dan jika kurang, Anda dapat menambahkan aneka aplikasi dan game Java. Salah satu referensi adalah ke Samsung Apps Store, yang mirip dengan Apps Store milik Apple dan OVI store milik Nokia. Untuk informasi, aplikasi yang diinstall hanya bisa ditempatkan di memory internal.

Untuk GPS, Samsung Monte diberi Google Maps versi 3.0. Dengan dukungan Assisted-GPS (A-GPS), Anda dapat mencari lokasi keberadaan lebih cepat dengan informasi dari jaringan selular. Tapi jika dijajal kemampuannya, mungkin untuk kategori mobile phone, OVI maps dan Garmin masih sedikit lebih baik di atas ini.

Sedangkan office-nya, ponsel ini dapat membuka file-file Office. Hanya saja, tidak ada kemampuan untuk mengeditnya. Dan di dalam ponsel, telah disisipkan 5 games Java yang siap menghibur di kala senggang.

Untuk paket penjualan, Samsung membawa paketan standar. Ada handset, baterai, charger, buku panduan, kartu garansi, headset, dan kabel data. Tidak ada kartu memori yang dibenamkan. Namun karena jenis yang universal berupa microSD, tidak perlu dipermasalahkan karena selain mudah didapat, harganya juga murah.

Satu lagi, tidak ada installer CD. Maklum dan bisa dilihat karena ponsel-ponsel zaman sekarang sudah tidak lagi menyediakan. Selain efek limbah, mungkin CD juga tidak up-to-date. Dan apalagi akses internet yang mudah membuat kita siap mengunduh kapan saja.

Baterai sendiri berjenis Lithium Ion 1000mAh. Cukup standar apalagi dengan fungsi HSDPA, wi-fi, dan GPS yang menyedot daya. Untuk pemakaian standar dapat bertahan untuk lebih-kurang 2 hari.

Desain yang menarik, fitur yang menawan. Alhasil, ponsel ini layak untuk dijajal. UI yang dilengkapi aneka widget serta kemampuan social-network yang memadai. Sangat cocok untuk TNG™ers.

Kemampuan internet juga cukup wah dengan HSDPA dan wi-fi. Hanya saja, kurang maksimalnya sisi multimedia seperti kamera dan video player yang terbatas, juga patut dipertimbangkan. (stm/ tng)

Plus

HSDPA dan wi-fi

Google Maps (GPS)

Desain yang elegan

TouchWIZ UI

Minus

Pemutar video terbatas

Tidak ada tombol QWERTY virtual

Belum multitasking sejati

  • Ukuran: 108.8 x 53.7 x 12.4 mm, 92 gr
  • Network: Quadband GSM
  • Status: Tersedia
  • Layar: TFT 262 ribu warna, 240×400 piksel, 3.0 inch
  • Input: Full touch (alphanumeric mode)
  • Sistem Operasi: Samsung
  • Prosesor: (tidak terdeteksi)
  • Memori: Internal 200Mb
  • Slot Memori: microSD up to 16Gb
  • Kamera: 3.2Megapiksel, smile detection, face detection
  • Video Recorder: QVGA (320×240 piksel), 15fps
  • Kamera Sekunder: Ya
  • Media Player: Ya, video player dan music player
  • Radio FM: Ya. Stereo dengan RDS
  • WLAN: Ya. Wi-Fi 802.11 b/g
  • Bluetooth: Ya. v2.1 dengan A2DP
  • Inframerah: Tidak
  • Port USB: Ya, microUSB v2.0
  • Transfer Data: GPRS class 10, EDGE class 10
  • Speakerphone: Ya
  • Jack Audio: Ya. 3.5 mm
  • GPS: Ya, with A-GPS (Google Maps)
  • Java: Ya. MIDP 2.0
  • Browser Standar: Dolfin 1.5 (WAP2.0, xHTML, HTML)
  • Tambahan: Community, TouchWIZ UI, Instant Messaging, games (5), Google Maps, photo editor, organiser, dan lainnya.
  • Baterai Standar: Li-Ion 1000mAh

+/- Rp1.920.000,- | ●●●●◌

9 Responses to “Samsung S5620 Monte, Ponsel Menengah Desain Mewah”

  1. bravo Says:

    APAKAH OS BADA SAMSUNG BISA APLIKASI OFFICE…MOHON INFORMASINYA TRIMAKSIH..

  2. Taufiq Yudiantara Says:

    saya pernah mencoba mengedit dan memasukkan lagu format MP3 di kpmputer kantor, nanmun tidak terdeteksi. satu lagi saya coba koneksi internet lewat Wi-fi tetep idak terkoneksi . mohon satan dan masukkannnya…

  3. Eka Putra Says:

    saya coba download game di samsung apps, terus diminta untuk mengirim sms ke 3230 dengan kode game yang telah diberikan, tapi begitu ada balasan yang keluar alamat URL, pas dibuka katanya hp saya tidak mendukung untuk game tersebut, padahal saya pake samsung monte. dan pulsa saya juga sudah terpotong rp 10.000, mohon pencerahannya.

  4. herayati Says:

    bisa engga di masukin aplikasi android nya ?

  5. baliboy Says:

    bagaimana cara mnampilkan sms k folder menu?

  6. agoes1922 Says:

    upgrade ke android kira” bisa nga????

  7. Safri Ardiyanto Says:

    Ada Grup Fb Yang Tentang Samsung Monte ga,,Soalnya pas cari cari di internet trus saya nemu tuh web,Trus Ada link Komunitas Samsung,saya klik tapi setelah di klik muncul tulisan Halaman tidak ditemukan,
    Mohon di jawab!
    Kirim lewat email ya,jika boleh
    nih email ku meci322@gmail.com & 0838 638 574 57

  8. Elfin Wahyudi Says:

    saya pengguna samsung monte ,mau tanya sama semua nya ,kenapa sih setiap saya download apa saja respon nya “tidak ada tanggapan” begitupun mengakses samsung apps ,respon nya sama saja ..
    yang tau tolong kasih tau ya ,mksh ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s