OperaMini 5, Si Mobile-Browser Mini dengan Kemampuan Maksi

Update! OperaMini 5 Final

Siapa sih yang tidak mengenal OperaMini di handphone-nya? Apalagi Nokia, karena sebagian ponsel mid-low Nokia mengintegrasikan produk ini sebagai browsernya.

Dan kali ini, produk andalan Opera ini sudah mencapai versi 5 walaupun masih beta. Bagaimana kinerjanya dan perubahannya dibanding versi 4? Inilah ulasannya.

FIRST LOOK

Tampilan browser ini saat pertama kali dibuka sudah menunjukkan perbedaan. Di mana loadingnya tidak lagi berwarna putih, namun berubah menjadi hitam keabu-abuan. Logonya pun tampil semakin besar.

Kini, Anda dapat membuka beberapa web sekaligus dengan fasilitas tab

Dan saat masuk ke home screen, perubahan yang sangat besar terjadi. Di mana, layarnya menampilkan thumbnail berformasi grid dari speed dial yang telah kita setting. Alhasil, untuk membukanya, kita tinggal mengklik dan menyentuhnya bila menggunakan layar sentuh.

Di bagian atas, Anda akan menemukan address bar dan sebuah bar pencari. Sedangkan di bawah, pada ponsel touchscreen, Anda akan menemukan beberapa tombol pintas untuk mengatur halaman.

COMPATIBILITY

Aplikasi ini sangat aplikatif dan bisa digunakan di hampir semua tipe ponsel karena berjalan pada platform Java MIDP. Dari ponsel low-end bernavigasi 4 arah, hingga ponsel premium dengan input touchscreen dan QWERTY keyboard.

OperaMini pun sangat kompatibel dengan segala bentuk layar. Dari low-resolution 128×128 piksel, hingga HD dengan resolusi super, dan modus potrait maupun landscape.

Aplikasi ini selain dapat digunakan dengan keyboard yang ada pada ponsel, juga menyediakan keyboard virtual yang terintegrasi di dalamnya khusus pengguna layar sentuh. Semuanya tampil baik. Hanya saja, kekurangan yang cukup mengganggu di tombol virtualnya adalah tanpa kehadiran tombol ENTER.

Speed dial untuk akses sekali klik

SUPERIOR FEATURES

OperaMini versi ini memiliki segudang fitur unggulan. Dan inilah di antaranya, menurut opera.com:

1. Innovative and easy-to-use

Tampilan barunya yang inovatif dan semakin mudah digunakan, membuat pengalaman internet Anda menjadi lebih segar dan nyaman di mata. Didesain dari tampilan terbaik ala desktop, akan membuat OperaMini nyaman dan intuitif menemani browsing Anda sepanjang hari.

Selain itu, Opera mengklaim mampu mengompresi penyedotan data hingga 90%. Dan karena itulah, proses pemuatan dan loading datanya akan lebih cepat dibanding browser lain.

Keypad virtual untuk touchscreen

2. Full web in your palm

Ketika Anda mengunjungi suatu web, OperaMini akan mengenalinya secara optimal. Apakah itu merupakan website desktop atau website khusus untuk ponsel (mobile).

Dan jika membuka situs web desktop, Opera akan menampilkan struktur halaman secara keseluruhan dan menentukan area mana yang akan mulai dibaca.

Selain itu, OperaMini turut menyediakan fasilitas zoom dengan skala antara 60% hingga 200% untuk menyesuaikannya dengan layar ponsel. Dan ukuran teks pun, dapat disetel apakah ingin sangat kecil, kecil, sedang, ataupun besar.

3. Speed dial and Tabbed Browsing

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengakses web favorit Anda dalam sekali klik. Speed dial akan menampilkan visual web yang telah Anda bookmark, untuk diklik atau disentuh.

Download manager untuk mempermudah pengunduhan, yang memiliki fitur pause-resume

Dan versi 5 ini dapat membuka beberapa web pada waktu yang bersamaaan dengan fitur tab. Ketika Anda ingin membuka tab baru, akan muncul sebuah dashboard untuk berpindah antar tab dengan thumbnail halaman yang telah dibuka. Klik saja dengan jari karena ukuran thumbnail yang besar, cocok untuk interaksi sentuh.

4. Power Scrolling

Opera semakin menyempurnakan kemampuan untuk scrolling di layarnya. Baik menggunakan keypad ataupun sentuhan touchscreen.

5. Touch and Keypad

User Interface browser ini telah disesuaikan di antara ponsel keypad maupun touchscreen. Dan khusus untuk touchscreen, telah dipersiapkan virtual keyboard untuk mengetik. Selain itu, ada efek baru di saat zoom, maupun kinetic scroll yang memperhalus pergeseran halaman (panning).

Password manager

Dengan fitur adaptive zoom tersebut, navigasi halaman menjadi lebih mudah dan nyaman dikendalikan. Selain itu, aplikasi yang di-download ratusan juta kali lebih ini juga mendukung perubahan orientasi layar saat menggunakan accelerometer. Jadi semuanya tertampil tanpa masalah.

6. Password and Download Manager

Pada saat beta 1, OperaMini sudah memiliki password manager yang memungkinkan Anda mengingat password-password Anda pada setiap situs dengan satu kali klik. Dan pada versi beta 2-nya, akhirnya Opera menambahkan download manager seperti pada browser-browser di desktop.

Download manager ini sangat berguna, di mana saat mengunduh kita tidak perlu dialihkan ke browser standar ponsel, tetapi cukup secara internal di dalam aplikasi OperaMini sendiri. Selain itu, saat mengunduh, kita dapat mem-pause dan melanjutkannya kembali sewaktu-waktu.

KESIMPULAN

Meski jarak antara peluncuran versi 4.2 dengan 5 beta sangat lama, namun Opera berhasil mengobati rasa kerinduan atau mungkin kekecewaan OperaMini’ers. Mengapa? Karena fitur-fitur pada versi 4 relatif ketinggalan zaman dibanding browser kompetitor terutama jika digunakan pada ponsel touchscreen.

Dan versi 5 inilah, Opera unjuk gigi di sisi mobile-browsernya. Sejumlah fitur ala browser desktop dijejalkan ke dalamnya, misalkan download manager. Dan untuk user interface, versi 5 pun tampil cukup memukau dan kompatibel dengan hampir semua ponsel.

Alhasil, browser ini sangat layak dicoba.

DETAIL

  • Pengembang: Opera Software
  • Kategori: Browser
  • Aliran: –
  • Platform: Java J2ME
  • Ukuran: 241kb
  • Bahasa: English dan bahasa utama lainnya
  • Kompatibilitas: (hampir semua ponsel), baik OS tertutup maupun OS Symbian, WindowsMobile, dan BlackBerry

TAMBAHAN

Untuk informasi dan pengunduhan, klik di sini (update! Versi 5 Final). Gratis tanpa biaya sepeserpun, kecuali biaya untuk mengakses internet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s