10 Cara Ampuh Menghemat Baterai Ponsel

HP? Bukan barang sekunder lagi kan? Bahkan sudah menjadi kebutuhan primer bagi TeNexGen’ers. HP menjadi salah satu barang yang wajib ada setiap saat!

Ponsel/ HP tentu tidak akan hidup tanpa ditunjang baterai yang memadai. Semua jenis, baik high-end ataupun mid-low! Nah kali ini TeNexGen akan memberikan tips, bagaimana cara mempertahankan dan menghemat baterai ponsel Anda. Check it out!

1. Kurangi Kontras Layar

Semakin tinggi kontras dan kecerahan layar LCD, semakin banyak pula daya yang dibutuhkan. Dengan mengurangi tingkat kecerahan layar 1 – 2 tingkat, maka otomatis baterai akan bertahan lebih lama.

Beberapa ponsel seperti N-Series Nokia telah memiliki light sensor untuk mengatur kontras layar sesuai kondisi cahaya di sekitarnya, dan dalam hal ini, jangan lupa light sensornya di-set aktif dengan sensitivitas tinggi.

2. Matikan/ Kurangi Nada Tombol

Nada tombol (key-tone) memang menambah “rasa” dalam mengetik. Selain iramanya yang bersahut-sahutan, key-tone juga memberikan petanda bahwa tombol telah tertekan.

Namun bila dirasa kurang berguna, sebaiknya matikan atau kurangi hingga volume terkecil.

3. Pilih Salah Satu, Ringtone atau Vibration

Terkadang di saat-saat penting, kita sangat takut ada sesuatu yang mengganggu dan membuyarkan konsentrasi. Salah satunya adalah ringtone dari ponsel. Salah satunya adalah saat-saat TeNexGen sedang belajar, sehingga profile diubah ke silent.

Saat silent, setiap panggilan masuk akan berubah menjadi getar (vibra), sehingga kita akan merasakannya di saku celana atau tas. Namun masalahnya, saat kita pulang ke rumah, kita meletakkannya di meja. Alhasil, setiap getaran tidak begitu kita rasakan. Dan panggilan-panggilan pun terabaikan. Bagaimana jika penting?

Tidak sedikit orang yang menggunakan keduanya sekaligus, baik ringtone maupun vibra. Tetapi sadarkah Anda kalau itu sangat menguras baterai? Makanya, cermatlah dalam menyesuaikan situasi. Pilih apakah cukup ringtone saja, atau vibra saja. Jangan kedua-duanya. https://tenexgen.wordpress.com

4. Manfaatkan Headset

Jika Anda sedang mendengarkan lagu sendirian di kamar, atau mungkin sedang membaca. Gunakan selalu headset.

Selain mendapatkan kualitas yang “lebih” baik, menggunakan headset juga tidak mengganggu orang lain, dan yang terutama hemat baterai!

5. Hindari Multitasking

Ponsel-ponsel pintar masa kini (smartphone) semakin banyak fiturnya. Salah satunya yaitu multitasking, di mana kita dapat membuka banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan.

Sama seperti komputer, semakin banyak program yang dibuka, semakin banyak pula prosesor memproses data. Dan untuk itulah, baterai akan terasa lebih cepat habis.

Solusinya, jangan bekerja dengan banyak aplikasi jika tidak diperlukan. Dan saat hendak menutup aplikasi tersebut, sebaiknya pilih Exit. Jangan tekan tombol merah (end call) langsung, karena secara tidak disadari, itu juga merupakan multitasking karena aplikasinya masih berjalan di dalam sistem.

6. Matikan E-Mail dan Network di Malam Hari

Fasilitas push-mail memang praktis. Selain setiap surat elektronik yang kita terima akan masuk layaknya SMS, push-mail juga fungsional dan cenderung tidak ribet. Fasilitas ini sudah didapatkan di BlackBerry dan ponsel high-end Nokia.

Namun selama dipakai, tahukah Anda kalau push-mail membuat jaringan internet di ponsel Anda menyala terus? Iya, benar sekali. Push-mail akan menjalankan internet Anda non-stop untuk menerima kiriman e-mail dari server. Dan ini akan sangat boros sekali untuk baterai Anda.

Jadi, matikan (offline) push-mail Anda pada malam hari terutama di saat tidur. Karena selain boros baterai, tentu Anda tidak mau diganggu bukan?

Bukan hanya itu saja, jika perlu, ganti profile Anda ke modus airplane/ pesawat terbang/ offline. Dan sama seperti push-mail, ini juga akan sedikit membantu menghemat baterai Anda.

7. Perhatikan Bluetooth dan Wi-Fi

Sering kali kita menggunakan bluetooth untuk transfer file ke sesama pemilik ponsel. Seperti bertukar lagu, membagi foto, dan lainnya. Praktis, cepat, dan mudah digunakan. Namun apakah setelah menggunakan, Anda sudah mematikannya?

Jika belum, lakukan segera! Bluetooth yang menyala mempercepat umur baterai Anda hingga 20%, selain itu juga beresiko terserang virus.

Wi-fi jugalah sama, selain digunakan untuk internetan di hot-spot gratis, penggunaan wi-fi mempercepat penggunaan daya baterai Anda. Saat wi-fi digunakan, baterai ponsel Anda akan dua kali lebih cepat habis daripada biasanya. Termasuk di saat-saat aktif walaupun tidak digunakan. Jadi, matikan saja auto-searching di wi-fi!

8. Hindari Blitz di Siang Hari

Narsis memang sudah wajib bagi sebagian TeNexGen’ers. Tak lupa saat terik matahari di siang bolong. Dan pada saat itulah, matikan flash (blitz) pada kamera jika pencahayaan memadai.

Selain menghindari over exposure, penggunaan blitz di siang hari juga mengakibat baterai menjadi boros.

9. Network 3G Tidak Stabil? Matikan!

Jaringan 3G memang sudah meluas ke ratusan kota. Namun belum semua daerah memiliki sinyal yang stabil. Oleh sebab itu, jangan memilih jaringan otomatis jika memang masih belum stabil, karena ponsel akan memerlukan daya lebih untuk menangkap sinyal 3G.

Sebaiknya, pilih salah satu, apakah GSM atau UMTS, tergantung kebutuhan. Dengan begitu, ponsel tidak bingung dan tetap konsisten dalam menangkap sinyal. https://tenexgen.wordpress.com

10. Atur Durasi Lampu

Memasang screensaver warna-warni tentu akan memanjakan mata. Apalagi saat malam hari. Dan karena itu, sebagian pengguna mengatur durasi lampu pada layarnya hingga berjam-jam untuk melihat screensaver tersebut.

Sebaiknya hindari, apalagi jika baterai ponsel Anda kurang tangguh. Dan penggunaan wallpaper/ screensaver animasi juga tidak disarankan untuk menghemat baterai.

Demikian 10 tips ampuh dari TeNexGen.

Semoga berguna! Have Fun! (stm/ tng)

5 Responses to “10 Cara Ampuh Menghemat Baterai Ponsel”

  1. jasa pembuatan warnet Says:

    nice info gan

  2. pine komputer Says:

    terima kasih infinya sangat bermanfaat

  3. Vytta Says:

    Thankz infonya…..:)
    artikelnya bermanfaat bngetz bgi sy.

  4. Jonz Sport Says:

    Thank info x.

  5. arhutek Says:

    Terimakasih kawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s