Nokia 5530 XpressMusic vs Samsung S5233W, Adu Ponsel Full Touch Ber-Wi-Fi Kelas Menengah

Para produsen ponsel akan selalu mencari celah untuk disusupi agar dapat bersaing dan bertahan dari gempuran vendor lain. Termasuk oleh Nokia dan Samsung ini!

5530 White yang sangat sporty dan mewah

Star wi-fi yang sama persis dengan Star sebelumnya

Kali ini, TeNexGen menghadirkan sebuah perbandingan (compare) dua buah ponsel anyar dari masing-masing vendor yang mengandalkan full touch dan wi-fi. Dan dengan harga sekitar Rp2juta-an, manakah yang layak dipilih?

DESAIN

Sama-sama tampil dengan bentuk klasik, adalah ciri khas ponsel full touch. Baik Nokia 5530 XpressMusic maupun Samsung S5233W Star Wi-Fi, dengan cirinya masing-masing.

Sesuai dengan embel-embelnya, 5530 hadir dengan pilihan warna ala XpressMusic. Ada white-blue, dan black-red, yang semuanya memiliki kesan masing-masing. Di pilihan white, Anda akan menjumpai ponsel yang mewah dan sporty, sedangkan di warna black, akan dijumpai ponsel yang elegan.

Di lain hal, Samsung hadir sama seperti versi sebelumnya (Star non-Wi-Fi), dengan warna hitam (abu-abu) seperti graphite. Ada juga pilihan warna putih, meskipun belum diketahui secara pasti warna apa yang resmi dipasarkan di Indonesia.

Tiga tombol dan layar sentuh resistive

Di 5530, Anda akan menjumpai bagian permukaan yang datar, tanpa sebuah tombol pun yang menyembul. Hal itu dikarenakan tombol call, menu, dan end pada ponsel ini berjenis sensitive touch yang bisa juga diakses dengan stylus. Dan di atas layar2.9inch, juga terdapat sebuah tombol media berjenis sama. Dan di Star, terdapat tombol fisik back, call, dan end di bawah layar. Seperti Star versi sebelumnya.

Bagian depan yang datar dengan full touch

Dan jika membahas mengenai sisi lain pada ponsel ini, rasanya sama seperti ponsel pada umumnya, yaitu terdapat lensa kamera, tombol volume, tombol kamera, port charger, USB, dan lainnya, dan lebih lengkap akan dibahas pada bagiannya masing-masing.

Homescreen 5530

USER INTERFACE

Di sisi ini, boleh dikatakan Nokia 5530-lah jawaranya. Mengapa? Karena dari data teknis saja, kita akan mengetahui bahwa 5530 didukung oleh OS terbuka yaitu Symbian 9.4 edisi 5, yang tentunya lebih praktis, fleksibel, dan dinamis dalam menginstall software.

Menu utama 5530

Di pihak Samsung, Star hanya dibekali OS tertutup dengan konsep TouchWIZ. Meskipun relatif terbatas, pemasangan software di Star masih mendukung Java MIDP yang terdapat juga di 5530. Namun salah satu kelebihan TouchWIZ, adalah desain UI yang sedikit lebih baik. TouchWIZ mendukung widget yang dapat drag and drop, yang tidak tersedia pada 5530.

Layar stand-by Star

Dan di layar yang berfungsi sebagai jendela interaksi, 5530 juga menang telak. Walaupun sama-sama berjenis resistive, 5530 tampil digdaya dengan resolusi layar 360×640 yang lebih padat dibanding Star dengan 240×400 piksel. Bukan hanya itu, kedalaman warna 5530 telah mencapai 16 juta warna, dan Samsung S5233W “hanya” 256k warna.

Di sisi menu, 5530 sama dengan S60 5th Edition lain. Hampir tidak ada bedanya dengan 5800, N97 series, 5230, X6, dan lainnya. Baik dalam struktur menu, pengelompokan menu, fontasi, dan lainnya. Cukup familiar bagi yang sudah sering menggunakan Symbian (alias Symbian Lovers).

Menu utama Star

Kalau Star, menu utama juga sama dengan generasi TouchWIZ pada umumnya. Dan hampir tidak ada perubahan berarti, mulai dari penamaan hingga warna.

HARDWARE/ NETWORK

Karena menggunakan OS terbuka, prosesor dan RAM pada 5530 bisa dideteksi. 5530 XpressMusic dijalankan pada prosesor ARM11 berclockspeed 434Mhz, sedangkan RAM-nya berukuran 128Mb. Tidak ada yang perlu dikeluhkan karena multitasking pada music player, message, dan chat masih berjalan baik.

Port charger dan tombol volume

Sementara di Samsung, meskipun tidak terdapat data prosesor dan RAM, beberapa program khusus masih bisa dijalankan bersamaan, namun tidak semua.

Dan untuk penyimpanan, baik Nokia maupun Samsung dibekali kemampuan upgrade berupa microSD hingga 16Gb. Dan tentunya, disertai memori internal untuk penyimpanan SMS dan file-file sistem.

Lanjut ke sektor network, 5530 dan Star mendapat kemampuan setara. Sama-sama tidak memiliki 3G dan bergantung pada 2G. Ada sedikit perbedaan di EDGE dan GPRS yang mereka miliki, yaitu Nokia dengan class 32 dan Samsung dengan class 12. Tak lupa hadir bluetooth, kabel data, dan wi-fi yang menjadi kebanggaan mereka.

Slot microSD, SIM, dan stylus

MESSAGING/ BROWSING

Meski bukan perpesanan yang diandalkan, keduanya hadir lumayan lengkap. Setidaknya ada SMS, MMS, e-mail, dan Instant Messaging.

Namun keunggulan pada 5530 di sektor ini adalah ketersediaannya input yang beragam. Ada virtual alphanumeric keypad, QWERTY keypad, dan hadwriting recognition. Untuk alphanumeric dan QWERTY akan berfungsi secara otomatis jika kita membalikkan posisi ponsel, dan tentunya jika sensornya diset On.

Dan di web browser, 5530 juga mungkin sedikit di atas angin. Web-kit standar bawaan Symbian 5th Edition ini dapat menampilkan situs-situs dalam format HTML bahkan mendukung elemen flash (swf). Meskipun agak terbatas dalam kecepatan koneksi yang standar.

Dan untuk mengakalinya, baik Samsung maupun Nokia sama-sama bisa dipasangi OperaMini untuk internetan lebih cepat, handal, dan hemat.

Tombol volume dan lock

MULTIMEDIA/ CAMERA

XpressMusic, tentunya berkonsentrasi di sisi musikal dan multimedia. Dan tidak perlu diragukan di sisi ini karena 5530 hadir lengkap dengan media player, FM radio, dan lain-lainnya. Dan sama halnya seperti Star yang juga membenamkan fitur-fitur serupa.

Tetapi di music player, Nokia telah membawakan player mutakhir ala Symbian-nya di mana semua lagu dapat dipisahkan sesuai ID3 tag misalkan album, artis, judul lagu, dan lainnya. Kemampuan multitaskingnya pun benar-benar hadir di sini.

Dan di Samsung, tampilan music playernya juga hadir dengan baik, seperti TouchWIZ lainnya. Ada pengkategorian album, artis, dan composer. Semua pengkategorian hadir lengkap dan relatif mudah dilihat.

Bagian back-cover dengan lensa kamera dan flash

Hanya saja, untuk keluaran suara, kedua ponsel ini tidak seimbang. Bisa dikatakan, 5530 lumayan setingkat di atas Star. Kok bisa? Ya, 5530 hadir dengan stereo speakers yang jernih dan lebih maksimal, dibanding Star yang speakernya menyatu dengan earpiece. Meski begitu, Star diklaim sudah memiliki DNSe (Digital Natural Sound Engine) yang akan memanjakan telinga Anda.

Satu lagi, karena memang mungkin tidak hadir khusus untuk musik, S5233 juga tidak membawa port audio 3.5mm ala perangkat musik. Tidak seperti 5530 yang telah menyediakannya sehingga kita bebas memilih headset atau menghubungkannya dengan perangkat musik lain.

Sekarang, kita beralih ke kamera. Dan kali ini, Nokia kembali sedikit di atas Samsung. Sama-sama 3.2 megapiksel, namun 5530 telah hadir fitur pendukung yang lengkap. Ada autofokus dan juga flash LED, yang tentu akan sedikit membantu jikala memotret di tempat minim cahaya. Sedangkan di Star, hadir tanpa kedua fitur tersebut, tetapi dilengkapi smile detection yang dapat memotret jika objek sedang senyum.

Back-cover Samsung Star Wi-Fi

Meskipun begitu, saat dilihat hasilnya, kualitas yang seimbang akan hadir pada siang hari atau saat mengambil objek di ruang yang cukup cahaya. Dan jika mengambil foto di tempat yang gelap, otomatis keduanya hadir dengan noise. Namun pastinya 5530 lebih baik karena telah mendukung flash dan autofokus.

Tak lupa juga, 5530 masih berjaya di video recorder. Video recorder 5530 mampu mengabadikan momen bergerak dengan resolusi 640×480 piksel (VGA) dengan framerate hingga 30fps. Hasilnya lumayan mulus tanpa patah-patah yang cukup berarti. Sedikit berbeda dengan Star, yang hanya mampu merekam dengan kekuatan setengahnya, yaitu QVGA dan framerate 15fps.

APPLICATION/ OFFICE/ GPS

Aplikasi-aplikasi yang tersedia di kedua ponsel ini sebenarnya sangat beragam. Selain bawaan dari pabrik, Anda juga bisa menambahkannya sendiri. Dan kedua ponsel ini tak lupa menyematkan beberapa games, organizer, akses ke berbagai jejaring sosial, dan lainnya.

Di 5530, Anda akan menjumpai sejumlah client ke Facebook, MySpace, YouTube, dan Friendster. Dan ada juga OviContacts, RealPlayer, Dictionary, dan masih banyak lagi. Kurang? Cari saja aplikasi Symbian 5th Edition dan Java MIDP khusus touchscreen yang sudah mulai banyak tersedia di pasaran.

Dan di Samsung Star Wi-Fi, ada document viewer dalam bawaannya. Masih ada juga Communities yang menyediakan beragam link menuju ke situs-situs top, misalkan: Facebook, MySpace, Flickr, Picasa, YouTube, Friendster, dan masih bisa ditambah lagi. Game yang hadir, salah satunya ada Asphalt4 dan Bubble Popper.

Box penjualan 5530

Kedua handset ini juga dapat memanfaatkan accelerometer. Tetapi jika untuk keseluruhan aplikasi, accelerometer pada 5530 cenderung lebih kompatibel dengan OS terbukanya.

BATTERY/ SALES PACKAGE

Baterai kedua ponsel yang TeNexGen adu kali seimbang dengan Lithium Ion berkapasitas 1000mAh. Dan dalam pemakaian sehari-hari, rasanya lebih dari cukup untuk 2 – 3 hari. Dan tentunya jika penggunaan wi-fi semakin sering, daya tahan baterai juga akan lebih cepat haus.

Soal paket penjualan, Nokia menyertakan paketan standar ditambah headset stereo, kabel data, miniDVD OviSuite, dan microSD sebesar 4Gb.

Sedangkan Samsung, di dalam kotak telah diisi paketan standar, headset, kabel data, dan CD PCSuite.

KESIMPULAN

Tanpa mengurangi kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan dengan harga yang tidak berbeda jauh, rasanya Nokia 5530 XpressMusic setingkat dibanding Samsung S5233W Star Wi-Fi. Dengan OS, kamera, dan multimedia sedikit di atas angin, 5530 tampak lebih maksimal. Namun jika Anda lebih suka interface unik dengan TouchWIZ dan widget,S5233W layak untuk Anda pilih. (stm/ tng)

SPESIFIKASI

(Nokia 5530 XpressMusic)

  • Ukuran: 104 x 49 x 13 mm, 68 cc, 107 gr
  • Network: Quadband GSM
  • Status: Tersedia
  • Layar: TFT resistive 16 juta warna, 360×640 piksel, 2.9 inch
  • Input: Full touchscreen (virtual alphanumeric dan full QWERTY)
  • Sistem Operasi: Symbian 9.4, S60 5th Edition
  • Prosesor: ARM 11, 434Mhz
  • Memori: RAM 128Mb, Internal 70Mb
  • Slot Memori: microSD up to 16Gb (termasuk 4Gb)
  • Kamera: 3.2 Megapiksel, autofocus, LED flash
  • Video Recorder: VGA (360×640 piksel), up to 30fps
  • Kamera Sekunder: Tidak
  • Media Player: Ya. RealPlayer, music player
  • Radio FM: Ya. Stereo dengan RDS
  • WLAN: Ya. Wi-Fi 802.11 b/g, UPnP technology
  • Bluetooth: Ya. v2.0 dan A2DP
  • Inframerah: Tidak
  • Port USB: Ya. MicroUSB v2.0
  • Transfer Data: GPRS class 32, EDGE class 32
  • Speakerphone: Ya
  • Jack Audio: Ya. 3.5 mm
  • GPS: Tidak
  • Java: Ya. MIDP 2.1
  • Browser Standar: WAP2.0, xHTML, HTML, RSS feeds
  • Tambahan: photo editor, games, Flash Lite 3.0, OviContacts, Nokia Video Centre, accelerometer, social-networking client (Facebook, Hi5, MySpace,Friendster, YouTube, Amazon), dan lainnya
  • Baterai Standar: BL-4U, Li-Ion 1000mAh

(Samsung S5233W Star Wi-Fi)

  • Ukuran: 104 x 53 x 11.9 mm, 92 gr
  • Network: Quadband GSM
  • Status: Tersedia
  • Layar: TFT capacitive touchscreen 256k warna, 240×400 piksel, 3.0 inch
  • Input: Full touchscreen
  • Sistem Operasi: Samsung
  • Prosesor: –
  • Memori: Internal 50Mb
  • Slot Memori: microSD up to 16Gb
  • Kamera: 3.2 Megapiksel, smile detection
  • Video Recorder: QVGA (240×320 piksel), up to 15fps
  • Kamera Sekunder: Tidak
  • Media Player: Ya
  • Radio FM: Ya. Stereo dengan RDS
  • WLAN: Ya. Wi-Fi 802.11 b/g, UPnP technology
  • Bluetooth: Ya. v2.1 dan A2DP
  • Inframerah: Tidak
  • Port USB: Ya, v2.0
  • Transfer Data: GPRS class 12, EDGE class 12, 3G
  • Speakerphone: Ya
  • Jack Audio: Tidak
  • GPS: Tidak
  • Java: Ya. MIDP 2.0
  • Browser Standar: WAP2.0, xHTML, HTML
  • Tambahan: OfficeViewer, accelerometer, organizer, PDF reader, Communities, games (Asphalt4, Bubble Popper), Google Maps, dan lainnya
  • Baterai Standar: Li-Ion 1000mAh

HARGA
(Nokia 5530 XpressMusic) Rp2.070.000,-
(Samsung S5233W Star Wi-Fi) Rp1.930.000,-

COMPARE RESULT (5530 | S5233W)

  • Design (8 | 8)
  • User Interface (8 | 7)
  • Hardware/ Network (7 | 7)
  • Messaging/ Browsing (8 | 7.5)
  • Multimedia/ Camera (8.5 | 7.5)
  • Application/ Office/ GPS (8 | 8.5)
  • Battery/ Sales Package (8 | 8)

81 Responses to “Nokia 5530 XpressMusic vs Samsung S5233W, Adu Ponsel Full Touch Ber-Wi-Fi Kelas Menengah”

  1. Anonim Says:

    Maaf, kalau boleh bertanya, beberapa waktu yang lalu saya membeli Samsung Corby Touch Screen.
    Saya mencoba menerima transferan data melalui bluetooth tetapi gagal karena memori tidak mencukupi.
    Padahal saya sudah menghapus semua yang tidak berguna.
    Apa yang terjadi dengan Corby saya?

    • TeNexGen Says:

      Terima kasih atas pertanyaan Anda.

      Biasanya pada ponsel Samsung, setiap file yang diterima melalui bluetooth akan masuk ke memory internal.
      Jadi pastikan memory internal Anda selalu bersih untuk mencegah kejadian gagal seperti ini.
      Dan Samsung memang tidak menyediakan opsi untuk mengubah tempat penyimpanan ke memory card, jika dikirim melalui bluetooth.

      • H4d1 Says:

        Kalo S5233W bisa koq dikonfigurasi default memori yang digunakan. Jadi untuk proses tertentu bisa dikonfigurasi untuk langsung disimpan ke microSD.

      • TeNexGen Says:

        Bagaimanakah caranya?
        Mohon bantuannya untuk membantu TeNexGen’ers lain.
        Terima kasih.

  2. Anonim Says:

    Terima kasih atas informasinya.
    Juga saya ingin bertanya apa memang di paket pembelian tidak diberikan kabel USBnya?
    Karena saya tidak mendapatkan kabel USB saat pembeliannya.

  3. Anonim Says:

    Corby

  4. Anonim Says:

    Kemudian, saat saya telah mencoba memindahkan file gambar dari phone memory ke memory card. Tetapi setelah dipindahkan, data-data saya jadi corrupt. Apa yang terjadi?

    • TeNexGen Says:

      Kemungkinan besar bermasalah pada memory card.

      – Coba hubungkan ponsel ke komputer dengan mode Mass Storage!
      – Klik kanan pada drive di mana ponsel terdeteksi pada My Computer.
      – Pilih Check Disk Error (pada XP).
      – Dan tunggu hingga selesai.
      – Semoga dapat menyelesaikan masalah!

      Jika tidak, coba format memory card Anda.

      Terima kasih.

  5. yuyun Says:

    Saya menggunakan samsung star wifi, saya telah mengganti micro SD 1 Gb menjadi micro SD 8 Gb. tetapi saya kesulitan menyimpan foto atau video recording saya di micro SD, kenapa ya? apa yang terjadi?

    • TeNexGen Says:

      Apakah memory card yang Anda gunakan asli, atau terpercaya?
      Jika tidak, coba ganti dengan yang lain.

      Kalau masih bermasalah, ikuti cara di atas, atau servis ponsel Anda ke service centre resmi.

      Terima kasih atas pertanyaannya.

  6. rico Says:

    saya baru beli samsung star wifi. ketika dicoba wifi untuk akses hotspot yang open dikantor selalu error ‘DSN false’.Bisa dibantu kenapa? dan bagaimana setting yang benar untuk bisa akses hotspot gratis / open seperti di mall/cafe?.

    • TeNexGen Says:

      Sudah pernah coba di hotspot lain?
      Jika di tempat lain bisa, berarti kesalahan terdapat di koneksi WLAN kantor Anda.

      Namun untuk penyetelan lebih lanjut, kami meminta maaf karena tidak dapat membantu. Silakan bergabung di forum-forum ponsel (Forum Ponsel, Kaskus, dan lainnya)

      Terima kasih atas pertanyaan Anda.
      Dan kami akan berusaha mencarikan solusi untuk Anda.

  7. sakty_06 Says:

    sudah aku putusin beli NOKIA 5530 mantap

  8. qqn Says:

    gan s5233 wifi bgs kan?cz buat dpakek lama ne

    • TeNexGen Says:

      Bagus atau tidaknya sebuah ponsel, tergantung dari cara pemakaiannya juga. Jadi tidak bisa dibandingkan satu sama lain.
      Dan S5233W mungkin sudah memenuhi kriteria yang Anda inginkan.
      Terima kasih.

  9. qqn Says:

    kalo agan dsuruh milih
    nokia apa samsung?ktx wifix samsung sulit konekx?mohon pencerahanx

    • TeNexGen Says:

      Sebenarnya bisa dikatakan sama. Namun mungkin karena OS Nokia yang lebih terbuka, dapat lebih diandalkan dengan bantuan aplikasi pendukung.
      Namun soal mudah atau sulit connect wi-fi, itu sangat relatif dan dipengaruhi berbagai faktor.

      Dan akhirnya, keputusan tetap ada di tangan Anda. Terima kasih.

  10. sakty_06 Says:

    gan nokia barangnya susah ya skrg??apa sudah tidak keluar lagi???oiya gan….s5233 wifi itu g ada OS nya ya??brti g bisa kna virus yaaa??klo disuruh milih bgus mana gan??/

    • TeNexGen Says:

      Masih dijual kok. Hanya saja di beberapa daerah memang terbatas stoknya.
      Semua ponsel memiliki OS, hanya saja ada yang terbuka, ada yang tertutup. Dan S5233W adalah OS tertutup milik Samsung yang tidak dapat diutak-atik.

      Soal bagus, kami tidak dapat menunjuk salah satu karena kami tidak memihak pada manapun, dan kami juga tidak terlibat dalam tim promosi vendor apapun.
      Terima kasih, dan silakan memilih sesuai pilihan Anda. Have Fun!

  11. sakty_06 Says:

    gan aku sudah cek di malang di surabaya semua pada kosong.apa sudah discountine ya??????padahal aku kepengen 5530 neeeeee

  12. jony Says:

    gan, untuk 5530 apa bisa langsung download plus sekaligus buka file pdf melalui email? atau harus download software mobile pdf ?(sedang 5233w di specnya ada pdf reader)
    Mohon pencerahannya.
    TQ

    • TeNexGen Says:

      Sepertinya sudah bisa dari paket pembelian.
      Namun jika Anda menginginkan software lain, Anda dapat mengunduh atau mendownload sesuai keinginan, karena semakin banyak aplikasi viewer yang terpasang, maka kompatibilitas dengan berbagai jenis file juga semakin besar.

      Terima kasih.

  13. lyn Says:

    saya mau tny dong, kalo samsung s5233w itu ga dapet memory externalnya ya?? jadi harus beli secara terpisah?
    thanks..

    • TeNexGen Says:

      Untuk menekan harga, sepertinya tidak diberikan.
      Tapi untuk melihat kepastian, coba tanyakan ke toko hp terdekat.

      Terima kasih.

  14. Agdelssa IPN Says:

    Mau nanya Om…samsung s5233w bisa ga buat buka office document, karena walaupun saya kelas 1 SD saya butuh buat belajar, biar ga ribet bawa2 buku dimobil…ok trims ya om..

  15. Davin Says:

    tapi kug hp Nokia 5530 gue hasil kameranya kurang bagus yaw………….
    masih banyak bintik2………………….
    kurang jernih………………..

    • TeNexGen Says:

      Terima kasih atas komentarnya.
      Dan ini masih bisa dimaklumi, mengingat 5530 adalah ponsel musik dan multimedia secara keseluruhan, sehingga tidak berkonsentrasi di sisi kamera saja.
      Untuk hasil indoor, memang masih banyak dihiasi noise.

      Namun ada beberapa tips dan tricknya:
      1. Ubah ke scene Night Mode
      2. Naikkan kontras +0.5
      3. Gunakan flash dan cari sudut cahaya terbaik

      Terima kasih.

  16. made dwi Says:

    bos,cara buka peta di samsung wifi gimana,coz di star wifi kan ga da GPS nya?

    • TeNexGen Says:

      Samsung Star sepertinya hanya tidak dibenamkan aplikasi GPS/ maps.
      Jika ingin membuka peta, Anda bisa menggunakan aplikasi Google Maps (buka link ini menggunakan browser ponsel).
      Terima kasih.

  17. kan ipan Says:

    gan untuk star s5233w bs ngak di isi aplikasi office????tx pencerahannya

    • TeNexGen Says:

      Setahu kami, ponsel Samsung kebanyakan dapat membuka dokumen dari Office. Hanya saja tidak dapat mengedit.
      Dan untuk aplikasi tambahan dari pihak ketiga, jawabannya adalah tidak bisa, karena menggunakan OS Java.
      Terima kasih.

  18. nofan Says:

    gan… q mau beli hp star wifi.. tp masi bingung mulih antara samsung tu ato LG cookie….
    mau nanya mengenai kekuatan batrei dan kekuatan mesin nya gmana gan.. mohon bantuan nya.. trims

    • TeNexGen Says:

      LG Cookies sekarang memiliki banyak varian?
      Varian yang manakah?

      Soal kekuatan baterai dan mesin, ini sangat relatif tergantung pemakaian dan perawatan.
      Untuk pemakaian dan perawatan normal, semua ponsel dipastikan tahan lama mengingat mereka pasti telah lulus uji ketahanan.
      Terima kasih.

  19. Dika Says:

    mas, bner gak sih nokia 5530 itu sekarang langka di pasaran,… qnpa bsa langka

    • TeNexGen Says:

      Mungkin bisa terjadi :)
      Banyak faktor yang memengaruhi, misalkan faktor transportasi hingga kesengajaan dengan alasan ingin men-discontinue dengan produk baru lainnya.
      Terima kasih.

      • Dika Says:

        tapi mas, kira2 nokia 5530 xm masih ada gak di toko resmi nokia

      • TeNexGen Says:

        Sepertinya masih ada, dan harganya juga masih tercantum di situs-situs toko online, termasuk situs Nokia.co.id yaitu Rp2.200.000,-
        Terima kasih.

  20. optima Says:

    bos hp 5530 pnya gw webnya kok ga bs dibuka knp ya??
    pdhl awalnya bisa…
    kayak ga kuat gitu…
    tapi klo pake opera mini bisa…
    mhon bantuannya..trims =)

    • TeNexGen Says:

      Coba buka homepage di web browser Anda.
      Atau juga, buka situs yang ringan sebagai uji coba.

      Jika tidak bisa, cek koneksi:
      Web > Options > Settings > General > Access Point > (pilih jalur yang ingin digunakan)

      Jika sudah benar, dan masih tidak bisa, kemungkinan kesalahan ada di jaringan data operator Anda, misalkan sedang banyak diakses.
      Terima kasih.

Leave a comment